Berakhir Pekan di Rumah? Ini 5 Kegiatan Indoor Bersama Si Kecil yang Bisa Dilakukan

19 July 2019

Bagi masyarakat perkotaan, liburan akhir pekan kerap dihabiskan dengan berlibur ke luar kota atau mengunjungi tempat wisata yang mudah di jangkau. Namun bila cuaca sedang hujan atau Anda sedang enggan bepergian, masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Berikut 5 kegiatan indoor bersama si kecil yang bisa dilakukan di rumah.

Membaca

Kegiatan Indoor Bersama Si Kecil

pixabay.com

Banyak manfaat yang bisa anak peroleh dari membaca. Selain membantu mempelajari kosa kata baru, membaca juga dapat melatih konsentrasi dan memperkuat sisi kreativitas serta imajinasi anak.

Siapkanlah buku yang menarik sesuai dengan tema yang si kecil sukai. Lebih baik pilih buku-buku bergambar agar mereka semakin tertarik. Anda juga bisa membeli buku berjenis pop up, yang menampilkan gambar ilustrasi yang lebih hidup. Agar kegiatan indoor bersama si kecil kian seru, membacalah dengan suara keras. Ajaklah semua anggota keluarga untuk bergabung untuk memotivasi anak Anda menyelesaikan bacaannya.

Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan Indoor Bersama Si Kecil

pixabay.com

Membuat kerajinan tangan merupakan salah satu kegiatan indoor bersama si kecil yang wajib dilakukan. Kalian dapat memulai dengan hal yang paling sederhana yakni membuat kartu ucapan. Dengan menggunakan bahan-bahan seperti krayon, spidol, stiker dan kertas, Anda bisa mengajarkan si kecil membuat kartu buatan sendiri untuk ucapan ulang tahun, kenaikan kelas atau acara penting lainnya.

Selain kartu ucapan, Anda juga bisa mengajak anak membuat mainan dari barang-barang bekas yang ada di rumah. Contohnya, akuarium dari kardus, mobil-mobilan dari botol plastik serta robot dari tutup botol bekas. Pastikan semua bahan sudah ada saat hendak digunakan.

Memasak

Kegiatan Indoor Bersama Si Kecil

pixabay.com

Meski terlihat sederhana, memasak ternyata mengajarkan banyak hal kepada si kecil. Mulai dari kemampuannya mengasah panca indera, ketrampilan tangan hingga kebersihan. Banyak resep sederhana yang bisa Anda coba dalam kegiataan indoor bersama si kecil. Misalnya membuat pancake, burger mini dan mie goreng. Anda juga bisa membuat camilan sehat seperti puding buah serta nugget sayur.

Harus diingat saat memasak nanti, pastikan Anda mengutamakan segi keamanan si kecil. Lebih baik siapkan semua bahan masakan terlebih dulu, agar meminimalkan kontak anak dengan pisau atau benda tajam lainnya.

Buat Percobaan Sederhana

Kegiatan Indoor Bersama Si Kecil

pixabay.com

Percobaan ilmiah tak melulu harus dilakukan di dalam laboratorium yang memiliki peralatan lengkap. Dengan sedikit kreativitas, para orang tua bisa menunjukan percobaan menarik di rumah. Buatlah percobaan yang aman serta dengan bahan-bahan yang sudah tersedia.

Misalnya, Anda bisa menunjukan proses terjadinya gunung berapi yang meletus. Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain; soda kue, cuka, play doh serta pewarna makanan. Play doh merupakan bahan dasar untuk membuat gunung, sementara soda kue dan pewarna akan menjadi isi gunung. Tambahan cuka nantinya akan membuat reaksi kimia sehingga tampil reaksi seperti gunung meletus.

Banyak percobaan lain yang bisa menjadi kegiatan indoor bersama si kecil. Lakukan riset baik di buku maupun di internet. Pastikan pula proses percobaan serta bahan-bahan yang digunakan aman bagi keselamatan si kecil.

Marathon Film

Kegiatan Indoor Bersama Si Kecil

pixabay.com

Menonton film bersama merupakan salah satu kegiatan seru yang sayang bola dilewatkan. Pilihlah film yang sesuai dengan umur si kecil serta memiliki nilai edukatif. Buat suasana nonton bersama semakin menarik dengan menata ruang nonton layaknya bioskop.

Arahkan anak untuk berpura-pura menjadi petugas penjual tiket di bioskop, dimana setiap anggota keluarga yang ingin menyaksikan film harus membayar sejumlah uang. Tentu ini akan membuat si kecil semakin bersemangat. Jangan lupa sediakan camilan favorit seperti milk shake atau pop corn.

Menghabiskan kegiatan indoor bersama si kecil di rumah ternyata bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bahkan bisa mengajak teman-temannya atau kerabat agar suasana liburan anak semakin meriah.

Leave a reply
Anak Sulit Patuh? Lakukan 6 Tips Menegur Balita IniAnak Rentan Terkena Flu Perut, Begini Cara Mengatasinya di Rumah

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!