6 Kiat Sukses Mengajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

29 September 2018

Mengajarkan anak bersepeda roda dua merupakan salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat dalam melatih keseimbangan dan koordinasi seluruh anggota tubuh. Namun, jika anak Anda belum bisa bersepeda roda dua, Anda bisa mengajarkannya cara bersepeda dua dengan baik dan benar. Jika Anda turun langsung mengajari anak, dia akan merasa aman dan terlindungi oleh pengawasan Anda. Anak juga akan lebih berani untuk belajar bersepeda. Bagaimana mengajarkan anak bersepeda dengan sukses? Yuk, simak 6 kiat sukses mengajarkan anak bersepeda roda dua!

Menggunakan Alat Pelindung

Mengajarkan Anak Bersepeda

blibli.com

 

Salah satu kiat sukses untuk mengajarkan anak bersepeda adalah dengan menggunakan alat pelindung. Keselamatan merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika anak Anda baru belajar bersepeda roda dua, sangat disarankan untuk menggunakan alat-alat pelindung, seperti helm, pelindung tangan, siku, dan lutut. Pilihlah alat pelindung yang sesuai dengan ukuran badan anak Anda. Anda juga harus memastikan rem sepedanya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Keamanan dan keselamatan sangatlah penting untuk menghindarkan anak Anda dari cedera dan luka. Setelah semua alat keselamatan tersedia, Anda bisa melatih anak Anda bersepeda roda dua.

Memilih Sepeda yang Tepat

Mengajarkan Anak Bersepeda

marries.co.id

 

Kiat mengajarkan anak bersepeda selanjutnya adalah dengan memilih sepeda roda dua yang tepat. Pilihlah sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuh anak Anda. Kaki si kecil harus mampu menggapai tanah dan menopang sepeda. Untuk itu, disarankan untuk memilih sepeda dengan ukuran roda 14 sampai 16 inci. Ukuran tersebut cocok untuk anak berumur 3 sampai 6 tahun.

Mengendarai Sepeda dengan Perlahan

Mengajarkan Anak Bersepeda

sepeda.biz

 

Ketika pertama kali belajar bersepeda, anak pasti akan ketakutan. Oleh karena itu, mulailah mengajarkan anak bersepeda dengan perlahan. Pegangi sepedanya sampai si kecil sudah mampu menyeimbangkan badannya saat di atas sepeda. Setelah seimbang, Anda bisa menyuruh si kecil untuk menaruh kakinya di pedal. Perlahan, instruksikan anak mengayuhnya. Jangan lepaskan sepedanya ketika si kecil sedang belajar kegunaan pedal dan mempraktikkannya.

Mencari Tempat yang Luas

Mengajarkan Anak Bersepeda

sepeda.biz

 

Kiat mengajar anak bersepeda selanjutnya adalah ajak anak Anda untuk berlatih bersepeda ke tempat yang luas dan rata. Tempat yang luas dan rata memungkinkan ruang gerak si kecil untuk mempraktikkan cara mengayuh lebih efektif. Anda bisa memilih tempat di lapangan sekolah, taman dekat rumah, atau tanah dengan rerumputan. Jangan lupa sesuaikan tempat duduk sepeda si kecil agar kedua kakinya bisa mencapai tanah.

Melepas Tangan Anda Perlahan

Mengajarkan Anak Bersepeda

bp-guide.id

 

Setelah si kecil mengetahui fungsi pedal dan tahu cara mengayuh pedalnya, Anda bisa meminta si kecil untuk menjalankan sepeda roda duanya. Pegang tempat duduk sepeda untuk menjaga keseimbangan tubuh si kecil. Setelah si kecil siap mengayuh, Anda bisa mulai perlahan melepaskan pegangan sepedanya. Ikuti si kecil dari jarak dekat. Hal ini berguna agar Anda bisa memegang sepedanya ketika si kecil kehilangan keseimbangan. Frekuensi latihan yang sering akan membantunya mengenal langkah-langkah yang harus dilakukan saat bersepeda roda dua. Jangan lupa, dorongan semangat dari Anda juga diperlukan.

Mengajari Mengerem

Mengajarkan Anak Bersepeda

veloed.ru

 

Mengajarkan anak bersepeda roda dua tidak akan lengkap tanpa belajar mengerem. Ajari si kecil kegunaan rem. Jelaskan dengan sederhana bahwa rem berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan gerak sepeda. Minta anak Anda untuk mempraktikkan cara mengerem. Anda bisa membantunya menekan rem dengan perlahan. Jelaskan juga tentang bahaya mengerem terlalu kuat.

Sekarang Anda bisa menerapkan kiat-kiat sukses di atas untuk mengajarkan anak bersepeda. Jangan lupa, Anda juga perlu bersabar mengajarinya. Anak Anda akan bisa bersepeda dengan cepat. Semoga berhasil

Leave a reply
Yuk, Dekorasi Kamar Anak dengan 4 Tema ini7 Manfaat Mengenali Gaya Belajar Si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!