5 Aktivitas Fisik yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembang Anak

9 March 2018

Aktivitas fisik memiliki manfaat penting bagi anak usia prasekolah. Peran aktivitas jasmani menjadi fondasi bagi kesehatan tubuh, sehingga menjadikan aspek lain tumbuh dan berkembang secara menyeluruh baik dari segi fisik, psikis, maupun emosional anak. Aktivitas fisik yang tepat akan mendorong tumbuh kembang anak secara maksimal, tetapi bukan berarti anak harus dipaksa melakukan olahraga setiap hari seperti pada orang dewasa.

Kegiatan bermain lompat tali dengan temannya atau menari mengikuti alunan musik pun dapat dikategorikan latihan jasmani bagi seorang anak. Berikut beberapa aktivitas fisik yang menyenangkan serta baik bagi tumbuh kembang anak.

Berenang

Berenang-img.okezone.com

Berenang-img.okezone.com

Bagi anak-anak yang gemar bermain air, berenang merupakan aktivitas fisik yang cocok untuk dilakukan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak yang rajin berenang akan memiliki tinggi badan yang lebih optimal dibandingkan dengan anak yang tidak melakukannya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda mendampingi buah hati berenang. Pastikan anak melakukan pemanasan yang cukup agar anak tidak menderita kram saat berenang. Selanjutnya, terus dampingi dan awasi anak Anda saat berenang.

Manfaat berenang  yang lain, di antaranya membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, memperkuat otot tubuh, melatih pernapasan dan stamina. Berenang juga dapat digunakan sebagai terapi sakit asma pada anak, karena gerakan yang dilakukan saat berenang secara otomatis juga membuka ruang pernapasan menjadi lebih lancar.

Senam

Senam-4.bp.blogspot.com

Senam-4.bp.blogspot.com

Saat melakukan senam, seluruh anggota tubuh anak akan bergerak sehingga otot menjadi lebih relaks. Anak yang rutin melakukan senam tentu akan lebih aktif dalam menjalani kegiatan hariannya. Senam untuk anak tentu berbeda dengan orang dewasa, cukup ajak anak melakukan sedikit peregangan saat bangun tidur untuk melancarkan aliran darah dan melenturkan ototnya. Selain itu, senam bagi anak juga bermanfaat melatih kekuatan fisik, kesimbangan badan, serta menguatkan staminanya.

Bersepeda

Bersepeda-cdn.rockingmama.id

Bersepeda-cdn.rockingmama.id

Mengenalkan sepeda pada anak dapat dilakukan dengan memberinya sepeda roda tiga. Setelah mulai besar, Anda bisa mengajarkannya naik sepeda roda dua hingga anak bisa menaikinya sendiri. Mengenalkan anak sejak kecil pada sepeda bisa melatih ketangkasannya, melatih keseimbangan tubuh, memperkuat otot kaki, melatih koordinasi, serta dapat melatih kedisiplinan. Bersepeda bersama dengan keluarga juga bisa dijadikan sarana mempererat kebersamaan dan mengajarkan anak akan pentingnya mengurangi bahaya polusi. Namun, jangan lupa untuk selalu menggunakan perlengkapan keamanan saat bersepeda, seperti helm serta pelindung tangan dan kaki.

Menari

Menari-4.bp.blogspot.com

Menari-4.bp.blogspot.com

Menari merupakan aktivitas fisik yang baik dilakukan anak untuk melatih dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Selain itu, menari juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak, di antaranya menguatkan daya ingat anak, menumbuhkan percaya diri, melatih otot-otot, melatih kelenturan, meningkatkan kesehatan fisik, membuat anak mudah bersosialisasi, menempa kemampuan emosinya serta dapat memicu kreativitas anak.  Dengan beragam manfaat yang akan didapatkan, tidak ada salahnya mempertimbangkan kelas tari bagi si kecil untuk membantu tumbuh kembangnya. Namun, Anda tidak boleh memaksanya, cukup berikan pengertian bahwa menari merupakan aktivitas yang baik dan bermanfaat bagi si anak.

Bermain Bola

Bermain Bola-arahbola.org

Bermain Bola-arahbola.org

Meski permainan bola erat kaitannya dengan laki-laki, namun Anda tetap bisa memainkannya dengan anak perempuan. Permainan bola dapat dilakukan dengan cara meminta anak untuk menangkap, menendang atau melemparkan bola kepada Anda. Dengan melakukan aktivitas fisik ini berarti Anda sudah melatih ketangkasan dan keakuratan yang dimiliki anak. Kegiatan ini juga akan melatih ototnya serta kemampuan anak untuk berpikir tanggap dan cepat.

Tanamkan kesadaran akan pentingnya melakukan aktivitas fisik pada anak sejak dini agar anak terbiasa melakukannya. Selain itu, berikan makanan sehat dan bergizi untuk menjaga

Leave a reply
Si Kecil Takut Gelap? Ini SolusinyaIngin Gigi Anak Sehat? Yuk, Ajak Buah Hati Mengonsumsi Makanan Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!