6 Manfaat Metode Fonik dalam Mengajarkan Membaca Bahasa Inggris

27 December 2018

Mengajarkan membaca Bahasa Inggris kepada anak sejak dini sangatlah penting. Anak Anda akan mudah membaca dalam Bahasa Inggris dengan pengucapan yang benar asalkan menggunakan metode yang tepat. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan dalam mengajarkan membaca Bahasa Inggris adalah dengan menggunakan metode fonik. Berikut ini adalah 6 manfaat metode fonik dalam mengajarkan membaca Bahasa Inggris.

Mengenalkan nama-nama huruf dan bunyi

Manfaat Metode Fonik
Sergiosimka.com

Salah satu manfaat metode fonik dalam mengajar membaca Bahasa Inggris adalah metode ini dapat mengenalkan anak Anda pada alfabet dan berbagai bunyi. Bahasa Inggris memiliki 26 huruf alfabet, 21 bunyi vokal, dan 22 bunyi huruf konsonan. Anda bisa mengajarkan si kecil huruf alfabet dan berbagai jenis bunyi huruf dalam Bahasa Inggris. Setelah itu, Anda bisa meminta anak Anda untuk merangkai beberapa kombinasi huruf konsonan dan vokal untuk membentuk kosakata dalam Bahasa Inggris.

Mengenalkan kata dan kalimat secara langsung

Manfaat Metode Fonik
inlander.com

Manfaat metode fonik dalam proses mengajar Bahasa Inggris adalah mempermudah Anda untuk mengenalkan kata-kata dan kalimat secara langsung tanpa mengeja. Bunda bisa menggunakan metode ini dengan cara mengajarkan kata-kata atau kalimat-kalimat Bahasa Inggris secara keseluruhan, bukan per bunyi dari huruf. Anak Anda akan melihat berbagai kosakata di kartu, mendengarkan kosakata yang diucapkan, dan mengulangi pengucapan kosakata tersebut. Anak Anda akan mendapatkan pemahaman makna dari kosakata tersebut.

Memiliki kemampuan untuk memanipulasi kata

Manfaat Metode Fonik
TheConversation.com

Manfaat lainnya dari menggunakan metode fonik untuk mengajarkan membaca Bahasa Inggris adalah metode ini mempermudah anak Anda untuk mendengar dan memanipulasi bunyi dalam kata-kata yang diucapkan sehingga anak Anda akan lebih mudah membaca kata-kata Bahasa Inggris. Contohnya, Anda bisa menggantikan bunyi huruf c dari kata ‘cake’ menjadi bunyi huruf t dari kata ‘take’. Kedua kata tersebut memiliki bunyi akhir yang sama. Yang membedakannya adalah bunyi awal.

Menyesuaikan dengan kerja otak

Manfaat Metode Fonik
sopecreekes.com

Metode fonik ini cukup mudah dilakukan dan disesuaikan dengan kinerja otak anak Anda. Anda tidak akan merasakan kesulitan menggunakan metode ini. Dengan media berupa huruf dan gambar yang bisa dibeli atau dibuat sendiri, Anda bisa mengajarkan membaca Bahasa Inggris secara perlahan. Anda juga bisa membatasi pengajaran pada beberapa bunyi dan kata.

Mengucapkan kata dengan benar

Manfaat Metode Fonik
Understood.org

Kebanyakan penulisan kata Bahasa Inggris berbeda dengan cara pengucapannya. Manfaat metode fonik ini adalah anak Anda bisa merangkai pengucapan kosakata Bahasa Inggris dengan baik dan benar berdasarkan bunyi yang telah dipelajari. Jika Anda terus menggunakan metode fonik ini, anak Anda bisa merangkai bunyi-bunyi huruf sampai si kecil dapat membaca kalimat dalam Bahasa Inggris. Berikan latihan membaca berupa kata-kata pilihan atau kalimat sederhana untuk melatih mereka membunyikan kata-kata atau kalimat tersebut. Lakukan secara rutin sampai anak Anda membaca dengan lancar.

Menghafal huruf dan bunyi

Manfaat Metode Fonik
ruthmiskin.com

Dengan menggunakan metode fonik ini, anak Anda dapat menghapal huruf dan berbagai bunyi dalam Bahasa Inggris. Metode ini juga menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Anak Anda akan melihat bentuk dari bunyi dan huruf alfabet dalam bentuk flashcard sehingga si kecil akan mudah mengingatnya. Selain itu, Anda bisa mengajak si kecil melakukan permainan dalam Bahasa Inggrissehingga anak Anda tidak akan merasa bosan.

Itulah 6 manfaat metode fonik. Gunakan metode fonik ini secara teratur sampai anak Anda lancar membaca dalam Bahasa Inggris. Selamat mencoba!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Yuk, Cari Tahu Manfaat Belajar Menari Balet Sejak Dini!Mau Liburan Jauh? Baca dulu 10 Tips Agar Anak Nyaman di Pesawat

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!