Pilihan Permainan untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris

27 October 2017

Di era teknologi seperti sekarang, peran bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, statusnya sebagai lingua franca seolah menekankan pentingnya mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, bahkan sejak usia dini.

Dewasa ini, banyak institusi pendidikan yang menerapkan pendidikan bahasa Inggris untuk usia dini. Pembelajaran bahasa Inggris tentunya dapat memberikan beragam manfaat bagi anak-anak, terutama dalam menghadapi persaingan di masa mendatang. Bahkan, sekarang tersedia banyak aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang tersedia untuk ponsel pintar atau tablet.

Selain pendidikan di sekolah dan aplikasi pembelajaran, bahasa Inggris juga dapat diajarkan melalui permainan. Jika Anda ingin memperkenalkan dan mengajarkan bahasa Inggris kepada buah hati, berikut ini adalah beberapa permainan edukatif yang bisa Anda coba.

Scrabble

Scrabble - schoolscrabblela.files.wordpress.com

Scrabble – schoolscrabblela.files.wordpress.com

Scrabble merupakan salah satu permainan papan klasik yang membutuhkan strategi dan, tentunya, kemampuan bahasa Inggris. Cara bermainnya pun cukup sederhana. Setiap pemain mendapatkan tujuh keping huruf dan harus membuat satu kata dari beberapa atau semua keping tersebut. Kata tersebut kemudian ditempatkan di atas petak-petak papan dan harus bersambung dengan kata yang dibuat pemain sebelumnya.

Permainan multiplayer ini bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk mengembangkan kemampun bahasa Inggris si kecil. Ketika menempatkan kata di atas papan, Anda bisa menunjukkan kata tersebut kepada si kecil, mencontohkan pelafalannya, serta menjelaskan maknanya. Di sisi lain, si kecil pun didorong untuk mengingat kosakata bahasa Inggris dan menggunakannya.

Dixit

Dixit - cf.geekdo-images.com

Dixit – cf.geekdo-images.com

Dixit merupakan permainan kartu yang dirancang oleh Jean-Louis Roubira dan pertama kali diperkenalkan di tahun 2008. Permainan ini terdiri atas satu set kartu yang menampilkan ilustrasi yang unik dan imajinatif, seperti kucing yang sedang mendekap planet bumi, bocah yang menaiki ikan badut, dan lain-lain.

Berbeda dari permainan kartu lainnya, Dixit membutuhkan kemampuan bercerita dan imajinasi yang luas. Untuk memperkenalkan kosakata baru, Anda bisa menunjuk objek yang ditampilkan di kartu dan menyebutkan nama objek tersebut dalam bahasa Inggris. Anda dan si kecil bisa membuat cerita secara bergantian dari ilustrasi-ilustrasi pada kartu.

Selain memperkenalkan kosakata baru, permainan ini dapat mendorong si kecil untuk mau bercerita dalam bahasa Inggris sehingga kepercayaan dirinya berkembang. Ilustrasi yang atraktif dan penuh warna tentunya tidak akan membuat si kecil merasa jenuh untuk bermain.

Bingo

Bingo - is3.mzstatic.com

Bingo – is3.mzstatic.com

Permainan ini identik dengan kartu dan angka-angka yang tersusun dalam petak berukuran 5 x 5. Akan tetapi, Anda dapat memodifikasi kartu yang digunakan sehingga menjadi media untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris yang menyenangkan. Anda bisa mengganti angka dengan ilustrasi yang sesuai dengan tema tertentu (mis. buah dan sayuran, hewan, kata kerja, dan lain-lain).

Tugas Anda adalah menyebutkan nama objek dalam bahasa Inggris, sementara si kecil harus melingkari atau menyilang ilustrasi dari objek yang sesuai di kartunya. Jika si kecil berhasil membentuk garis lurus dari lima petak, baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal, ia harus mengatakan “Bingo!”

Untuk menguji pengetahuan kosakata si kecil, Anda bisa memeriksa kartu dan menunjuk objek yang ditandai oleh si kecil. Setelah itu, tanyakan nama objek tersebut dalam bahasa Inggris. Jika Anda ingin memainkan Bingo dengan beberapa orang, pastikan setiap orang mendapatkan pola kartu yang berbeda.

Simon Says

Simon Says - i2.wp.com

Simon Says – i2.wp.com

Simon Says dapat menjadi permainan yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris si kecil. Permainan ini memiliki peraturan yang cukup sederhana. Anda hanya mengatakan kalimat ajaib “Simon says…” yang diikuti oleh perintah tertentu dalam bahasa Inggris. Setelah itu, si kecil perlu mengikuti apa yang “Simon” katakan.

Jika si kecil melakukan perintah dengan benar, ia mendapatkan poin. Jika salah, Anda bisa memberinya “hukuman” sederhana, seperti bernyanyi atau menari. Anda dan si kecil pun bisa bergantian memberikan perintah.

Itulah pilihan permainan yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris si kecil. Tertarik untuk mencobanya?

Leave a reply
Cara Asyik Mengenalkan Sains pada Anak Sejak DiniCara Mengajarkan Sopan Santun pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!