Tips Ampuh Mengatasi Anak Rewel saat Bangun Pagi

16 April 2017

Anak rewel saat bangun pagi kerap menjadi permasalahan rutin yang dihadapi para orang tua. Masalah ini pun kerap muncul ketika mereka sudah memasuki usia sekolah, baik playgroup, TK, ataupun SD. Hal ini tentu saja tidak boleh didiamkan, terutama karena bisa berdampak kepada aktivitas rutin si kecil berikutnya dan orang tua.

Untuk itu, Anda harus memiliki trik khusus dalam mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak rewel saat bangun pagi, di antaranya adalah:

1. Biasakan anak untuk tidur lebih awal

Source - pixabay.com

Source – pixabay.com

 

Ada beragam alasan yang menyebabkan anak rewel saat bangun pagi. Salah satunya adalah, karena durasi tidur yang kurang. Hasilnya, mereka pun bangun dalam kondisi yang lelah. Hal ini pun menjadi penyebab mereka malas bangun dan rewel di pagi hari.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membiasakan anak tidur lebih awal. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar anak memperoleh waktu istirahat yang cukup. Dengan begitu, mereka pun akan bangun di pagi hari dengan tubuh yang bugar.  

Anak usia 1-3 tahun butuh waktu istirahat total selama 12-14 jam. Anda bisa mengatur si kecil untuk tidur siang selama 2-3 jam, dan beristirahat malam sekitar 11 jam.  Sementara itu, anak usia 4-6 tahun perlu waktu tidur selama 11-13 jam, bisa terbagi menjadi tidur siang selama 2 jam dan 10-11 jam tidur di malam hari.

2. Pastikan anak tidur dalam kondisi yang nyaman

 

Source - pixabay

Source – pixabay

Istirahat bukan hanya berkaitan dengan kuantitas, tapi juga kualitas. Tidur yang kurang lelap juga bisa menjadi penyebab anak rewel saat bangun pagi. Oleh karena itu, Anda harus memastikan si kecil bisa tidur dengan lelap di malam hari. Mulai dari menyiapkan bantal dan kasur yang empuk, pendingin ruangan, serta kebersihan ruangan yang terjaga.

3. Berikan sugesti kegiatan pagi hari kepada anak

 

Source - pixabay

Source – pixabay

Sebelum tidur, Anda juga bisa memberikan sugesti agar si kecil bangun pagi. Pemberian sugesti ini akan memicu alam bawah sadar anak untuk bangun pagi. Dengan melakukan hal ini secara rutin, anak pun akan mulai membiasakan diri untuk bangun pagi. Saat sudah terbiasa, masalah berupa anak rewel saat bangun pagi akan teratasi.

4. Bangunkan anak dengan cara yang halus

 

Source - pixabay

Source – pixabay

Jangan pernah memaksa anak untuk bangun dengan cara yang kasar. Hal ini malah membuat suasana hati anak terganggu. Alhasil, anak rewel saat bangun pagi. Sebagai gantinya, ada beragam cara halus yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menghilangkan faktor yang membuat anak tidur dengan nyaman.

Misalnya, Anda bisa saja menyalakan lampu kamar. Selain itu, bisa pula memilih untuk mematikan kipas angin atau AC di dalam ruangan. Kalau mau, Anda juga dapat membuka jendela. Dengan kondisi seperti itu, mau tidak mau anak pun akan beranjak dari tempat tidur dengan tanpa paksaan.

5. Jelaskan konsekuensi yang bakal mereka terima

 

Source - pixabay

Source – pixabay

Anda juga bisa mengajarkan konsekuensi dari setiap sikap yang dilakukan kepada si kecil. Dalam hal ini, ketika mereka terlambat bangun, Anda harus bisa menjelaskan beberapa konsekuensi yang harus mereka hadapi.

Misalnya, terlambat datang ke sekolah, tidak punya waktu berolahraga bersama ayah sebelum berangkat kerja, dan lain-lain. Dengan begitu, mereka pun akan berusaha untuk bangun tepat waktu sehingga berkesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas favorit sebelum berangkat ke sekolah.

Bangun pagi merupakan kebiasaan yang positif. Selain bisa merasakan udara yang lebih segar, bangun pagi juga menjadi salah satu cara yang bagus dalam mengawali hari. Kalau hal ini sudah dibiasakan sejak kecil, anak pun akan terus melakukannya hingga dewasa.

 

Leave a reply
5 Manfaat Metode Montessori untuk Pendidikan Anak Usia DiniAnak Sering Menangis dan Mengamuk? Ini Cara Mengatasinya!
All comments (1)
  • […] Anda bisa membiasakan anak untuk bangun dengan sendirinya. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menyalakan lampu kamar, membuka pintu serta jendela 10 menit sebelum bangun. […] Read More[…] Anda bisa membiasakan anak untuk bangun dengan sendirinya. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menyalakan lampu kamar, membuka pintu serta jendela 10 menit sebelum bangun. Hal ini dipercaya cukup efektif untuk membangunkan anak secara alami. Hindari membangunkannya dengan gaduh karena akan mempengaruhi psikologi anak yang membuat merekarewel saat bangun. […] Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!