Kiat Membiasakan Tidur Siang yang Efektif untuk Anak

6 February 2018

Setiap orang tua harus punya kiat membiasakan tidur siang yang efektif untuk anak. Trik-trik jitu memang perlu diciptakan karena pada siang hari umumnya anak sulit tidur. Mereka lebih tertarik untuk bermain. Apalagi sekarang ini banyak sekali jenis permainan digital yang dapat mencuri waktu tidur siang anak.

Manfaat tidur siang bagi anak-anak adalah melengkapi durasi waktu tidur yang mereka butuhkan. Anak-anak memiliki durasi tidur lebih lama dari orang dewasa. Jika orang dewasa tidur 8 jam/hari, anak-anak membutuhkan waktu sekitar 9 – 13 jam bergantung usianya. Makin kecil usia anak, waktu tidur yang dibutuhkan makin banyak. Kelebihan tersebut didapatkan dari tidur siang.

Tidur siang juga bermanfaatkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak anak. Anak akan konsentrasi di kelas jika memiliki waktu tidur yang cukup. Karena tidur siang sangat penting, orang tua wajib mengagendakannya untuk si buah hati. Jika Anda belum memiliki trik-trik untuk membawa anak tidur siang, tidak ada salahnya Anda coba menerapkan beberapa kiat membiasakan tidur siang yang efektif berikut ini.

Waktu Tidur Konsisten

Waktu Tidur 1.bp.blogspot.com

Waktu Tidur 1.bp.blogspot.com

Waktu tidur siang yang konsisten akan membuat anak terbiasa tidur pada jam yang telah ditentukan. Jika telah tiba jam untuk tidur siang, Anda tidak perlu kerepotan membujuknya. Selain itu, waktu tidur yang konsisten akan membuat anak mengantuk pada jam tersebut.

Memilih waktu tidur yang tepat juga merupakan salah satu kiat membiasakan tidur siang. Usahakan agar anak tidak tidur terlalu sore, misalnya di atas pukul 4 sore. Anak akan terbangun saat matahari terbenam jika memulai tidur di sore hari. Akibatnya dia akan sulit untuk memulai tidur di malam hari.

Selain itu, durasi tidur siang juga harus dipertimbangkan. Jangan membangunkan anak terlalu awal karena akan memengaruhi mood-nya. Untuk anak berusia 6 – 13 tahun, usahakan tidur maksimal 2 jam. Tidur yang terlalu lama akan membuat mereka rewel saat bangun.

Meminta Kakak atau Adik Tidur Siang Juga

Tidur Siang- 4.bp.blogspot.com

Tidur Siang- 4.bp.blogspot.com

Salah satu kiat membiasakan tidur siang adalah menyuruh sang kakak atau adik untuk tidur. Biasanya anak-anak akan sulit diajak tidur saat memiliki teman untuk bermain. Jika semua anak Anda tidur siang, anak yang tidak tidur tidak memiliki teman untuk bermain.

Biarkan anak beraktivitas maksimal di pagi hari sehingga tubuhnya akan lelah di siang hari. Bawalah mereka masuk kamar pada jam tidur siang dan jauhkan aneka permainan yang dapat menganggu anak untuk tidur dengan lelap.

Nah, saat anak-anak tidur siang, Anda dapat melanjutkan aktivitas lainnya. Itulah keefektifan membiasakan waktu tidur siang yang sama untuk semua anak.

Ciptakan Suasana yang Nyaman dan Tidak Bising

arsitagx-master-article.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

arsitagx-master-article.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Salah satu kiat membiasakan tidur siang yang efektif adalah menciptakan suasana nyaman bagi anak untuk tidur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meminta anggota keluarga yang lain untuk tidak gaduh atau ramai saat jam tidur siang anak.

Tidur siang yang berkualitas didapatkan juga dari setting tempat tidur yang nyaman untuk anak. Biasakan anak untuk cuci tangan dan kaki setelah bermain atau pulang dari sekolah sebelum tidur siang. Dengan demikian, anak tidur dengan kondisi bersih sehingga tubuhnya bugar dan mood-nya bagus saat bangun.

Mendongeng atau Bercerita untuk Anak

Mendongeng - www.cosmomom.net

Mendongeng – www.cosmomom.net

Jika anak sangat sulit untuk tidur siang, Anda dapat membujuknya dengan mendongeng. Anda dapat membacakan buku cerita untuk anak sampai dia tertidur. Selain sebagai pengantar tidur yang baik, bercerita dari hati ke hati akan membuat anak lebih dekat dengan Anda. Anak juga merasa nyaman tidur dengan dekapan orang tua.

Tidur merupakan jenis istirahat yang terbaik. Anak dapat mengistirahatkan otak dan seluruh bagian tubuhnya. Dia akan bangun dengan segar dan semangat untuk beraktivitas di sore dan malam hari. Misalnya saja mengaji bagi yang beragama Islam. Lalu, dilanjutkan dengan belajar di malam hari.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Tips Membiasakan Anak Gemar Membaca yang Dapat Anda Praktikkan4 Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Anak yang Wajib Anda Tahu

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!