Bunda, Jangan Salah Memilih Sepatu untuk Anak

24 January 2018

Berada di bawah tapi mempunyai peranan yang sangat penting, apakah itu? Ya, dia adalah sepatu. Walaupun berada di bawah, sepatu memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai pelindung kaki kita. Apalagi untuk anak yang saat ini sedang sangat aktif. Sepatu sangat penting untuk melindungi kaki anak saat sedang beraktivitas dan bermain di luar. Untuk itu, Bunda harus cermat dalam memilih sepatu untuk anak.

Pemilihan sepatu yang tidak tepat akan membuat kaki anak kesulitan untuk bergerak. Selain itu, yang harus diingat adalah anak sedang dalam masa pertumbuhan. Jika Bunda tidak tepat memilih sepatu untuk anak akan membuat kakinya berkembang tidak sempurna. Nah, apa saja yang harus Bunda perhatikan agar tidak salah memilih sepatu untuk anak? Simak beberapa tips berikut ini.

Sesuaikan dengan Usianya

Bunda, Jangan Salah Memilih Sepatu untuk Anak

3.bp.blogspot.com

Seperti yang Bunda tahu, anak sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini pun akan berpengaruh terhadap ukuran kakinya. Dalam masa pertumbuhan ini, ukuran kaki anak akan selalu berubah setiap 6-8 bulan sekali. Hal ini akan terus berlangsung hingga anak berusia 10 tahun. Untuk usia anak yang baru merangkak, pastikan Bunda memilihkan sepatu dengan sol yang lentur dan kuat, terutama pada bagian ujung kakinya agar anak bisa bebas merangkak. Sedangkan untuk anak yang sedang belajar jalan, Bunda bisa memilihkan sepatu  yang lebih rata dan kokoh. Hal ini bisa berfungsi sebagai penyeimbang tubuhnya. Nah, untuk anak usia di atas satu tahun, sebaiknya Bunda memilih sepatu untuk anak dengan sol yang ringan dan flesksibel agar anak bebas beraktivitas.

Sesuaikan dengan Ukuran Kaki Anak

Memilih Sepatu untuk Anak

ae01.alicdn.com

Saat memilih sepatu untuk anak, pastikan Bunda menyesuaikan dengan ukuran kaki anak. Jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Sepatu yang kebesaran, hanya akan membuat anak mudah terjatuh dan tersandung karena sepatunya yang longgar. Namun, jika kekecilan akan menghambat pertumbuhan kakinya yang pesat dan parahnya bisa berakibat kelainan pada kaki, lutut, ataupun tulang belakangnya. Jadi, saat memilih sepatu untuk anak, pastikan jari-jari kakinya tidak melengkung ke bawah – ini merupakan indikator bahwa sepatunya kekecilan.

 Pilih Sepatu dengan Sol Tidak Licin

Memilih Sepatu untuk Anak

ae01.alicdn.com

Anak dalam masa pertumbuhan pasti sedang sangat senang berlarian dan beraktivitas di luar. Jadi, pastikan Bunda memilihkan sepatu untuk anak dengan sol yang tidak licin. Bunda bisa memilih sepatu dengan sol karet karena lebih lentur, fleksibel dan tidak licin. Hal ini untuk mengurangi risiko anak terjatuh saat jalanan licin ataupun saat anak tidak mampu “mengerem” ketika ia sedang berlarian.

Jangan Pilih Sepatu dengan Tali

Memilih Sepatu untuk Anak

images.esellerpro.com

Saat memilih sepatu untuk anak, Bunda harus mempertimbangkan bahwa anak juga akan belajar memakai sepatu sendiri. Jadi, pastikan Bunda memilih sepatu dengan model yang simpel namun tidak mudah lepas, ya. Selain itu, pastikan Bunda tidak memilih sepatu dengan tali. Hal ini akan membuat khawatir jika anak terjatuh karena tersandung tali sepatu.

Jangan Pilih Sepatu yang Banyak Aksesori

Memilih Sepatu untuk Anak

3.bp.blogspot.com

Dalam masa pertumbuhan, anak akan senang sekali berlarian dan beraktivitas di luar ruangan. Jadi, pastikan Bunda memilihkan sepatu dengan model yang simpel dan tidak banyak aksesori. Hal ini agar Bunda tidak perlu khawatir jika aksesorisnya lepas dan hilang saat anak bermain. Sayang ‘kan jika sepatunya tidak manis atau lucu lagi jika aksesorinya hilang?

Nah, itu tadi beberapa tips memilih sepatu untuk anak agar Bunda tidak salah memilih sepatu untuk anak. Selamat berburu sepatu!

 

Leave a reply
Bunda, Ajarkan Anak Arti KegagalanPerhatikan Hal Ini Jika Si Kecil Kecanduan Gadget

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!