Bunda, Yuk Kenali Ciri Anak Cerdas Sejak Dini

20 October 2017

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hati mereka tumbuh menjadi anak yang pintar, cerdas, dan aktif. Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa diperoleh tanpa adanya bimbingan dan arahan dari Ayah dan Bunda. Justru peran Ayah dan Bunda menjadi poin penting agar si kecil menjadi anak yang membanggakan. Namun, sebelum itu, Ayah dan Bunda perlu tahu apa saja yang menjadi ciri anak cerdas terlebih dahulu.

Pada umumnya, setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda. Bunda bisa melihatnya dari perilaku si kecil sehari-hari sejak ia menginjak usia 2 tahun. Akan tetapi, sering kali hal ini luput dari perhatian orang tua, sehingga mereka menjadikan peringkat di sekolah sebagai tolok ukur kecerdasan si kecil.

Lalu, apakah buah hati Bunda termasuk dalam kategori anak yang cerdas? Yuk kenali ciri-cirinya berikut ini:

Cenderung Sangat Aktif

Sangat Aktif - Radar Islam

Sangat Aktif – Radar Islam

Aktif menjadi salah satu ciri anak cerdas yang sangat mudah dikenali. Namun, aktif kali ini bukan hiperaktif ya Bunda. Anak yang memiliki sifat hiperaktif cenderung bersifat agresif dan terkadang sulit dikendalikan. Sementara aktif di sini, si kecil memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dan telah mampu memberikan respons terhadap suatu kondisi di sekelilingnya.

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi - Netmums

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi – Netmums

Kedua, si kecil yang cerdas selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia akan selalu penasaran terhadap hal-hal yang baru dan menarik di sekitarnya. Tugas Bunda dan Ayah adalah selalu mendampinginya dan sabar dalam menjawab segala pertanyaan sebagai respons terhadap besarnya keingintahuannya. Jangan memarahi si kecil jika Bunda atau Ayah tidak mengerti apa yang sedang ia lakukan atau ia coba katakan.

Kreatif

Kreatif - The Life The Adventure Letter

Kreatif – The Life The Adventure Letter

Kreatif menjadi ciri anak cerdas berikutnya. Kreativitas ini tidak hanya terlihat dari bagaimana si kecil menciptakan sesuatu dengan cara yang berbeda, melainkan juga terlihat dari bagaimana ia mampu menemukan solusi dari permasalahan yang tengah ia hadapi. Agar lebih terasah, Bunda bisa memberikan si kecil mainan berbentuk puzzle atau bongkar pasang. Lihat bagaimana ia berusaha menyusun kembali kepingan puzzle tersebut dengan caranya sendiri.

Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Memiliki Daya Ingat yang Kuat - Kidsandcompany.com

Memiliki Daya Ingat yang Kuat – Kidsandcompany.com

Kuatnya daya ingat si kecil juga menjadi ciri jika ia termasuk anak yang cerdas. Kuatnya daya ingat si kecil terlihat pada saat usianya mulai memasuki 3 tahun, dan ia masih bisa mengingat dengan jelas semua kejadian yang pernah dialaminya ketika masih berumur 1 tahun. Bunda juga bisa menstimulus daya ingat si kecil lewat lagu. Putarkan sebuah lagu anak kesukaan si kecil. Coba ulangi keesokan harinya, jika si kecil masih ingat, berarti ia termasuk anak yang cerdas.

Memiliki Keberanian dan Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Memiliki Keberanian yang Tinggi - Pregnancy View

Memiliki Keberanian yang Tinggi – Pregnancy View

Ciri anak cerdas terakhir adalah si kecil memiliki rasa percaya diri dan keberanian yang tinggi. Berani di sini bukan berani kepada Ayah dan Bunda ya, melainkan berani mencoba dan melakukan hal-hal baru. Dengan didukung dengan percaya diri yang besar, si kecil akan tampak lebih menonjol dari teman-teman sebayanya saat belajar maupun bermain. Ia pun bisa mengutarakan isi hati dan pikirannya dengan jelas dan tanpa rasa takut, serta tidak akan merasa minder terhadap segala kekurangan yang dimilikinya.

Biasanya, anak yang cerdas cenderung memiliki bakat khusus yang tidak dimiliki oleh anak-anak lain seusianya, misalnya kemampuan berbicara yang telah fasih dan memiliki cara berpikir selangkah lebih maju. Apakah si kecil memiliki salah satu dari kelima ciri anak cerdas di atas, Bunda? Yuk cari tahu sekarang juga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ketika Anak Bertanya tentang Tuhan. Ini Dia yang Harus Anda lakukan!Inilah 4 Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Mengaji pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!