5 Tips Menumbuhkan Jiwa Sosial Buah Hati Anda

25 March 2019

Ayah Bunda ingin ananda sukses di masa depan? Salah satu kunci sukses anak – anak Anda ternyata adalah adanya jiwa sosial yang tinggi lho. Manusia sendiri pada hakekatnya adalah makhluk sosial, tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu buah hati tercinta hendaknya sudah dilatih untuk memiliki kepedulian sosial terhadap orang lain sejak dini. Lalu, bagaimanakah caranya menumbuhkan jiwa sosial pada buah hati, Ayah Bunda? Yuk simak beberapa tipsnya di bawah.

1.  Bergaul dengan Teman-teman yang Baik

Menumbuhkan Jiwa Sosial

psikologan.blogspot.com

Pernah mendengar pepatah bahwa bergaul dengan tukang minyak wangi, maka kita akan ketularan wangi juga, Ayah Bunda? Berada di lingkaran pertemanan yang baik adalah salah satu cara menumbuhkan jiwa sosial Anak-anak. Buah hati Ayah Bunda biasanya akan meniru dan mengadopsi hal-hal yang baik juga.

 

Namun, mereka yang memiliki perilaku yang baik tidak bisa dilihat hanya dari tampilan luarnya saja, Ayah Bunda. Oleh karena itu, cermati semua kawan-kawan si kecil. Mereka yang memiliki hati yang baik akan tercermin dari sikap dan perilaku sehari-harinya.

2. Berbagi dengan Sesama

 Menumbuhkan Jiwa Sosial

female.kompas.com

Orang-orang biasanya maklum apabila anak kecil tidak mau berbagi barang atau makanan miliknya dengan orang lain. Padahal cara untuk menumbuhkan jiwa sosial pada buah hati tercinta antara lain mengajarinya untuk mau berbagi dengan sesama.

 

Ajarkan secara perlahan-lahan kepada si kecil indahnya berbagi dengan lingkungan sekitar. Anda bisa mulai mengajarkannya kepada anak Anda dengan cara berbagi mainan ketika ada teman yang datang ke rumah, dan berbagi makanan dengan teman saat sedang bermain bersama-sama. Ayah Bunda juga bisa mengajarkan berbagi kepada anak dengan cara membagi makanan yang sedang dimakan kepada si kecil. Harapannya si kecil nanti akan meniru perilaku berbagi yang sudah Ayah Bunda ajarkan.

3. Ajarkan Dua Kata Ajaib, Tolong, dan Terima Kasih

Menumbuhkan Jiwa Sosial

fimela.com

Cara ke tiga untuk menumbuhan jiwa sosial buah hati Ayah Bunda adalah dengan mengajarkan kepada si kecil untuk mengucap minta tolong apabila membutuhkan bantuan, serta mengucapkan terima kasih saat sudah menerima bantuan atau kebaikan dari orang lain. Supaya si kecil meniru perilaku ini, Ayah Bunda harus mempraktekkannya saat di rumah ya.

 

Misalnya Ayah Bunda ingin agar si kecil membereskan mainannya sebelum berangkat tidur, maka, Ayah Bunda bisa bilang kepada si kecil, “Sayang, Bunda minta tolong dong. Mainannya dirapikan dulu ya, nak”. Tak lupa ucapkan juga terima kasih setelah buah hati Ayah Bunda selesai membereskan mainannya, “Terima kasih sudah merapikan mainannya ya, anak pintar”.

 

4. Batasi Penggunaan Gawai

Menumbuhkan Jiwa Sosial

bangazul.com

Pastikan buah hati Ayah Bunda untuk tidak terus menerus terpaku pada gawai. Hal ini dikarenakan penggunaan gawai yang berlebihan dapat memangkas waktu anak-anak untuk bersosialisai dengan lingkungan sekitar.

 

Untuk menumbuhkan jiwa sosial buah hati Anda, ajak si kecil untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya di sekeliling rumah, lepas dari gawainya. Kenalkan si kecil pada tetangga sebayanya dan libatkan buah hati Anda untuk turut membantu kegiatan sosial yang kerap diselenggarakan di RT RW. Ayah Bunda bisa meminta bantuan si kecil untuk turut menemani Anda saat ada kegiatan kerja bakti lingkungan atau turut berpartisipasi di acara bakti sosial setiap bulan puasa tiba.

5. Berikan Penghargaan

Menumbuhkan Jiwa Sosial

beritaibuanak.blogspot.com

Hal wajib yang harus diberikan pada anak untuk menumbuhkan jiwa sosial adalah penghargaan pada si kecil atas segala jerih payahnya. Penghargaan ini bisa berupa ucapan terima kasih, pujian, dan hadiah.

 

Penghargaan akan menumbuhkan rasa percaya diri dan terus memotivasi anak Anda untuk menggapai prestasi dan melakukan hal-hal yang baik. Anak yang merasa dihargai oleh orangtuanya biasanya tumbuh jadi anak yang bahagia, optimis, dan tentunya menghargai orang lain lho, Ayah Bunda. Sudahkan Ayah Bunda memuji si kecil hari ini?

 

Demikian 5 tips menumbuhkan jiwa sosial anak-anak ya, Ayah Bunda. Semoga dapat membantu pendidikan buah hati Ayah Bunda semua. Selamat mencoba!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Tips Memilih TK Terbaik untuk Si KecilIni Dia Pentingnya Pendidikan Dini Menurut para Ahli

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!