Agar Anak Tumbuh Tinggi Maksimal, Yuk Biasakan Anak Konsumsi 5 Makanan Ini!

16 July 2019

Sebagai orangtua, tentunya Anda menginginkan agar anak tumbuh tinggi dan sehat, salah satunya adalah dengan tinggi badan yang optimal sesuai anak seusianya. Tak ayal pula, tinggi badan anak merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik karena artinya anak telah diberi cukup nutrisi oleh orangtuanya.

Menurut para ahli, tinggi badan anak pada umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun untuk mengoptimalkan tinggi badannya tentu juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang berasal dari makanan bergizi yang kaya akan kandungan protein dan kalsium. Tak hanya itu, makanan yang mengandung mineral seperti potasium dan mangan juga merupakan jenis makanan yang baik agar anak tumbuh tinggi.

Jenis makanan-makanan untuk membuat pertumbuhan anak optimal sebetulnya tidak sulit dicari sehingga Anda bisa memberikannya setiap hari. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi untuk menambah tinggi badan anak:

1. Telur

Agar Anak Tumbuh Tinggi Maksimal

pixabay.com

Anda pasti mengetahui bahwa telur mengandung protein tinggi dan vitamin B12 yang dapat menstimulasi agar anak tumbuh tinggi secara optimal. Bila dibandingkan dengan makanan lain, telur merupakan makanan yang mudah didapat dan dapat dikreasikan menjadi menu apapun, mulai dari telur dadar, rebus, sebagai isian roti, maupun dijadikan omellete.

2. Susu

Agar Anak Tumbuh Tinggi Maksimal

pixabay.com

Dikenal sebagai minuman yang mengandung kalsium, susu juga kaya akan vitamin lainnya seperti vitamin D dan vitamin A yang baik untuk pertumbuhan anak. Kandungan kalsium dalam segelas susu mencapai 270 mg dan mempunyai peran penting untuk pembentukan tulang serta memperbaiki sel tulang yang rusak.

3. Sayur-sayuran

Agar Anak Tumbuh Tinggi Maksimal

pixabay.com

Selain untuk membantu agar anak tumbuh tinggi optimal, sayur-sayuran merupakan asupan nutrisi yang paling untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sayur-sayuran merupakan sumber vitamin, serat, kalium dan folat.

Bila ingin berfokus untuk pertumbuhan tulang agar anak tumbuh tinggi, maka perbanyaklah makan sayur yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, kacang polong, bayam, kubis, brokoli, labu, ubi jalar, dan lain-lainnya.

Jika anak enggan atau bosan mengonsumsi sayur, maka Anda bisa mengolahnya menjadi salad sayur, smoothies, atau pasta sayur yang dapat membangkitkan kembali selera si kecil.

4. Kacang-kacangan

Agar Anak Tumbuh Tinggi Maksimal

pixabay.com

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan yang tinggi protein, lho. Tak hanya protein, tetapi juga kaya akan nutrisi lainnya yang sangat berguna untuk memperbaiki dan membangun kepadatan sel tulang.

Anda dapat memilih kacang kedelai yang sangat baik untuk menunjang tinggi badan anak. Sebab kacang kedelai mengandung protein, folat, vitamin dan fiber. Selain itu, kacang tanah dan almond juga memiliki mineral penting dan asam amino untuk mempengaruhi tinggi badan anak.

5. Ikan

Agar Anak Tumbuh Tinggi Maksimal

pixabay.com

Ikan merupakan makanan yang sangat dianjurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Bukan tanpa alasan digalakkannya program makan ikan ini, tetapi karena ikan kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan dan nutrisi tubuh.

Untuk hasil yang optimal, ada dua jenis ikan yang sangat kaya akan vitamin D dan protein yaitu ikan salmon dan tuna. Vitamin D sangat penting untuk perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Selain itu, bila tubuh mendapatkan cukup asupan vitamin D, maka akan membantu penyerapan kalsium dengan baik agar anak tumbuh tinggi maksimal.

Nah, itulah beberapa jenis makanan agar anak tumbuh tinggi maksimal. Yang terpenting adalah Anda harus konsisten untuk memberikan makanan yang kaya akan gizi untuk dikonsumsi anak secara teratur. Selain itu, biasakan anak untuk aktif dan melakukan berbagai aktivitas fisik untuk membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuhnya agar anak tumbuh tinggi dengan baik.

Leave a reply
5 Benda Ini Sering Menjadi Penyebab Anak Mengalami Kecelakaan, Yuk Cegah Sebelum Terlambat!Mengajak Si Kecil Ingin Makan di Luar? Ini Dia 5 Tips Mengajak Anak Makan di Restoran Agar Tidak Rewel dan Merasa Nyaman

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!