Yakin Anak Siap Sekolah? Intip 5 Cara Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah Berikut!

5 May 2018

Meningkatkan kemandirian anak prasekolah merupakan hal yang penting. Apalagi setelah itu, mereka harus mengenyam pendidikan formal di sekolah. Sebelum mendaftarkannya ke sekolah, sebaiknya anak sudah dalam kondisi siap. Anak yang mandiri tentu akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan sekolah.

Bagi para orang tua, berikut 5 cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak prasekolah semakin mandiri. Yuk persiapkan dari sekarang!

Memberikan Tugas

Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah

prozeny.blesk.cz

Untuk meningkatkan kemandirian anak usia prasekolah, Anda dapat memberikan tugas sederhana padanya. Misalnya meminta anak untuk berpakaian atau menghabiskan makannya sendiri. Bila ia sudah bisa melakukannya, berikan tugas lain yang lebih kompleks misalnya membantu orang tua menyirami tanaman atau membersihkan halaman.

Tahan keinginan Anda untuk selalu ingin membantu anak, terutama bila ia mengalami kesulitan saat menyelesaikan tugasnya. Memang tak semua anak berhasil saat menjalankan tugas pertamanya. Karena itu, Anda bisa memberikan motivasi agar si kecil tetap bersemangat.

Jangan lupa beri pujian bila anak berhasil melakukan tugasnya. Namun harus diingat, jangan memuji berlebihan atau memuji ketika ia gagal.

Biarkan Anak Memecahkan Masalah

Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah

liputanislam.com

Anak akan belajar mandiri bila Anda memberikan kepercayaan baginya untuk memecahkan masalah-masalah sederhana. Misalnya anak sedang merakit mainan namun kelihatan bingung karena menemui jalan buntu. Sebaiknya, tahan keinginan Anda untuk membantunya. Secara alami ia akan terdorong untuk mencari jalan keluar.

Saat ia mencoba memecahkan masalah sendiri, kemandirian serta kreativitas mereka akan terbangun. Namun pastikan anak melakukan  hal-hal yang tak membahayakan keselamatannya.

Biarkan Anak Bebas Memilih

Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah

orami.co.id

Cara berikut untuk meningkatkan kemandirian anak prasekolah adalah memberikannya kebebasan memilih pada batasan-batasan tertentu. Misalnya, rasa susu yang akan diminum atau warna baju yang ia kenakan saat pergi. Ketika anak diberi kepercayaan untuk memilih, ia akan merasa dihargai dan belajar mandiri.

Jangan lupa ajarkan anak mengenai cara menentukan pilihan berdasarkan  alasan-alasan yang masuk akal. Misalnya, mengapa sebaiknya ia menggunakan jaket kala musim hujan tiba. Kebiasaan itu akan membantu anak berpikir secara logis mengenai hubungan sebab akibat.

Memang sebagai orang tua kita menginginkan yang terbaik bagi anak. Namun jangan terlalu memaksakan pilihan kepada mereka tanpa membeberkan alasannya. Beri ruang juga bagi anak untuk mengungkapkan keinginannya.

Jangan Menuruti Semua Keinginan Anak

Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah

monitor.co.id

Dalam upaya meningkatkan kemandirian anak prasekolah maka hal penting yang harus Anda terapkan adalah jangan menuruti semua keinginannya. Meskipun sang buah hati adalah anak tunggal, didiklah ia sejak dini bahwa tak semua hal yang diinginkannya harus dipenuhi.

Terus menerus menuruti keinginan, akan membuat anak menjadi manja. Ia pun akan terus bergantung pada orang tua sehingga tak ingin berusaha untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Menjadi Contoh

Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah

serempak.id

Anak-anak adalah peniru yang ulung. Karena itu, bila Anda ingin menanamkan nilai-nilai kemandirian pada anak, maka jadilah contoh yang baik. Tinjau kembali bagaimana cara Anda melakukan tugas rutin setiap hari. Hal kecil seperti rutinitas membereskan rumah bisa menjadi panduan anak untuk juga  membereskan mainannya setelah dipakai.

Bila Anda memberikan tugas baru pada si kecil, jangan lupa berikan contoh terlebih dulu agar anak memahami bagaimana cara menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Demikianlah 5 cara meningkatkan kemandirian anak prasekolah. Dalam mengajarkan anak, Anda pun harus bersabar. Hindari membentak atau menghukum si kecil bila ia gagal melakukan tugasnya karena wajar saja dalam usia prasekolah ia belum bisa melakukan beberapa hal dengan sempurna.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Biodrawing, Jurus Jitu Tingkatkan Kekuatan Otak Kanan AnakFashion Sebagai Sarana Melatih Anak Mengenal Warna dan Nama Hewan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!