5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Tumbuh Kembang Anak

2 November 2017

Banyak ahli berpendapat bahwa merawat hewan peliharaan memberikan dampak positif. Tidak hanya mencakup kesehatan fisik saja, tapi memengaruhi sisi psikologis seseorang juga, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Keberadaan hewan peliharaan di tengah keluarga ternyata memberikan segudang manfaat, terutama bagi anak dalam masa pertumbuhannya. Apa sajakah? Berikut 5 manfaat memiliki hewan peliharaan untuk tumbuh kembang anak.

Menjaga Kesehatan Anak

Menjaga Kesehatan Anak - i1.wp.com

Menjaga Kesehatan Anak – i1.wp.com

Salah satu manfaat memiliki hewan peliharaan untuk tumbuh kembang anak adalah menjaga kesehatannya. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh seorang dokter anak dan kepala departemen alergi dan imunologi di MedicalCollegeofGerogia, Dennis Ownby, MD, memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi risiko terkena alergi tertentu.

Selain itu, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan di rumah juga jarang menunjukkan hasil tes kulit positif terhadap alergen dalam ruangan (debu tungau atau bulu hewan) dan alergen outdoor (getah tanaman dan sari bunga). 

Membantu Anak Belajar

Membantu Anak Belajar - kucingmu.com

Membantu Anak Belajar – kucingmu.com

Manfaat lain memiliki hewan peliharaan untuk tumbuh kembang anakadalah membantunya belajar. Sejumlah pendidik sudah lama mengetahui bahwa hewan peliharaan akan membantu perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus. Dalam sebuah penelitian, anak-anak diminta untuk membaca dengan lantang di depan orang dewasa, teman sebaya, dan anjing. Peneliti memantau tingkat stres dan menemukan bahwa anak-anak merasa lebih santai ketika berada di sekitar hewan.

Memberikan Rasa Nyaman

Memberikan Rasa Nyaman - thepurringtonpost.com

Memberikan Rasa Nyaman – thepurringtonpost.com

Manfaat memilikihewan peliharaan untuk tumbuh kembang anakadalah memberikan rasa nyaman. Hal ini mungkin tidak lepas dari sifat hewan berkaki empat yang menyayangi majikannya apa adanya. Selain itu, biasanya hewan peliharaan juga dijadikan sebagai teman curhat yang paling setia saat tidak ada orang lain di sekitar. Kebanyakan anak cenderung tidak percaya diri bercerita dengan orang lain sehingga sering kali memilih hewan peliharaannya sebagai tempat untuk menuangkan isi hati dan pikirannya.

Mengajarkan Kasih Sayang, Tanggung Jawab, dan Kepedulian

Mengajarkan Kasih Sayang, Tanggung Jawab, dan Kepedulian - h1.bp.blogspot.com

Mengajarkan Kasih Sayang, Tanggung Jawab, dan Kepedulian – h1.bp.blogspot.com

Bahkan, balita termuda sekalipun bisa belajar mengenai tanggung jawab dengan keberadaan hewan peliharaan. Memang, segala tugas perawatan pada hewan peliharaan akan menjadi tanggung jawab Anda, tapi mereka tetap dapat menyerap banyak ilmu serta perilaku Anda lakukan saat merawat hewan peliharaan.

Anda bisa mengajak anak sesekali untuk terlibat langsung dalam mengurus hewan peliharaannya. Misalnya, memintanya untuk menuangkan makanan ke piring atau mengisi minum di tempatnya. Dengan mengerjakan sebagian hal tersebut, anak akan menyadari bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia, yaitu membutuhkan tempat tinggal, makanan, dan kasih sayang. Hal inilah yang kemudian akan mengajarkan pelajaran tentang kasih sayang dan empati.

Empati dan kasih sayang tidak dapat muncul secara tiba-tiba. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengajarkan anak tentang kepedulian yang tinggi dengan memiliki hewan peliharaan di rumah.

Memperkuat Ikatan Keluarga

Memperkuat Ikatan Keluarga - 3.bp.blogspot.com

Memperkuat Ikatan Keluarga – 3.bp.blogspot.com

Merawat hewan peliharaan sering kali menjadi bintang utama saat melakukan kegiatan bersama keluarga. Misalnya, mengajak anjing untuk jalan-jalan sore, saling membantu memberi makan hewan, dan masih banyak lagi. Tak jarang, sebuah keluarga menghabiskan waktu untuk bermain bersama hewan peliharaan mereka. Kegiatan tersebut dipercaya sangat bermanfaat bagi emosional anak dan memperkuat ikatan antar anggota keluarga.

Nah, itu dia 5 manfaat memiliki hewan peliharaan untuk tumbuh kembang anak. Jika sebelumnya Anda merasa ragu untuk memelihara hewan di rumah, sepertinya Anda bisa mengusir perasaan tersebut dengan banyaknya manfaat yang bisa anak Anda dapatkan di masa pertumbuhannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
7 Cara Ini Dapat Melatih Anak Bangun PagiTrik Mudah untuk Memupuk Kepedulian Terhadap Lingkungan pada Anak
All comments (1)
  • agen
    5 June 2020 at 14:05

    Hey there, You have done an incredible job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this […] Read MoreHey there, You have done an incredible job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this site. sarana99 poker228 pialaqq memberqq Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!