5 Manfaat Metode Montessori untuk Pendidikan Anak Usia Dini

15 April 2017

Metode montessori merupakan metode pembelajaran yang dibuat berdasarkan teori perkembangan dari dr. Maria Montessori. Maria Montessori merupakan seorang pendidik yang mengenalkan metode pembelajaran ini di Italia, sekitar akhir abad 19 hingga awal abad 20.

Konsep dasar montessori adalah “follow the child.” Konsep tersebut meliputi pembelajaran yang disesuaikan dengan bakat dan minat anak. Anak tidak akan mempelajari materi yang menyamaratakan kemampuannya dengan anak lain. Jika mereka memiliki bakat dan minat pada kesenian, maka pembelajaran yang diterima berkaitan dengan kesenian pula.

Konsep “follow the child” pada montessori bertujuan untuk memaksimalkan potensi anak pada bidang yang digemarinya. Hal ini tentu berbeda dengan konsep pembelajaran konvensional yang menuntut anak untuk memiliki kemampuan di segala bidang. Padahal belum tentu anak tersebut berminat dan tertarik.

Jika anak tidak tertarik, hal tersebut tentu berakibat pada kemampuan akademisnya. Anak akan dinilai dan diberi cap pemalas, tidak pintar, atau bahkan bodoh. Padahal kesalahan bukan pada anak, tetapi pada sistem yang menuntut mereka untuk mampu dalam segala hal walaupun belum tentu bakat mereka ada pada hal-hal tersebut.

Inilah yang membuat sistem pembelajaran konvensional dinilai tidak efisien dan efektif. Selain mampu memaksimalkan potensi anak, metode montessori juga memiliki beberapa manfaat bagi pendidikan mereka. Berikut ini merupakan 5 manfaat metode montessori untuk anak usia dini,

  1. Anak menjadi lebih mandiri
anak mandi - pixabay.com

anak mandi – pixabay.com

Anak usia dini yang dididik dengan metode montessori akan tumbuh menjadi pribadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Hal ini karena pada kurikulum montessori terdapat satu poin yang diberi nama metode practical life.

Pada metode ini, anak usia dini dilatih untuk menyelesaikan tugas sehari-hari tanpa bantuan orang dewasa. Materi dalam metode practical life mencakup: berlatih mengikat tali sepatu, menyiapkan makan dan minum, hingga mandi sendiri tanpa dibantu orang tua.

  1. Mampu mengasah kemampuan motorik
Menulis - piaxabay.com

Menulis – piaxabay.com

Pada anak usia dini, terutama mereka yang berumur 4 tahun. Metode montessori yang diberikan bertujuan untuk mempertajam dan melatih saraf motorik , baik itu motorik halus maupun kasar.

Hal inilah yang membuat anak-anak montessori memiliki kemampuan motorik yang baik dibanding dengan mereka yang dididik dengan metode pembelajaran konvensional

  1. Anak menjadi lebih kritis
Anak Berpotret - pixabay.com

Anak Berpotret – pixabay.com

Materi-materi yang diberikan pada metode pembelajaran montessori membuat anak terbiasa mencari solusi dari masalah yang timbul. Meskipun masalah tersebut berupa permainan sederhana, tetapi hal tersebut mampu melatih jiwa kritis dalam diri mereka. Jalan pikiran anak-anak montessori pun menjadi lebih terbuka dibanding dengan anak seusianya.

  1. Anak menjadi lebih kreatif
Anak Kreatif - pixabay.com

Anak Kreatif – pixabay.com

Metode montessori memang dikenal lebih bebas dan terbuka daripada metode pendidikan konvensional. Materi-materi pada metode montessori diciptakan agar anak mampu memiliki kreativitas. Hal ini juga didukung orang tua montessori  yang tidak terlalu membatasi ruang gerak anak saat belajar dan bermain.

Meskipun bebas, metode montessori menuntut orang tua untuk selalu mendampingi anak agar kebebasan mereka terarah. Anak-anak yang dibiarkan memiliki ruang gerak dan imajinasi tidak terbatas akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif dalam segala hal, termasuk soal menghadapi kehidupan ketika mereka dewasa nanti.

  1. Anak mampu bersosialisasi dengan baik
Berkumpul - pixabay.com

Berkumpul – pixabay.com

Kecerdasan seorang anak tidak selalu dinilai dari kemampuan akademisnya saja, tetapi juga cara mereka bersosialisasi. Anak-anak yang dididik menggunakan metode montessori, biasanya lebih cepat berbaur dengan lingkungan sekitar, pandai bekerja sama, dan memiliki sikap toleransi yang tinggi.

Nah, itulah beberapa manfaat metode montessori untuk pendidikan anak usia dini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan mampu menginspirasi Anda untuk mendidik anak dengan metode montessori.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak Usia DiniTips Ampuh Mengatasi Anak Rewel saat Bangun Pagi

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!