5 Tips Membiasakan Anak Gemar Membaca yang Dapat Anda Praktikkan

5 February 2018

Gemar membaca merupakan perilaku baik yang harus dibiasakan kepada anak-anak sejak dini. Seiring dengan maraknya tekonologi untuk permainan, ditambah lagi penggunaan gawai oleh anak-anak, budaya membaca makin luntur di kalangan anak-anak. Mereka lebih banyak menggunakan waktunya untuk bermain dengan gawai daripada membaca.

Membaca belum menjadi budaya di Indonesia. Beberapa penelitian menunjukkan kondisi minat baca di Indonesia yang memprihatinkan. Misalnya saja penelitian Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada bulan Maret 2016 menyebutkan Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara terkait minat baca. Data Unesco perbandingan minat baca di Indonesia adalah 0,01%. Artinya, dari 10.000 orang Indonesia, hanya 1 yang gemar membaca.

Dengan kondisi demikian, Anda perlu menjadi pionir untuk mengajak anak membaca. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa Anda praktikkan agar anak gemar membaca sejak dini.

Memberikan Hadiah Buku untuk Anak

Book - mediashower.com

Book – mediashower.com

Buku bisa dijadikan reward atas prestasi yang diraih anak. Anda pasti sudah sering memberikan reward berupa mainan, sesekali berikan buku sebagai hadiah untuk anak. Dengan buku tersebut, anak akan terbiasa untuk membaca

Pilihlah buku yang sesuai dengan usia anak, baik buku ilmu pengetahuan maupun fiksi atau dongeng. Pada tahap awal Anda dapat memberikan buku-buku bacaan ringan untuk menumbuhkan minat baca anak.

Mengajak Anak ke Toko Buku atau Perpustakaan

Perpustakaan - mothering.com

Perpustakaan – mothering.com

Liburan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh orang tua dan anak untuk bepergian bersama. Swalayan menjadi tempat yang lazim didatangi para orang tua dan anak untuk mengisi liburan mereka. Akan tetapi, sekali waktu ajaklah anak ke toko buku atau perpustakaan untuk membiasakan membaca sejak dini.

Anak-anak akan mulai akrab dengan buku saat mereka ke toko buku atau perpustakaan. Di sana, anak-anak dapat memilih buku yang disukai, baik buku cerita maupun ensiklopedia.

Membaca memiliki banyak manfaat. Berbagai pengalaman, informasi, dan pengetahuan yang baru akan didapatkan oleh anak dari buku yang dia baca. Anak akan mendapatkan sesuatu yang baru selain yang dia dengar dan lihat dalam kehidupan sehari-hari dari buku yang dibaca.

Menyediakan Buku di Rumah

Perpustakaan rumah - idntimes.com

Perpustakaan rumah – idntimes.com

Agar anak terbiasa membaca, sediakan buku bacaan di rumah. Anda dapat memulainya dengan berlangganan salah satu majalah anak-anak yang kira-kira sesuai dengan usia anak Anda.

Selain majalah, bawalah buku-buku yang Anda miliki untuk ditata dengan rapi di rak rumah. Dengan adanya buku-buku tersebut, akan tercipta suasana gemar membaca di rumah Anda. Anak juga tidak asing lagi dengan aktivitas membaca.

Menjadi Contoh Gemar Membaca untuk Anak

Ibu - salemnet.vo

Ibu – salemnet.vo

Buku-buku yang tertata rapi di rak rumah bukan pajangan semata. Anda dapat memberikan contoh gemar membaca dengan buku-buku tersebut. Sekali waktu adakan kegiatan membaca bersama di rumah. Anak membaca bukunya dan Anda juga membaca milik Anda. Dengan demikian, anak memiliki contoh budaya membaca.

Sebetulnya, membaca sangat banyak manfaatnya, apa saja jenis buku yang dibaca. Buku ilmu pengetahuan akan membuat anak memiliki wawasan baru, sedangkan buku fiksi akan membuat anak terhibur dan empati dengan para tokoh. Membaca dapat mengasah daya pemahaman dan imajinasi anak.

Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Dongeng - tabloidbintang.com

Dongeng – tabloidbintang.com

Salah satu usaha agar anak gemar membaca dapat dimulai sejak anak belum bisa membaca. Latihan tersebut dimulai dari membacakan dongeng atau buku cerita untuk anak.

Setiap anak pasti senang jika orang tua bercerita untuknya. Dari buku cerita yang dibacakan orang tua untuk anak, mereka akan penasaran untuk membaca sendiri buku-buku tersebut saat dia bisa membaca kelak.

Setelah mengetahui tips-tips untuk membuat anak Anda gemar membaca, sebaiknya Ayah dan Bunda segera memfasilitasi anak dengan buku-buku bacaan. Sebelum budaya membaca benar-benar tergerus oleh permainan digital, lebih baik para orang tua meningkatkan gerakan literasi sedini mungkin. Salam Literasi!

Leave a reply
Durasi Tidur Anak yang Sesuai dengan UsianyaKiat Membiasakan Tidur Siang yang Efektif untuk Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!