7 Manfaat Mengenali Gaya Belajar Si Kecil

30 September 2018

Tahukah Anda bahwa mengenali gaya belajar si kecil sangatlah penting? Mengapa? Karena gaya belajar dapat memudahkan anak menyerap pelajaran. Singkatnya, ada hubungan yang erat antara gaya belajar dengan nilai akademik.

Anda tak perlu cemas jika gaya belajar anak berbeda dari anak pada kebanyakan. Kenyataannya, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan anak di masa depan hanya dengan mengetahui gaya belajar si kecil. Mengingat betapa pentingnya hal ini, mulailah mencari tahu gaya belajar yang tepat untuk buah hati Anda. Lantas apa saja manfaat mengenali gaya belajar si kecil?

Menghindari Salah Paham

gaya belajar si kecil

fiqhcewek.blogspot.com

 

Tak sedikit orang tua yang salah sangka terhadap anaknya sendiri. Anak yang malas belajar bukan berarti tidak bertanggung jawab ataupun bodoh. Bisa jadi, gaya pembelajaran yang diterima si kecil tidak sesuai. Misalnya, anak yang memiliki ingatan bagus mengenai warna, bacaan, dan gambar lebih tepat menggunakan gaya belajar visual.

Memudahkan Stimulus

gaya belajar si kecil

emakpintar.org

 

Dengan mengikuti gaya belajar si kecil, Anda akan lebih mudah memberikan stimulus. Sebagai contoh, jika anak lebih nyaman menghafal sembari bermain atau berjalan-jalan, artinya gaya belajar si kecil adalah kinestesis. Anda bisa mengajaknya melakukan eksperimen bersama atau bermain menggunakan objek nyata. Cara ini sangat efektif untuk membantu si kecil mengingat pelajaran.

Memudahkan Inovasi

gaya belajar si kecil

bebeclub.co.id

 

Mengenali gaya belajar anak akan membantu Anda menemukan inovasi yang tepat. Tujuannya agar anak lebih semangat belajardan mengembangkan kemampuannya.Jika anak Anda termasuk malas mencatat pelajaran, Anda bisa mengajaknya berdiskusi di ruang terbuka. Bisa juga dengan membacakan pelajaran layaknya tengah membaca sebuah cerita.

Mendorong Anak Lebih Bertanggung Jawab

Gaya Belajar Si Kecil

bebeclub.co.id

 

Disadari atau tidak, dengan memberikan kebebasan pada anak untuk memilih gaya belajarnya sendiri, Anda telah membantu si kecil untuk berkembang. Anak akan merasa dipercaya. Secara otomatis, anak lebih bertanggung jawab terhadap pilihannya. Tanpa diperintah pun, anak akan menjalankan kewajibannya, seperti mengerjakan tugasnya tepat waktu.

Berbeda jika Anda memaksa anak mengikuti gaya belajar orang lain. Anak akan kesulitan dalam memahami pelajaran. Alhasil, anak pun menjadi malas belajar. Jika dibiarkan, anak akan tertinggal pelajaran dan terancam tinggal kelas.

Membantu Anak Lebih Fokus

Gaya Belajar Si Kecil

jurnalkeluarga.com

 

Mengenali gaya belajar anak sama artinya dengan menemukan keinginannya. Anda akan berusaha maksimal untuk membuat anak nyaman, melakukan segala inovasi untuk memaksimalkan potensi yang dimilikinya, dan memberikan arahan yang tepat. Dampaknya, anak akan lebih fokus terhadap tugasnya sebagai pelajar. Dengan begitu, kesempatan untuk meraih prestasi akademik pun semakin terbuka lebar.

Membantu Anak Meraih Hasil Optimal

Gaya Belajar Si Kecil

dyslexiaida.org

 

Sebagai orang tua tentu Anda berharap si kecil tumbuh sehat dan pintar. Cara terbaik untuk membantu anak meraih prestasi adalah dengan mengenali gaya belajarnya. Gaya belajar yang tepat dapat memaksimalkan proses pembelajaran, yaituanak lebih mudah memahami dan menyerap pelajaran.

Waktu Belajar Lebih Efektif

Gaya Belajar Si Kecil

pbs.org

 

Disadari atau tidak, salah menerapkan gaya belajar anak tidak hanya membuat anak cepat bosan atau malas belajar, tetapi juga membuang-buang waktu. Waktu yang seharusnya digunakan untuk memaksimalkan potensinya, terbuang percuma.

Bandingkan, jika Anda mengenali gaya belajar si kecil. Selain waktu belajar akan jauh lebih efektif, si kecil pun akan lebih fokus. Ia akan bersemangat bahkan tak mengeluh ketika diminta mengulang pelajaran sebelumnya.

Nah, ternyata banyak sekali ya manfaat mengenali gaya belajar si kecil. Apa pun gaya belajar anak, baik visual, auditori, global, analitik, maupun kinestesis, Anda wajib memberikan dukungan maksimal. Dengan begitu anak akan tumbuh dengan baik dan sukses di masa depan.

Leave a reply
6 Kiat Sukses Mengajarkan Anak Bersepeda Roda Dua8 Manfaat Membiasakan Si Kecil Menolong Melakukan Tugas Rumah

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!