Sudah Tahu Belum 5 Manfaat Bermain Drama Bagi Anak

19 September 2018

Ada banyak kegiatan di luar pembelajaran yang memiliki dampak positif bagi anak. Sayangnya masih banyak orang tua yang kurang menyadari betapa besarnya manfaat bermain drama. Selain menyenangkan, bermain drama dapat meningkatkan keterampilan si kecil. Tidak hanya kemampuan berimajinasi, melainkan juga mengontrol sikap dan mengendalikan emosi.

Pada umumnya, anak yang menyukai kegiatan bermain drama sudah sering diajak menonton pertunjukan ataupun bermain peran bersama orang tua. Namun, ada juga yang tidak demikian. Apapun alasannya, banyak sekali manfaat yang akan si kecil dapatkan dari bermain drama. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat bermain drama bagi anak? Berikut uraiannya!

Lebih Kreatif

Manfaat Bermain Drama Bagi Anak

Sumber : cosmomom.net

 

Dengan bermain drama anak akan menjadi lebih kreatif ketimbang anak yang tidak pernah melakukan kegaiatan ini. Selama bermain drama, anak dituntut untuk menghafal dialog, mengeksplorasi karakter, dan berimprovisasi dengan naskah agar tampak natural atau semirip mungkin dengan tokoh yang ia perankan.

Tentunya untuk melakukan sejumlah hal tersebut diperlukan pemikiran dan pemahaman yang lebih. Tak heran jika anak yang sering bermain drama jauh lebih kreatif, pintar, dan percaya diri.

Mudah Bergaul

Sudah Tahu Belum 5 Manfaat Bermain Drama Bagi Anak

Sumber : cosmomom.net

 

Selain menumbuhkan rasa percaya diri, kegiatan bermain drama pun akan membuka peluang bagi si kecil untuk bertemu dengan banyak orang berbeda karakter. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat anak lebih berani untuk memulai perkenalan dengan orang lain.

Lambat laun, anak akan beranjak menjadi pribadi yang mudah bergaul, pandai berkomunikasi, pemberani, dan percaya diri. Alhasil, kehidupan sosial si kecil di sekolah dan lingkungan sekitar pun akan berjalan lancar.

Lebih Disiplin

manfaat bermain drama

Sumber : abiummi.com

Manfaat bermain drama selanjutnya adalah melatih anak lebih disiplin. Sikap disiplin sangat diperlukan dan harus dipupuk sejak dini. Dengan bermain drama, anak akan belajar mengenai arti tanggung jawab. Ia akan membiasakan diri dengan ritme kerja keras, mulai dari menghafal naskah, berlatih dialog, dan berinteraksi dengan tokoh lain.

Jika Anda kesulitan mengembangkan sikap disiplin anak, bermain drama dapat menjadi pilihan yang tepat. Kegiatan ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dijamin si kecil akan ketagihan.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat Bermain Drama Bagi Anak

Sumber : HelloSehat.com

 

Ada banyak cara untuk melatih dan meningkatkan kesehatan mental pada anak. Namun, hanya ada sedikit cara yang menyenangkan untuk dilakukan si kecil. Salah satunya adalah bermain drama.

Tak banyak yang menyadari bahwa manfaat bermain drama erat kaitannya dengan kesehatan mental. Dalam kegiatan ini, anak akan selalu merasakan kebahagiaan. Si kecil akan dikelilingi teman sebaya, berlatih dialog diiringi musik ataupun tarian, dan juga hal menyenangkan lainnya.

Kedekatan anak dengan orang lain tidak hanya menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri, melainkan juga rasa puas. Jangan heran, jika anak yang sering bermain drama memiliki kesehatan mental dan kualitas hidup yang baik. Termasuk juga karakter yang kuat dan berani.

Menghilangkan Stres

Manfaat Bermain Drama Bagi Anak

Sumber : Meetdoctor.com

Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak pun dapat terserang stres. Umumnya, rasa bosan lah yang menjadi penyebab utama si kecil mengalami stres. Cara terbaik untuk meredakan stres pada anak adalah dengan mengajaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Akan lebih baik jika kegiatan ini bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil, seperti bermain drama. Bermain drama dapat membuat anak senang karena di dalam drama terdapat unsur musik dan tarian yang sangat baik untuk menghilangkan stres.

Itulah sederet manfaat bermain drama bagi anak yang perlu untuk Anda ketahui. Yuk, ajak si kecil untuk bermain drama bersama. Dijamin sangat meny

Leave a reply
Catat! Ini 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Balita3 Tips Persiapkan si Kecil untuk Menjadi Kakak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!