4 Tips Membuat Anak Suka Membaca Buku Sejak Kecil

30 September 2017

Membuat anak suka membaca buku merupakan tantangan bagi orang tua masa kini. Di era gadget saat ini, anak-anak lebih suka menonton film atau bermain ponsel pintar. Membaca buku dianggap sebagai kegiatan yang membosankan.

Buku memiliki banyak manfaat untuk anak. Bahkan ada yang mengatakan buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, anak-anak pun akan memiliki pengalaman yang lebih daripada yang telah diajarkan oleh orang tua atau guru di sekolah.

Membaca membuat anak memiliki cita-cita yang tinggi. Anak-anak akan menemukan tokoh-tokoh dan kisah-kisah hidup yang inspiratif dari buku yang dia baca. Dengan suka membaca buku, anak berani untuk bercita-cita yang tinggi.

Dengan banyaknya manfaat membaca buku, Anda harus membiasakan anak untuk melakukannya sejak dini. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar anak suka membaca buku.

  1. Awali dengan Buku Bergambar

Awali dengan Buku Bergambar

Awali dengan Buku Bergambar

Pada dasarnya, setiap anak lebih menyukai gambar daripada kata-kata. Oleh karena itu, pada awal pengenalan kebiasaan membaca pada anak, dapat dimulai dengan menyediakan buku cerita bergambar.

Buku cerita bergambar juga memudahkan anak untuk memahami isi cerita. Di samping itu, buku cerita bergambar warna-warni akan meningkatkan minat dan semangat anak untuk membaca.

  1. Berilah Hadiah Buku

Berilah Hadiah Buku

Berilah Hadiah Buku

Kado yang menarik bagi anak biasanya adalah boneka atau mainan anak lainnya. Sekali waktu, berilah hadiah yang agak berbeda di hari spesialnya, misalnya buku. Kado buku akan membuat anak termotivasi untuk membaca. Berawal dari hal tersebut, anak memiliki pengalaman untuk menikmati isi buku sehingga tertarik untuk membaca buku-buku lainnya.

Awalnya anak mungkin tidak terlalu tertarik dengan buku. Dengan menjelaskan manfaat membaca kepada anak, mereka akan mengerti pentingnya membaca. Berbagai informasi baru yang tersedia dari buku pun akan menambah wawasan anak.

  1. Awali Membacakan Dongeng untuk Anak

Awali Membacakan Dongeng untuk Anak

Awali Membacakan Dongeng untuk Anak

Kegiatan membaca dongeng untuk anak memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengawali anak untuk suka membaca buku.

Anak yang terbiasa dibacakan dongeng akan penasaran dengan isi cerita. Anak menjadi termotivasi untuk membaca agar dapat menikmati dongeng tanpa menunggu pencerita.

  1. Ajaklah Anak ke Perpustakaan atau Toko Buku

Ajaklah Anak ke Perpustakaan atau Toko Buku

Ajaklah Anak ke Perpustakaan atau Toko Buku

Anak kecil merupakan peniru yang baik. Dengan mengajarkan beberapa kebiasaan yang baik, mereka akan terlatih untuk disiplin.

Salah satu kebiasaan baik yang dapat diajarkan kepada anak adalah mengajaknya ke toko buku atau perpustakaan. Di sana anak akan melihat banyak buku yang menarik. Anak akan terbiasa membaca saat Anda mengenalkannya dengan toko buku dan perpustakaan sejak dini.

  1. Membatasi Bermain Gadget

Membatasi Bermain Gadget

Membatasi Bermain Gadget

Salah satu ancaman bagi anak-anak saat ini adalah kecanduan gadget. Sebetulnya, gadget adalah suatu teknologi untuk memudahkan komunikasi. Sayang sekali, banyaknya jenis media sosial yang ditawarkan pada gadget membuat anak kecanduan.

Selain sebagai media sosial, gadget merupakan alat permainan yang menarik. Jenis-jenis permainan offline atau online ditawarkan. Dibandingkan dengan membaca buku, anak-anak lebih suka bermain gadget yang sangat menarik dan membuat ketagihan.

Membaca buku memiliki dampak baik untuk jangka panjang daripada bermain gadget. Oleh karena itu, batasilah waktu anak untuk memegang gadget agar mereka memiliki waktu untuk bersosialisasi dan membaca buku.

Dari sekian banyak tips yang membuat anak suka membaca buku, beberapa memang diawali dengan keterpaksaan. Namun, hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan sebuah rutinitas. Yang terpenting, tanamkan senang membaca dulu sejak dini.

Leave a reply
Inilah 4 Cara Mengajarkan Anak Menerima KekalahanMengapa Anak Sering Berbohong? Ketahui 7 Penyebabnya

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!