Ini Loh Bunda, 5 Cara Mudah Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

30 April 2017

Imajinasi tumbuh berbeda pada setiap anak. Jadi perlu upaya dari orang tua agar bisa membangun imajinasi anak sehingga dapat berkembang dengan optimal.

 

Seperti kita ketahui, perkembangan imajinasi anak yang menjadi aktivitas otak kanan, sangat bermanfaat bagi kecerdasan, emosi dan kognitif anak. Perkembangan imajinasi ini mulai berjalan seiring dengan berkembangnya kemampuan berbicara dan menjadi sarana anak untuk memahami realitas diri dan lingkungannya.

Di usia balita, imajinasi sangat berperan dalam perkembangan anak kemudian semakin intens saat anak memasuki usia sekolah. Di saat ini daya menghafalnya paling kuat, oleh karenanya harus menjadi perhatian orang tua agar membantu mengembangkan daya imajinasi anak.

Banyak manfaat daya imajinasi ini bagi anak antara lain bisa membantu anak trampil dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, mampu berpikir kreatif dan menganalisa, membuat anak percaya diri, serta memunculkan bakat anak.

Nah, apakah Anda ingin mengembangkan daya imajinasi anak Anda? Jangan khawatir ada cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Yuk, kita simak ulasannya dan kenali karakter anak usia early childhood agar tidak salah mendidik.

1. Memberi Kesempatan pada Anak untuk Berekspresi

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Anda sebaiknya memberikan kesempatan untuk berekspresi pada anak sedini mungkin. Ini bertujuan agar anak dapat mengembangkan imajinasinya serta mempraktikkannya di dunia nyata. Anda juga harus sering mengajak anak berkomunikasi dan menunjukkan kasih sayang.

Jadi anak jangan hanya dilimpahi dengan materi saja. Beritahu anak bila melakukan kesalahan, atau bila tindakannya membahayakan diri sendiri dan orang lain.

2. Memberi Respon yang Positif terhadap Imajinasi Anak

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Jika anak berimajinasi, jadilah pendengar yang baik dan ajukan pertanyaan untuk membuatnya lebih kreatif. Lalu Anda tinggal mengarahkan pada hal-hal yang positif. Selain itu Anda sebaiknya jangan terlalu banyak melarang anak, melainkan lebih bersifat anjuran daripada larangan untuk memotivasi anak.

3. Mendampingi Saat Menonton Televisi

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Waktu menonton televisi anak sebaiknya dibatasi. Namun jika Anda memang tidak ada pilihan lain televisi menemani anak bermain, usahakan Anda bisa mendampingi anak saat menonton televisi dan menceritakan tentang apa yang dilihatnya. Lalu Anda lihat bagaimana reaksi anak Anda. Ini bisa membantu mengembangkan daya imajinasi anak Anda.

4. Menyediakan Properti Sederhana

 

Source - pixabay

Source – pixabay

Anda bisa menggunakan benda sederhana untuk membantu anak mengembangkan daya imajinasinya. Saat mendidik anak melalui permainan, semakin sederhana sebuah properti, akan semakin baik untuk daya imajinasinya.

Kumpulkan semua barang dalam satu kotak kardus, misalnya peralatan tukang atau memasak dari bahan sederhana seperti kardus bekas, toples, dan lain-lain. Jadi saat Anda akan mengajak bermain anak, tinggal tanyakan apa yang bisa dilakukan dengan properti tersebut.

5. Berbagi Cerita dan Membaca Buku

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Jika Anda mengarang cerita Anda sendiri atau membacakan buku untuk anak memiliki manfaat yang sama yaitu mengembangkan imajinasi anak. Jadikan anak Anda sebagai tokoh utama agar bisa mengembangkan perasaan dirinya.

Nah, itulah 5 cara mudah untuk mengembangkan daya imajinasi anak Anda. Jika imajinasi anak mulai berkembang, santai dan nikmati saja. Beri keleluasaan jika  anak Anda ingin mewujudkan imajinasinya.

Anda hanya perlu memberi batasan jika apa yang dilakukan bisa membahayakan anak dan orang lain. Yuk, kawal perkembangan anak sesuai usianya, dengan membantu tumbuh kembang daya imajinasinya.

 

Leave a reply
Inilah 5 Permainan Anak yang Bisa Membuat Anak Melupakan Gawainya5 Kiat Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!