Yuk, Ajari Anak untuk Mencintai Alam Sejak Dini Melalui 3 Aktivitas Ini!

20 March 2019

Mengajarkan si kecil untuk mencintai alam sejak dini mampu memberikan banyak dampak positif bagi proses tumbuh-kembang anak. Sayangnya, belum banyak orang tua yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang penting.

Mengajarkan kecintaan terhadap alam ke anak tidak bisa dilakukan hanya dengan perkataan saja. Anda harus memberikan contoh secara langsung di rumah karena anak-anak cenderung sangat cepat dalam meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang tuanya.

Selain melalui contoh, ada 3 aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak mencintai alam, yaitu:

  1. Berkebun

Mencintai Alam

infobintaro.com

Berkebun merupakan pilihan nomor satu untuk mulai mengajarkan anak mencintai alam. Aktivitas yang satu ini sangat menyenangkan bagi segala kalangan usia, termasuk anak-anak dan remaja.

Berkebun dapat dilakukan dengan beragam variasi. Anda bisa memulainya dengan mengajak si kecil untuk menanam bibit bunga, kemudian menyirami bibit tersebut bersama-sama di akhir pekan atau di hari libur.

Jadikan aktivitas ini sebagai kegiatan kolektif Anda dan si buah hati. Lama-kelamaan rasa cinta terhadap lingkungan akan tumbuh di dalam diri anak. Anda pun bisa mencoba aktivitas berkebun yang lebih menantang apabila anak sudah menggemari hal tersebut. Misalnya dengan membuat area khusus tanaman hidroponik, atau melakukan proses cangkok dari pohon buah ke dalam pot.

  1. Berkemah

Mencintai Alam

naturalrugs.store

Berkemah adalah aktivitas luar ruangan yang dapat membuat anak berinteraksi dengan alam secara langsung. Meskipun biasanya anak mendapatkan pengalaman berkemah dari sekolah, Anda selaku orang tua boleh saja membawa anak berkemah bersama di akhir pekan.

Memilih tempat berkemah untuk anak tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda mesti memilih bumi perkemahan dengan tingkat keamanan yang baik dan tidak terlalu ekstrem.

Mengajak anak ke lokasi perkemahan di puncak gunung sebaiknya tidak dulu dilakukan sebelum anak menginjak usia remaja. Selain memiliki risiko keselamatan yang terlalu tinggi, hal tersebut juga tidak baik bagi kesehatannya dalam jangka panjang.

Sambil berkemah, Anda juga bisa membawa anak untuk pergi hiking di lokasi yang terjamin aman bagi anak-anak. Sebagai catatan, jangan lakukan kegiatan ini di musim hujan karena tanah akan terasa lebih licin dan berbahaya.

  1. Mengunjungi Objek Wisata Alam bermuatan Edukasi

Mencintai Alam

missfrugalmommy.com

Saat ini ada banyak sekali objek wisata alam bermuatan edukasi yang bisa Anda temukan di kota-kota besar seperti Bandung, Bogor, Yogyakarta, atau Malang. Objek-objek tersebut biasanya berbentuk wisata agro-industri atau kawasan wisata eco-friendly.

Anda bisa mengunjungi objek-objek wisata tersebut bersama anak untuk mengajarkan kecintaan terhadap alam sambil berwisata. Metode ini sangat efektif karena anak tidak menyadari bahwa ada unsur pelajaran yang disematkan ke dalam acara wisata tersebut.

Selain lokasi wisata eco-friendly, taman bunga dan kebun buah juga bisa menjadi alternatif tempat kunjungan yang menarik. Beberapa lokasi wisata yang kami rekomendasikan adalah Dusun Bambu Bandung, Farmhouse Lembang, Taman Bunga Nusantara Bogor, Kebun Raya Bogor, Taman Nasional Gunung Bromo, dan Kebun Buah Mekarsari.

Itulah 3 aktivitas yang bisa Anda coba untuk mengajarkan anak mencintai alam. Terakhir, penting untuk diingat bahwa pendidikan terbaik bagi anak tetap datang dari sikap dan kebiasaan yang Anda contohkan setiap hari.

Salah satu kebiasaan kecil yang harus Anda contohkan adalah membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan kecil tersebut mampu memberikan dampak signifikan untuk menjaga keindahan dan kelestarian alam.

Leave a reply
5 Kiat Menambah Kepercayaan Diri Anak PemaluCara Menekan Nafsu Makan yang Berlebih untuk Menghindari Obesitas anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!