Inilah 7 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

25 May 2017

Seberapa sering sih Ayah dan Bunda membacakan dongeng untuk sang buah hati? Jarang atau malah tidak pernah sama sekali? Tahukah Anda kalau ternyata terdapat 7 manfaat membacakan dongeng untuk anak. Selain menghibur, cerita-cerita yang dituturkan langsung dari mulut disertai mimik dan intonasi itu memengaruhi tumbuh kembang anak.

Sayangnya, kebanyakan orang tua meninggalkan kebiasaan mendongeng untuk si kecil. Para orang tua lebih tertarik memanfaatkan teknologi yang semakin canggih untuk menghibur anak-anak. Tentu anak tidak akan mendapat manfaat sebagaimana ketika mendengar dongeng secara langsung. Mumpung belum terlambat, yuk bacakan dongeng untuk anak, tetapi sebelumnya ketahui dulu 7 manfaatnya:

1. Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Source - pixabay

Source – pixabay

Salah satu manfaat membacakan dongeng untuk sang buah hati yaitu membantu mereka belajar cara berkomunikasi yang baik. Cara ini juga terbilang efektif untuk mengajarkan anak mengucapkan kosakata secara tepat, terutama bagi si kecil yang masih belum mampu melafalkan kata demi kata.

2. Menanamkan Sifat Baik

Source - pixabay

Source – pixabay

Semua anak di dunia pasti suka mendengarkan cerita. Mereka suka mencari tahu karakter favorit mereka dan kerap menirukannya agar terlihat mirip. Apabila Ayah Bunda membacakan dongeng yang tokohnya memiliki sifat-sifat terpuji, anak Anda niscaya akan meneladaninya. Kalaupun dongeng tersebut menitikberatkan pada jalan ceritanya yang penuh pesan moral, bukan tokoh ceritanya, sifat-sifat baik tetap ditanamkan dalam dirinya.

3. Meningkatkan Daya Ingat Anak

Source - pixabay

Source – pixabay

Manfaat membacakan dongeng selanjutnya adalah meningkatkan daya ingat anak. Misalnya, malam ini Anda membacakan dongeng untuk si kecil. Beberapa hari selanjutnya, Anda meminta si kecil untuk mendeskripsikan cerita yang telah Anda bacakan. Cara ini juga cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.

4. Meningkatkan Keahlian Dalam Mendengarkan

Source - Maxpixel

Source – Maxpixel

Sebagian anak mungkin tidak mampu berkonsentrasi dalam waktu lama. Ujung-ujungnya, mereka lebih suka berbicara daripada mendengarkan orang lain. Apabila Ayah Bunda terbiasa membacakan dongeng untuk anak, mereka pun akan dibiasakan untuk mendengar, bahkan memperhatikan dan memahami. Hal tersebut dapat membantu sang buah hati untuk lebih fokus terhadap sesuatu.

5. Memperluas Wawasan Anak

Source -pixabay

Source -pixabay

Manfaat membacakan dongeng selanjutnya adalah memperluas wawasan mereka. Dongeng akan memberikan mereka gambaran mengenai tempat-tempat yang ada di berbagai belahan dunia, serta budaya yang dimilikinya.

6. Membantu Anak Belajar

Writing Class Apple Tree BSD

Writing Class

Anak Anda mungkin belum memasuki usia sekolah, tetapi siapa yang menyangka kalau membacakan dongeng bisa menjadi batu loncatan baginya. Dengan membacakan dongeng secara rutin, proses belajar anak pun akan terbantu. Dia akan lebih mudah memahami dan mengingat pelajaran. (lihat poin ke-3).

7. Menumbuhkan Cinta Membaca Pada Anak

Source - pixabay

Source – pixabay

Saat Anda membacakan dongeng untuk anak, secara otomatis sang buah hati termotivasi untuk membaca lebih banyak buku. Dia haus dengan cerita-cerita yang baru dan lebih menarik. Berawal dari situlah, minat bacanya terus tumbuh. Semakin banyak membaca, wawasannya akan semakin luas dan daya pikirnya semakin kritis.

Bukan rahasia umum lagi kalau minat membaca di Indonesia sangat rendah. Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Central Connecticut State University, disimpulkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara.

Setidaknya Anda bisa melakukan upaya menumbuhkan cinta membaca pada anak sejak dini, yakni dengan membacakan dongeng.

 

Itu dia beberapa manfaat membacakan dongeng untuk anak yang perlu Ayah dan Bunda tahu. Tidak pernah ada istilah terlalu dini dalam membacakan dongeng untuk si kecil. Bahkan saat sang buah hati masih dalam kandungan, kegiatan ini sudah dapat dilakukan.

Leave a reply
Anak Telat Bicara? Begini Panduan MengatasinyaCara Mengajari Anak Bersosialisasi di Sekolah
All comments (1)

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!