Games Edukatif Pilihan untuk Anak-Anak

2 June 2017

Saat ini pengguna perangkat teknologi seperti smartphone dan tablet tidak tersegmentasi pada golongan usia. Bahkan banyak anak usia 3 tahun yang tidak awam dan sudah mahir bermain dengan perangkat elektronik tersebut, baik sekadar menonton tayangan Youtube atau bermain games. Agar fungsinya tidak melenceng jauh, orang tua perlu mengarahkan anak-anak—khususnya anak usia dini—untuk hanya memainkan games edukatif yang bermanfaat bagi perkembangannya.

Ada banyak games edukatif yang dapat diunduh secara gratis, tetapi perlu diperhatikan bahwa permainan tersebut seharusnya tidak hanya bersifat mendidik, tetapi memiliki grafik yang menarik, serta menghibur. Sisi entertainment dalam games tentu tidak boleh hilang agar anak tidak cepat bosan dan bisa menangkap maksud permainan tersebut dengan cepat.

Berikut beberapa rekomendasi games edukatif yang memenuhi unsur pendidikan, memiliki grafik yang menarik, dan menghibur, yang bisa Anda pilihkan untuk anak-anak.

1. Aniworld

Source - youtube

Source – youtube

Games satu ini menyajikan permainan yang cukup sederhana dan lucu. Anak akan diajak untuk mengenal jenis-jenis hewan, makanannya, tempat tinggal dan suaranya. Games lucu ini cocok untuk anak usia 3 tahun.

 

2. Virtual Pet, My Boo

 

Masih ingat dengan Tamagochi? games ini memiliki fitur yang hampir mirip dengan Tamagochi, yaitu memelihara hewan secara virtual. Melalui permainan ini, anak dilatih bertanggung jawab untuk memberikan makan binatang peliharaannya secara teratur, mengajaknya bermain dan mendandaninya. Di dalam games ini juga terdapat mini games yang menyenangkan untuk dimainkan di sela-sela mengurus si hewan peliharaan.

 

3. Numbers & Addition! Math Games

 

Source -  playgoogle

Source – playgoogle

Games edukatif ini akan membuat anak usia 3-5 tahun akan merasa senang, karena selain belajar menghitung dan menyusun huruf, anak juga akan diajak ‘bertualang’. Permainan ini akan membuat anak tertantang dan terpacu untuk maju ke level permainan berikutnya yang lebih sulit.

Dengan konsep ‘games petualangan’ yang seru, secara tidak sadar kemampuan berhitung dan menyusun alfabetnya  bisa semakin terasah.

 

4. Kids Preschool Puzzle

 

Setelah bertualang, kini saatnya anak mengasah kemampuannya dalam berlogika melalui gamesKids Preschool Puzzle”. Di games ini, anak akan dikenalkan dengan berbagai benda dan hewan yang ada di kehidupan sehari-hari. Melalui tampilan yang penuh warna, anak diminta menyusun puzzle menjadi sebuah bentuk yang utuh.

 

5. Anak Cerdas

 

Source - play.google

Source – play.google

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup lengkap. Di dalamnya terdapat beragam materi mata pelajaran yang lengkap, mulai dari matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris hingga pengetahuan alam.

Ada dua menu besar dalam games ini, yaitu ‘Latihan Yuk’ dan ‘Mari Bermain’.  Pada menu ‘Latihan Yuk’, anak akan menjawab berbagai soal latihan yang disajikan dengan grafik menarik sehingga tidak terasa seperti mengerjakan soal tes. Sedangkan pada menu ‘Mari Bermain’, anak dapat memanfaat berbagai aplikasi permainan sebagai hiburan.

Selain itu, orang tua juga dapat memantau penggunaan aplikasi ini. Seberapa banyak games yang dimainkan dan seberapa banyak soal latihan yang dikerjakan anak dapat terpantau melalui statistik yang akan dikirimkan ke email orang tua.

Demikian tadi lima games edukatif yang direkomendasikan untuk dimainkan untuk anak—khususnya anak berusia 3-5 tahun. Tidak ada salahnya memberikan akses gadget pada balita, karena selain bisa menghibur, aktivitas bermain games pada anak membantu mengasah kemapuan kognitifnya, membuatnya tidak gagap teknologi, dan membantunya belajar mengambil keputusan.

Hanya saja orang tua benar-benar harus memperhatikan dan memberikan pengawasan yang ketat mengenai jangka waktu pemakaian dan konten yang diakses agar anak bisa terhibur namun tidak kebablasan.   

 

Leave a reply
Tips Mengasuh Anak Bagi Pasangan yang Telah BerceraiCara Melihat Kecerdasan Alami Anak
All comments (1)

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!