4 Cara Mengapresiasi Usaha Anak di Usia Dini

22 April 2019

Inilah 4 cara yang bisa Anda coba. Salah satu tugas orang tua yang sebenarnya sangat penting namun cenderung dianggap remeh adalah soal mengapresiasi usaha anak. Padahal, hal yang satu ini terbukti mampu memengaruhi proses tumbuh-kembang buah hati Anda lho.

Sebagai orang terdekat, apresiasi yang Anda berikan kepada anak sejak usia dini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap cara berpikir dan perkembangan self-motivation di dalam diri si kecil.
Berbagai penelitian bahkan mengungkapkan bahwa anak yang mendapatkan apresiasi dari orang tua sejak kecil cenderung tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan memiliki kesadaran diri yang lebih baik.

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara mengapresiasi usaha anak, cobalah 4 cara berikut ini:

1. Berikan Pujian Lisan

Mengapresiasi Usaha Anak

pexels.com

Tidak ada cara untuk mengapresiasi usaha anak yang lebih efektif daripada pujian lisan. Cara ini dapat Anda lakukan setiap hari dan tetap memiliki dampak yang signifikan terhadap anak.
Mengekspresikan apresiasi lewat kata-kata tidak perlu dilakukan dengan cara yang dramatis. Anda hanya perlu mengungkapkan pujian melalui kata-kata sederhana seperti “anak pintar” atau “adik hebat ya”.

2.Berikan Hadiah dengan Cara yang Tepat

Mengapresiasi Usaha Anak

pexels.com

Memberi hadiah juga merupakan wujud apresiasi yang efektif. Sayangnya, sebagian besar orang mengira bahwa hadiah hanya perlu diberikan di momen-momen khusus seperti saat anak mendapat juara di sekolah atau memenangkan perlombaan.

Padahal, mengapresiasi usaha anak lewat hadiah juga dapat dilakukan di sembarang waktu lho. Tidak perlu membeli hadiah yang mahal karena anak tidak mengerti soal itu. Cukup berikan mereka sesuatu yang lucu seperti bros, ikat rambut, atau poster kartun favorit.

3. Tidak Mengapresiasi Usaha Anda hanya dengan Benda

Mengapresiasi Usaha Anak

pexels.com

Memberi apresiasi lewat hadiah berupa benda memang sah-sah saja. Akan tetapi, sesekali cobalah untuk memberikan ‘hal lain’ yang lebih berkesan bagi anak.
Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengajaknya makan ke restoran favorit atau berjalan-jalan di akhir pekan. Cara-cara tersebut juga merupakan hal yang efektif untuk mengapresiasi usaha anak.
Selain bisa meninggalkan kesan mendalam, bentuk apresiasi ini juga akan memberikan Anda dan anak kenang-kenangan yang unik.

Bawalah kamera saat bepergian, ambil foto yang menarik bersama si kecil, lalu cetak foto tersebut dan letakkan di dalam bingkai yang cantik. Berilah label pada bagian bawah bingkai, misalnya seperti “Jalan-jalan ke Pantai setelah Adik mendapat Juara Kelas”.

4. Jangan Berorientasi Pada Hasil

Mengapresiasi Usaha Anak

pexels.com

Hal yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Jangan hanya berorientasi pada hasil untuk mulai mengapresiasi usaha anak.

Anda tidak perlu menunggu si kecil menjadi yang terbaik atau memperoleh juara pertama untuk memberikan apresiasi. Berilah pujian atau hadiah kepada mereka meskipun usaha yang telah dilakukan tidak membuahkan hasil yang memuaskan.

Mengapresiasi usaha anak merupakan sebuah wujud dukungan dari orang tua kepada anak. Oleh karena itu, berilah mereka support tanpa henti. Dengan demikian anak tidak akan mudah menyerah dan mau mencoba lagi di lain kesempatan.

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengapresiasi usaha anak. Pada akhirnya, memberikan ungkapan apresiasi pada sang buah hati tidak hanya perlu dilakukan saat mereka berusia dini.
Seiring waktu, Anda harus terus memberikan dukungan pada apa pun yang mereka usahakan. Dengan support yang baik dari orang tua, anak pasti akan tumbuh menjadi pribadi yang positif dan bahagia.

Leave a reply
4 Alasan Mengapa Anda Perlu Membiarkan Anak Makan Permen4 Cara Mengurangi Ketergantungan Anak terhadap Gadget

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!