6 Menu yang Cocok Untuk Meningkat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

19 March 2018

Anak Anda sering sakit-sakitan hanya karena perubahan cuaca atau kelelahan bermain? Mungkin penyebabnya adalah sistem imun dalam tubuh anak yang lemah. Imun atau sistem kekebalan tubuh adalah untuk melawan segala bakteri jahat dari luar yang masuk ke tubuh, sehingga tubuh mampu melawan dan tidak terserang penyakit. Faktor paling besar yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak adalah menu makanan yang diberikan. Kadang-kadang para orang tua tidak terlalu memperhatikan asupan gizi yang diterima anak karena terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Sayuran Berwarna Cerah

sistem kekebalan tubuh

anekasayuran.blogspot.com

Sayuran dianjurkan selalu ada dalam menu makanan anak. Kandungan zat fitonutrien yang terkandung di dalamnya sangat bagus dalam menangkal radikal bebas. Brokoli misalnya, sayuran ini gudang vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A, C, E, dan antioksidan yang berkumpul di dalamnya sangat baik dalam membangun sistem kekebalan tubuh anak.

Selain itu, bayam dan wortel juga dapat menjadi menu pilihan lain buat si kecil. Selain kandungan zat besi dan antioksidan, bayam juga memiliki zat betakoroten yang sangat berguna meningkatkan kemampuan melawan infeksi pada tubuh. Ketika memasaknya jangan dibiarkan dalam waktu terlalu lama dan terlalu matang. Karena proses oksidasi yang terjadi terlalu lama dapat menghilangkan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Ikan

sistem kekebalan tubuh

selerasa.com

Ikan dapat dimasak dalam berbagai variasi sehingga anak tidak akan gampang bosan. Selain rasanya yang enak, ikan juga sangat bagus dalam membangun sistem imun. Kandungan omega 3 dan asam lemak lainnya sangat bagus untuk meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Ketika anak terluka, zat-zat ini sangat bagus melawan reaksi yang akan menimbulkan infeksi.

Kacang-kacangan

sistem kekebalan tubuh

hellosehat.com

Kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah dalam kacang sangat bagus menjaga anak tetap sehat. Salah satunya adalah walnut, kacang ini dapat menurunkan infeksi pada saluran pernapasan. Kacang dapat divariasikan tanpa harus pusing menggabungkannya ke dalam menu makanan anak. Cara paling sederhana adalah dengan mengoleskan selas kacang pada roti sebagai menu sarapan anak.

Daging

sistem kekebalan tubuh

media1.s-nbcnews.com

Menu yang satu ini sangat disukai anak. Selain rasanya enak, kelembutan tekstur sesuai jenis olahan yang dimasak juga membuatnya menggugah selera. Unsur zink yang terkandung di dalamnya sangat bagus untuk meningkatkan jumlah darah putih dalam tubuh.

Yogurt

sistem kekebalan tubuh

pull02-readystore.netdna-ssl.com

Susu olahan yang satu ini sangat bagus untuk dikonsumsi anak. Bakteri baik yang terdapat pada yogurt sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dan memerangi bakteri jahat. Serta kandungan lactobacillus di dalamnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker. Dengan rutin mengonsumsi yogurt, anak tidak akan mudah terserang demam dan penyakit lainnya. Dalam penyajiannya, selain dalam kemasan botol, Anda dapat menghidangkan ke dalam mangkuk dan mencampurkan dengan buah-buahan seperti stroberi atau blueberry agar anak lebih tertarik.

Buah-buahan

sistem kekebalan tubuh

hellosehat.com

Membiasakan anak memakan buah-buahan merupakan langkah yang tepat. Karena selain memiliki kandungan air yang begitu banyak, buah juga salah satu gudang vitamin yang baik bagi tubuh. Anak menjadi lebih sehat dan kebal terhadap penyakit.

Di antaranya adalah jeruk dan pepaya. Buah yang merupakan sumber vitamin C terbanyak ini sangat bagus dalam membangun sel darah putih pada tubuh untuk memerangi penyakit. Buah lainnya seperti alpukat juga dapat menjadi pilihan. Kandungan vitamin A, B1, dan C di dalamnya bagus untuk pertumbuhan tubuh, serta alpukat juga sangat berguna membersihkan usus secara alami.

Itulah beberapa menu yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Menu yang tepat merupakan awal dari tumbuh sehatnya anak, serta membuatnya kebal terhadap penyakit.

Leave a reply
Anak Hiperaktif? Lakukan 5 Cara Berikut untuk MenaklukkannyaJangan Dikekang, Ini Manfaat Anak Punya Waktu Bermain dengan Temannya

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!