5 Aplikasi untuk Membatasi Aktivitas Gadget Balita

21 April 2017

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, teknologi menjadi bagian dari keseharian buah hati. Bukan hanya usia sekolah, anak di bawah umur 5 tahun pun sekarang sudah mulai mengerti cara menggunakan gadget seperti tablet. Mengenalkan gadget pada anak bukan hanya bisa melatih kecerdasan lewat permainan, tetapi juga memberikan langkah dini untuk mengenal teknologi.

Namun, kemajuan teknologi ini juga membawa permasalahan baru: tidak semua yang ada di dunia maya baik bagi anak-anak. Kenyataannya, banyak konten video, gambar, dan permainan memiliki unsur yang tidak pantas disantap oleh mereka. Kalau sudah begitu, pastinya orang tua khawatir untuk membiarkan si kecil untuk bermain gadget, ya.

Maka dari itu, membatasi dunia maya anak itu perlu dilakukan. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memasang aplikasi yang bisa menjauhkan anak tersambung dengan konten yang “berbahaya” di dunia maya. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba untuk memonitor aktivitas gadget balita.

1. Kids Zone

Cover art Kids Zone Parental Controls

Cover art
Kids Zone Parental Controls

 

Orang tua dapat membuat sendiri tampilan ramah anak pada gadget. Jadi, Anak hanya bisa mengakses aplikasi yang sudah dipilih oleh orang tua. Selain itu, Anda juga bisa membatasi panggilan telepon dan pesan serta internet.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini bisa mencegah anak Anda mengunduh aplikasi baru dari toko aplikasi atau menggunakan akun untuk membeli produk dalam aplikasi. Untuk mengaktifkan aplikasi ini, diperlukan sebuah kata sandi atau PIN sehingga hanya Anda yang bisa mengoperasikan aplikasi.

2. Kids Place

Kids Place - Parental Control

Kids Place – Parental Control

 

Mirip dengan Kids Zone, aplikasi launcher Android ini berfungsi sebagai pengunci aplikasi. Anda bisa memilih aplikasi mana yang boleh dibuka oleh anak serta membatasi waktu yang boleh mereka habiskan saat memainkan gawainya. Dengan begitu, aktivitas gadget balita lebih terkontrol dan teratur.

3. Screen Time

Screen Time Parental Control

Screen Time Parental Control

 

Aplikasi ini harus diunduh pada gadget Anda dan anak – satu gadget berfungsi sebagai pengontrol dan satu lagi sebagai gadget target. Kelebihannya adalah gadget target bisa terdiri dari beberapa buah gadget. Jadi, kalau Anda memiliki beberapa anak dan mau memonitor aktivitas gadget mereka, aplikasi ini adalah solusinya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur pengingat sehingga akan terdapat pesan pengingat jadwal anak yang muncul ketika sudah saatnya seperti pengingat tidur siang, makan, dan belajar.

4. Norton Family

Norton Family parental control

Norton Family parental control

 

Belakangan ini, Norton Antivirus meluncurkan Norton Family, aplikasi yang bisa membatasi konten dewasa. Anda bisa mengatur gadget mana saja yang perlu dibatasi sehingga anak Anda tidak akan bisa membuka akses ke konten dewasa walaupun secara tidak sengaja. Walaupun berbayar, aplikasi ini sudah dapat dipastikan dapat membuat aktivitas gadget balita Anda lebih aman.

5. Net Nanny

source - pixabay

source – pixabay

 

Net Nanny adalah aplikasi premium untuk pembatasan aplikasi dan konten internet. Ini termasuk juga konten video di situs seperti YouTube. Anda juga bisa mengatur sendiri konten seperti apa yang ingin Anda batasi untuk gadget anak Anda.

Jika anak Anda memiliki gadget sendiri, coba unduh aplikasi khusus anak seperti Youtube Kids dan Kiddle – mesin pencari untuk anak-anak. Dengan aplikasi tersebut, anak bisa mendapatkan informasi dan tontonan yang mereka inginkan tanpa resiko tersasar ke situs yang belum cocok untuk usianya.

Aplikasi pembatas waktu dan aplikasi memang sebaiknya diterapkan pada gawai yang dimainkan anak-anak. Selain menjauhkan anak dari konten dewasa, Anda juga bisa menghindari hal-hal seperti kecanduan game pada anak. Teknologi memang menambah pengetahuan, tetapi aktivitas gadget balita yang berlebihan pun tidak akan baik bagi si kecil.

Beberapa aplikasi serupa memang perlu dibeli dengan harga yang tidak murah, tetapi kualitasnya sudah pasti terjamin dan bisa membantu Anda mengontrol aktivitas gadget balita Anda. Untuk aplikasi berbayar, coba versi gratisnya terlebih dahulu untuk memastikan aplikasi mudah digunakan dan cocok bagi kebutuhan Anda dan anak.

 

Leave a reply
Tips Mengatasi Anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan PemilihYuk, Jauhkan Budaya Menyontek dari Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!