Ini Dia 6 Rekomendasi Mainan Anak Usia 2 Tahun yang Edukatif

12 February 2019

Dunia anak-anak memang tidak pernah lepas dari permainan. Apalagi anak-anak dengan usia dua tahun. Pada usia dua tahun, anak-anak mengembangkan kemampuan motorik dan kemampuan kognitif. Oleh karena itu, sudah seharusnya orang tua memberikan dukungan dengan memberikan mainan yang edukatif untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Apa saja sih contoh mainan anak usia 2 tahun yang edukatif? Yuk simak rekomendasi mainan dari kami.

Puzzle

Mainan ini sudah ada sejak abad ke-17. Bermain puzzle dapat melatih kesabaran dan ketekunan serta motorik halus buah hati anda. Puzzle sendiri memiliki ragam kesulitan yang bervariasi berdasarkan pola yang dibentuk. Pilihlah puzzle dengan warna mencolok dan gambar menarik. Ada baiknya memilih gambar puzzle yang sesuai dengan tokoh kartun favorit anak anda. Si kecil dipastikan bersemangat dalam menyelesaikan mainan anak usia 2 tahun ini.

 

Balok dan Brick

Permainan balok dan brick adalah mainan anak usia 2 tahun yang sangat edukatif. Anak-anak dapat berkreasi membentuk berbagai benda sesuai dengan imajinasi mereka. Balok dan brick ini secara tidak langsung mengenalkan konsep geometri, serta melatih motorik halus dan motorik kasar anak-anak anda. Si kecil dituntut untuk dapat memadu padankan bentuk balok dan brick sehingga dapat menjadi sebuah susunan yang tepat. Anda juga dapat mengenalkan huruf dan angka kepada buah hati anda lewat permainan ini.

 

Sepeda Roda Tiga

Sepeda roda tiga adalah mainan anak usia 2 tahun yang bisa digunakan untuk melatih fisik buah hati anda. Saat mengendarai sepeda, anak anda harus memutar pedal dengan kaki sehingga membuatnya aktif berolahraga. Bermain sepeda juga melatih keseimbangan tubuh, koordinasi antara otak dan tangan, serta motorik kasar. Sepeda juga bisa menjadi alat sosialisasi anak anda dengan teman-teman sebayanya. Hal yang lumrah untuk anak-anak bersepeda bersama dengan teman-temannya di lingkungan sekitar rumah.

 

Alat Musik Tiruan

Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis alat musik tiruan ini dari plastik di toko dan pasar dekat rumah. Alat musik seperti drum, piano, gitar, terompet, dan tamborin biasanya jadi mainan anak usia 2 tahun yang sangat disukai. Anak-anak bisa belajar tangga nada dalam musik serta perbedaan bunyi alat musik lewat mainan ini. Terompet bahkan mengaktifkan otot muka buah hati anak anda sehingga bisa menghindarkannya dari cadel. Adapun anak-anak yang memiliki emosi tinggi biasanya sangat antusias dalam menggebuk drum.

 

Color Tower

Menara warna atau sering disebut color tower ini selain mengajarkan aneka warna kepada anak anda, juga membuat si kecil paham mengenai ukuran besar dan kecil. Permainan ini mengajarkan klasifikasi warna kepada si kecil sejak dini, dan sarana yang ampuh untuk mendeteksi adanya gangguan buta warna. Anak anda juga belajar kecerdasan kognitif dengan cara menyusun menara berdasarkan ukuran terbesar hingga ke ukuran terkecil.

 

Mewarnai Gambar

Mainan anak usia 2 tahun lainnya yang sangat edukatif adalah mewarnai gambar. Kegiatan mewarnai selain sangat menyenangkan juga dapat membantu anak anda belajar klasifikasi warna. Buah hati anda bisa memadukan warna dalam gambar sesuai dengan emosinya hari ini. Mewarnai bisa melatih motorik halus buah hati anda dan membiasakan si kecil untuk memegang pensil. Bahkan kegiatan mewarnai bagi orang dewasa dikenal sebagai aktivitas yang bisa meredakan kejenuhan, stres, dan kemarahan. Cobalah!

 

Itu dia rekomendasi mainan anak usia 2 tahun yang edukatif bagi anda, Ayah Bunda. Ingat, mainan edukatif tidak harus mahal. Selain itu, usahakan anda selalu disamping putra – putri anda selama mereka bermain. Selamat bermain!

Leave a reply
6 Cara Melatih Anak Bicara Usia 2 TahunIni Dia Penyebab Anak Umur 2 Tahun Susah Makan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!