5 Tips Memilih TK Terbaik untuk Si Kecil

24 March 2019

Ayah Bunda sudah survei beberapa TK yang jadi incaran kah?  Mantap mau memilih TK yang di sana apa yang di sini? Atau jangan-jangan malah tambah bingung karena setelah survei, masing-masing sekolah punya kekurangan dan kelebihan yang menggoda. Jangan khawatir, berikut adalah tips memilih TK terbaik bagi si kecil.

 

Ayah Bunda pastinya menginginkan sekolah terbaik bukan untuk buah hati tercinta. Oleh karena itu, segera disimak yuk tips memilih TK untuk kesayangan Ayah Bunda.

1.  Cek Kualifikasi Guru

Memilih TK

kinibisa.com

Ayah Bunda ketika survei ke TK apakah sudah mengecek siapa saja nantinya yang akan menjadi guru si kecil? Ada baiknya Ayah Bunda menanyakan hal ini kepada kepala sekolah atau pihak marketing TK. Misalnya sudah berapa lama guru tersebut mengajar, bagaimana sifat ibu guru, dan pendapat pihak sekolah dengan guru tersebut.

 

Informasi ini cukup penting untuk buah hati kita karena gurunya saat di TK nanti jadi orang pertama yang dianggap setara dengan orangtua oleh si kecil. Guru adalah orang yang kita titipi buah hati kesayangan, jadi jangan sampai salah pilih ya.

2. Fasilitas untuk Anak

Memilih TK

quora.com

Sekolah yang baik belum tentu mahal dan memiliki fasilitas yang mewah. Sekolah yang baik itu keadaaan sekolahnya bersih, lingkungannya aman, dan memiliki sarana untuk mengembangkan kemampuan anak-anak, seperti kemampuan motorik dan kognitif. Jadikan patokan ini sebagai salah satu tips memilih TK buat si kecil ya, Ayah Bunda.

 

Saat survei pastikan sekolah mempunyai fasilitas sanitasi yang baik, aman dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penculikan anak dan kecelakaan lalu lintas, kemudian memiliki kelengkapan sarana bermain.

 

3. Kurikulum yang Ditawarkan

 

Tips memilih TK yang ke tiga adalah cek kurikulum yang ditawarkan oleh sekolah. Beberapa TK memakai kurikulum nasional, yang lainnya memakai kurikulum nasional plus, hingga kurikulum internasional. Pastikan TK yang Anda pilih sesuai dengan bakat dan minat anak, Ayah Bunda.

 

Akan sangat baik sekali apabila TK yang Ayah Bunda pilih menerapkan cara belajar siswa aktif yang dikombinasikan dengan permainan. Cara belajar siswa aktif ini mendorong si kecil menjadi pribadi yang selalu ingin tahu dan berani mencoba hal-hal yang baru.

4. Lokasi

Salah satu pertimbangan orang tua dalam memilih TK adalah jarak TK tersebut dengan rumah. Apalagi buat Ayah Bunda yang tinggal di kota besar dan rawan diterpa kemacetan. Semakin jauh TK si kecil maka dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke sekolah. Bisa jadi si kecil malah capek duluan saat sampai sekolah karena sudah dihadang macet saat ke sekolah.

 

Ingat lho, Ayah Bunda, si kecil masih belajar mempunyai ritme harian dan bangun pagi. Akan sangat baik sekali apabila jarak TK dan sekolah membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja. Jarak tempuh yang pendek juga mengantisipasi si kecil datang terlambat ke sekolah. Jarak tempuh yang pendek membuat biaya transportasi juga jauh lebih murah dibandingkan sekolah yang jauh dari rumah.

5. Biaya Bulanan dan Biaya Masuk TK

Pastikan biaya sekolah si kecil sesuai dengan anggaran bulanan keluarga, Ayah Bunda. Jangan sampai anggaran keluarga terganggu karena biaya sekolah yang terlampau mahal. Sekolah yang murah belum tentu memiliki kualitas yang tidak baik lho.

 

Biaya sekolah pastinya harus sesuai dengan kurikulum yang diimplementasikan, serta fasilitas yang nantinya akan dinikmati oleh si kecil. Ayah Bunda juga bisa menanyakan kepada pihak sekolah apakah nantinya akan ada biaya tambahan saat ada acara tertentu yang diselenggarakan oleh sekolah.

 

Itu dia 5 tips memilih TK terbaik bagi si kecil ya, Ayah Bunda. Semoga dapat memberikan pencerahan bagi Ayah Bunda yang sedang bingung memilih sekolah pertama buah hati tercinta. Selamat memilih!

Leave a reply
5 Aplikasi Belajar untuk Anak TK yang Wajib Dimiliki5 Tips Menumbuhkan Jiwa Sosial Buah Hati Anda

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!