6 Cara Melatih Anak Bicara Usia 2 Tahun

11 February 2019

Orang tua pasti khawatir apabila buah hati tercinta mengalami keterlambatan dalam berbicara. Pada usia 2 tahun, anak kecil harusnya sudah pandai meniru ucapan orang tua dan dapat mengeluarkan suara yang mudah dipahami oleh Ayah Bunda. Bagi anda yang memiliki buah hati yang sedang belajar berbicara, cobalah beberapa cara melatih anak usia 2 tahun berikut untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan si kecil dalam berkomunikasi.

Komunikasi Aktif dengan Mengenal Nama Benda

Ajak buah hati tercinta dengan mengenal nama-nama benda di sekitarnya. Ketika si kecil memegang sebuah benda, lafalkan nama benda tersebut dan ajak si kecil untuk menirukannya. anda juga dapat mengajak buah hati jalan-jalan di sekeliling rumah dan menunjukkan satu persatu nama benda di sekitarnya. Harapannya, dengan komunikasi aktif ini si kecil bersemangat menceritakan pengalamannya bermain dengan benda-benda di sekelilingnya.

 

Mendongeng untuk Buah Hati

Selain melatih daya kreativitas anak-anak, mendongeng adalah salah satu cara melatih anak bicara usia 2 tahun. Anda bisa menggunakan boneka dan berbagai mainan edukatif lain dalam mendongeng. Gunakan kosa kata yang mudah dimengerti oleh si kecil. Penggunaan alat bantu seperti boneka dan gambar dapat menarik minat dan  perhatian si kecil terhadap jalannya dongeng, serta tentu saja dapat menambah kosa kata buah hati anda. Gunakan intonasi yang berbeda saat memerankan berbagai karakter, anak anda pasti bersemangat menirukan ucapan Ayah Bunda.

 

Menyanyi Bersama Si Kecil

Ayah Bunda juga bisa menggunakan lagu untuk menambah kosa kata buah hati kesayangan. Ajaklah si kecil untuk menyanyikan lagu anak-anak saat anda meninabobokan dia, mandi, jalan-jalan, atau bahkan saat buah hati anda bermanja-manja di gendongan. Lakukanlah secara rutin sehingga buah hati anda terbiasa mendengarkan lagu-lagu tersebut dan mulai menirukan apa yang anda nyanyikan.

 

Membaca Cerita Bergambar

Ayah Bunda bisa membeli atau meminjam buku cerita yang memiliki banyak gambar sebagai cara melatih anak bicara usia 2 tahun. Bacakan cerita bergambar tersebut untuk buah hati anda sembari mengajak si kecil untuk menirukan kata-kata yang anda ucapkan. Anda juga bisa menunjuk berbagai benda yang ada di dalam gambar dan minta buah hati anda untuk mengucapkan namanya. Selain menggunakan buku cerita, anda juga bisa menggunakan kartu-kartu bergambar untuk menambah kosa kata buah hati tercinta.

 

Berikan Tanggapan pada Ocehannya

Jangan ragu untuk menanggapi ocehan si kecil. Anda bisa menanyakan maksud ucapannya sambil tertawa dan menunjukkan wajah yang bahagia. Apabila si kecil mengeluarkan ucapan yang tidak jelas dan hanya menunjuk barang yang diinginkan, tatap matanya dan ulangi perkataan tersebut dengan benar.

Misalnya, si kecil ingin diambilkan buku dan hanya bilang “uku”, segera tatap matanya dan katakan “mau buku”. Minta buah hati anda untuk melihat gerak bibir anda dan menirukan ucapan itu perlahan-lahan. Lakukan berulang kali, terlebih saat buah hati anda mulai menirukan suara anda, ulangi kata-kata tersebut dengan benar.

Apapun yang anda ucapkan sebenarnya tersimpan dalam memorinya. Oleh karena itu, hati-hati saat berbicara di depan anak anda karena suatu saat nanti buah hati anda dapat menirukannya. Gunakan kata-kata yang positif untuk melatih anak bicara usia 2 tahun. Selain meningkatkan harga diri, kata-kata positif juga meningkatkan rasa percaya diri si kecil.

 

Undang Kawan Sebaya untuk Main di Rumah

Undang anak-anak sebaya di sekeliling rumah untuk bermain di rumah anda. Bersosialisasi dengan teman sebaya dapat membuat anak anda cepat belajar berbicara sebagai bentuk respons terhadap ucapan lawan bicaranya. Anak anda juga bisa belajar berbagi dan kerja sama saat bermain dengan teman-temannya.

Demikian 6 cara melatih anak bicara usia 2 tahun. Semoga membantu ya, Ayah Bunda. Namun Apabila sampai umur 3 tahun anak anda belum menunjukkan kemampuan berbicara yang jelas, ada baiknya anda membawa buah hati ke psikolog anak. Anak usia 3 tahun yang belum bisa bicara dengan jelas rentan mengalami stres dan tantrum karena orang tua tidak mengerti kemauan mereka.

Leave a reply
Anak Bunda Belekan? Ini Tips MenanganinyaIni Dia 6 Rekomendasi Mainan Anak Usia 2 Tahun yang Edukatif

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!