Ingin Mengajak Anak Nonton Pertunjukan? Perhatikan 5 Tips Penting Berikut!

16 June 2018

Salah satu cara terbaik menghidupkan imajinasi anak akan sesuatu hal adalah dengan mengajak anak nonton pertunjukan. Cara ini diyakini sebagian besar orang tua dalam memberikan pengalaman yang mengasah kelima indra anak. Dalam satu sesi pertunjukan, ia bisa merasakan berbagai sensasi yang memuaskan kelima indranya, sehingga menjadi satu pengalaman berkesan yang tak terlupakan anak.

Ada banyak sekali jenis pertunjukan yang sesuai dengan usia anak. Jenis yang paling mudah ditemukan adalah film bioskop, tentunya film khusus anak atau bergenre keluarga. Selain itu, ada pula jenis pertunjukan lainnya, seperti operet atau drama musikal, meet and greet dengan tokoh atau karakter favoritnya, konser musik, pertunjukan tari, sirkus, sampai pertandingan olahraga.

Akan tetapi, mengajak anak menonton pertunjukan tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya anak cepat bosan karena pertunjukannya dirasa kurang menarik atau monoton. Ia pun mulai melakukan berbagai hal untuk menarik perhatian Anda, yang bisa mengganggu kenikmatan menonton. Bahkan, berpotensi mengganggu penonton lainnya. Kalau sudah begini, Anda harus tahu tips apa saja yang harus diterapkan ketika mengajak anak melihat sebuah pertunjukan.

 

Tips Saat Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Sumber : pinterest

 

Galau nonton film atau pertunjukan lain karena khawatir anak membuat ulah? Sebetulnya, kegalauan ini bisa diminimalkan jika Anda mengajak anak nonton pertunjukan sejak ia sudah cukup usia. Anda hanya perlu menerapkan 5 tips berikut ini.

 

Perhatikan usia anak

Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Sumber : brisbanekids

 

Berapa usia yang tepat untuk mengajak anak menikmati sebuah pertunjukan? Paling cepat usia 3 tahun barulah Anda bisa membawa si kecil pergi ke bioskop, gedung kesenian, atau meet and greet dengan tokoh idolanya. Pada usia ini, anak sudah bisa duduk tenang lebih lama dan memperhatikan sesuatu dengan saksama. Ia juga sudah memahami isi pembicaraan yang didengarnya dan mencerna apa yang ia lihat. Ini menjadi modal penting bagi anak dalam mengikuti jalan cerita pertunjukan tersebut.

 

Kenali tipe atau karakteristik anak

Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Sumber : sundaypost

 

Setelah memastikan usia anak cukup, kenali tipe atau karakteristik anak. Dengan memahami karakternya, Anda bisa memilih jenis pertunjukan yang hendak ditonton. Apabila anak masih takut gelap dan mudah terganggu suara bising, tunda dulu acara nonton bioskop. Coba dulu dengan meet and greet bersama tokoh idolanya. Bisa juga Anda melakukan uji coba untuk mengetes seberapa jauh si kecil bisa menyesuaikan diri dengan situasi bioskop. Tidak sampai tuntas tidak apa-apa, tetapi Anda tahu sejauh mana ia bisa bertahan dengan kondisi tersebut.

 

Jenis pertunjukan yang sesuai

Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Sumber : parksandresorts

 

Tidak semua pertunjukan sesuai untuk usia anak. Pertunjukan dengan alur dinamis lebih pas jika ditonton si kecil, karena ia jadi terus terjaga dan tidak mudah bosan. Beberapa jenis pertunjukan yang tepat antara lain meet and greet dengan karakter idolanya (Hi-5, Micket Mouse, My Little Pony, Bima Satria Garuda, dll.), operet atau pertunjukan musikal, sirkus, unjuk ketangkasan aneka satwa, tarian, dan musik. Durasi pertunjukan ideal bagi anak adalah 90 – 120 menit per pertunjukan. Lewat dari itu, anak pasti mulai bosan.

 

Informasi dan aturan main

Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Sumber : videoblocks

 

Sebelum menonton pertunjukan, usahakan untuk menyampaikan beberapa informasi penting dan aturan main terkait tata tertib menonton. Mulai dari apa yang akan ditonton, durasi pertunjukan, hingga apa yang mungkin muncul selama pertunjukan. Demikian pula dengan aturan main yang perlu ia patuhi, seperti duduk tenang, tidak berteriak, dan tidak makan minum dalam area pertunjukan. Sampaikan hal ini mulai H-7 hingga sebelum berangkat ke tempat pertunjukan.

 

Kondisi tubuh anak

Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Sumber : newywithkids

 

Pastikan anak sedang tidak sakit atau kelelahan saat menonton. Salah-salah ia malah tertidur dan tidak bisa menikmati jalan cerita pertunjukan tersebut. Termasuk di dalam ini adalah bagaimana memastikan ia cukup makan minum dan cukup tidur sebelum pertunjukan dimulai.

Coba mulai praktikkan tips ini saat Anda hendak mengajak anak nonton pertunjukan. Dijamin ia bisa duduk tenang dan menikmati apa yang ia tonton bersama Anda dengan penuh semangat.

Leave a reply
5 Cara ini Perlu Dilakukan untuk Melatih Keterampilan Menulis AnakIni 5 Cara untuk Mengenalkan Gender pada Anak Prasekolah

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!