Cara Mendidik Anak sesuai Bakat

8 December 2017

Anak ibarat kertas putih kosong dan suci, orang tua lah yang bertugas melukiskan hal terbaik di atas kertas tersebut. Demikianlah perumpamaan tugas orang tua dalam mendidik buah hatinya. Orang tua lah yang bertanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya agar menjadi generasi terbaik.

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, apalagi anak memiliki bakat dan kepribadian yang berbeda-beda. Salah satu cara efektif dalam mendidik anak yaitu melalui pendekatan bakat. Jadi orang tua harus menggali terlebih dahulu mengenai bakat dan minat si anak. Orang tua juga perlu memahami tentang karakter dan kepribadian anak agar lebih mudah dan tepat dalam mendidiknya. Lalu bagaimana cara mendidik anak sesuai bakat? Berikut ulasannya.

Kenali Tipe Kepribadian Anak

generasi terbaik

parenting.co.id

Salah satu hal penting di dalam cara mendidik anak yaitu mengenali tipe kepribadian anak. Anda harus mengkaji apakah anak Anda termasuk introvert atau ekstrovert. Anak introvert lebih suka belajar atau bermain dalam ketenangan, tidak terekspos banyak orang. Sebaliknya, anak ekstrovert biasanya lebih suka keramaian dan lebih suka diperhatikan banyak orang.

Kenali Tipe Belajar Anak

generasi terbaik

i.telegraph.co.uk

Anak juga memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda. Anak tipe auditori mudah sekali menyerap pelajaran dengan cara mendengar. Sedangkan anak tipe visual lebih mudah belajar dengan praktik langsung. Sementara anak tipe visual lebih cepat belajar melalui penglihatan atau visualisasi. Dengan mengenali tipe belajar anak, maka Anda dapat memilih metode terbaik manakah yang paling cocok.

Siapkan Perlengkapan yang Mendukung

generasi terbaik

cdn.zettamedia.co

Setelah Anda memahami tipe kepribadian dan tipe belajar anak, hal berikutnya yang perlu Anda siapkan adalah perlengkapan yang mendukung. Untuk anak tipe auditorik, Anda bisa menyiapkan peralatan seperti radio, alat rekam, dan buku cerita untuk dibacakan. Sedangkan untuk anak tipe visual, Anda bisa menyiapkan DVD player, laptop atau peralatan pendukung lain yang memudahkan anak untuk belajar secara visual. Sementara untuk anak tipe kinestetik Anda perlu menyiapkan permainan yang bisa dipegang dan dikreasikan olehnya.

Selain menyiapkan aneka permainan dan perlengkapan belajar yang mendukung, orang tua juga perlu mengajak anak untuk belajar langsung dari alam. Ajak anak-anak untuk mendengar, melihat, dan menyentuh langsung hal-hal yang bisa dipelajari dari indahnya alam semesta ini.

Jadilah Role Model yang Baik

generasi terbaik

i1.wp.com

Dalam mendidik anak, tidak hanya dibutuhkan nasehat, petuah, dan aturan yang baik saja. Orang tua juga perlu memberikan contoh dan menjadi role model yang baik. Perilaku dan contoh dari orang tua seringkali melekat dan ditiru oleh anak, jadi jika Anda ingin anak Anda berkarakter baik maka berikan contoh bagaimana menjadi pribadi yang baik terlebih dulu.

Jalin Komunikasi yang Efektif

generasi terbaik

prayatna.net

Hal yang tidak kalah penting di dalam cara mendidik anak yaitu menjalin komunikasi yang efektif. Di era modern saat ini, di mana alat telekomunikasi berkembang sangat pesat, justru komunikasi menjadi masalah utama kebanyakan keluarga.

Banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan ponsel pintarnya sehingga komunikasi yang efektif antara anak dan orang tua sangat jarang terjadi. Padahal, melalui komunikasi yang baik, orang tua dapat memberikan pendidikan dengan mudah kepada anak.

Ingat, Anak bukanlah Anda

generasi terbaik

id.theasianparent.com

Cara mendidik anak selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu membiarkan anak tumbuh dengan bakat dan kepribadiannya sendiri. Banyak orang tua yang memaksakan kehendaknya serta menuntut anak sama seperti dirinya, padahal anak bukanlah super copy dari orang tua. Anak memiliki bakatnya sendiri, jadi orang tua hanya perlu mengarahkan dan mendukung anak sesuai bakat dan minatnya sehingga mereka dapat menjadi anak-anak terbaik di bidang masing-masing.

Demikian cara mendidik anak sesuai bakatnya. Semoga bermanfaat.

Leave a reply
Camilan Sehat untuk si Kecil yang Mudah Dibuat di RumahCara Mengatasi Temper Tantrum pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!