Susu Bisa Bikin Kecanduan Loh!

13 March 2020

Anak anak selalu menyukai susu, dengan banyaknya nutrisi dan vitamin yang di kandung oleh susu maka tidak mengherankan jika susu akan memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi tubuh, dan banyak orang tua yang akan membiasakan anak untuk minum susu demi meningkatkan tumbuh kembang anak mereka. Namun ternyata susu bisa bikin anak kecanduan loh!

Tetapi terlalu sering memberikan susu pada anak bisa membuat mereka kecanduan, dan apa saja bahaya jika anak kecanduan dengan minuman tersebut, dan berikut adalah bebrapa bahaya yang di kupas oleh healthyeating.sfgate.com.

  • Anemia Defisiensi Besi

Jika anak Anda kecanduan susu maka anak bisa mengalami penyakit tersebut, anemia defisiensi besi merupakan salah satu risiko utama atau yang paling sering terjadi bagi sebagian besar balita yang terlalu sering meminum susu dengan porsi yang banyak, karena susu sapi rendah akan zat besi dan akan menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh mereka.

Tak hanya itu saja, terlalu banyak minum susu maka akan mengganggu lapisan pada usus yang menyebabkan terjadinya pendarahan kecil, akibatnya zat besi anak akan hilang melalui kotoran si kecil dan memungkinkan terjadinya anemia tersebut.

 

  • Kekurangan Nutrisi

Terlalu banyak minum susu juga akan membuat balita cenderung kurang lapar, jika si kecil minum banyak dan bisa lebih dari tiga gelas dalam sehari, maka ia akan mendapatkan kalori hanya dari susu saja, tetapi jika anak menolak makanan dan minuman lain yang ada nutrisi yang tinggi, maka kondisi tersebut akan membuat anak kelebihan kalori tetapi disisi lain bisa saja si kecil kekurangan nutrisi.

Karena itu lebih baik Anda batasi asupan susu atau Anda bisa memilih susu rendah lemak yang sewajarnya, apalagi jika orang tua memiliki penyakit turunan seperti jantung, diabetes, dan juga obesitas.

 

  • Intoleransi Laktosa Dan Bisa Alergi

Intoleransi laktosa bisa terjadi apabila anak Anda selalu ingin meminum susu, meski tidak termasuk dalam golongan yang berbahaya, tetapi kondisi tersebut bisa membuat anak Anda merasa tidak nyaman, intoleransi laktosa terjadi ketika tubuh kita perlahan-lahan berhenti memproduksi laktase yaitu enzim yang mencerna gula dalam susu.

Balita yang tidak toleran laktosa dapat mengalami sakit perut atau diare jika dirinya terlalu banyak minum susu, selain dapat menyebabkan intoleransi laktosa, kecanduan tersebut juga bisa membuat

anak Anda mengalami alergi yang dimulai dengan muntah, gatal-gatal, mengi, atau bahkan risiko lainnya yang bisa mengancam jiwa si kecil.

 

  • Berapa Banyak Batas Normal Minum Susu?

Minum susu sekitar satu setengah cangkir susu perhari tentu saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsiumanak-anak antara usia satu dan tiga tahun, selain itu tentu saja penting untuk diketahui bahwa sebenarnya anak dibawah satu tahun tidak boleh meminum susu sapi sembarangan.

Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika Anda ingin memberikan susu kepada anak agar tidak bikin kecanduan, tanyakan tentang aturan dan saran, karena hal tersebut harus Anda konsultasikan agar nutrisi anak Anda tercukupi, baik dengan atau tanpa komposisi susu tambahan.

 

Leave a reply
Anak Pandai Bergaul? Ini Tandanya!Polusi Udara? Lindungi!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!