4 Resep Minuman Hangat di Musim Hujan yang Disukai Anak

14 March 2018

Saat musim hujan tiba, Anda butuh minuman yang mampu menghangatkan tubuh serta membuatnya sehat kembali. Anda bisa membuat minuman hangat sederhana untuk menemani aktivitas harian, teh misalnya. Tidak hanya itu, Anda bisa membuat sajian istimewa bagi anak-anak dengan 4 resep minuman hangat berikut.

Wedang Ronde

Wedang Ronde cdninstagram.com

Wedang Ronde cdninstagram.com

Wedang ronde adalah minuman hangat yang berasal dari daerah Jawa. Minuman yang dibuat secara tradisional ini terbuat dari air  rebusan jahe yang diisi dengan bola-bola yang dinamakan ronde. Bola ronde terbuat dari tepung ketan yang diuleni dan direbus dalam air mendidih sampai matang .

Dalam satu mangkuk wedang ronde, Anda akan mendapatkan bola ronde, kacang tanah sangrai, kolang-kaling, dan potongan roti tawar yang disiram dengan air jahe panas. Tak hanya menghangatkan, minuman yang mengandung banyak kalori ini juga dapat menahan lapar. Untuk variasi, Anda dapat memberikan warna pada bola ronde atau mengisinya dengan kacang tanah tumbuk dan gula merah halus.

Wedang Sekoten

Wedang Sekoten .ytimg.com

Wedang Sekoten .ytimg.com

Resep minuman hangat berikutnya masih berasal dari Jawa Tengah, yaitu sekoteng. Bahan yang digunakan untuk membuat sekoteng hampir sama dengan ronde, hanya saja pada kuahnya sekoteng diberi tambahan serai dan daun pandan sebagai pengharum alami. Selain itu, kuah sekoteng menggunakan gula pasir, sedangkan ronde memakai gula merah.

Untuk isian, dalam semangkuk sekoteng Anda bisa menjumpai biji mutiara (sagu), kolang-kaling, roti tawar, kacang tanah goreng serta kacang hijau. Cara membuatnya, rebuslah air, jahe, serai, daun pandan dan gula pasir hingga mendidih. Jangan matikan api, posisikan api pada posisi terkecil dan biarkan tetap seperti ini hingga saat penyajian. Tata bahan isian dalam mangkuk dan siram dengan kuah  yang panas. Wedang sekoteng pun siap disajikan.

Bajigur

Bajigur  farm8.staticflickr.com

Bajigur farm8.staticflickr.com

Jika dua resep minuman hangat sebelumnya terdapat berbagai isian, bajigur memiliki bentuk sajian yang lebih sederhana. Minuman tradisional khas Jawa Barat ini terbuat dari santan, gula merah, jahe, daun pandan, kayu manis dan bubuk kopi. Bajigur paling nikmat disantap saat dingin dengan ditemani camilan berupa kacang/ pisang rebus, ketela maupun jagung. Cara membuatnya sangat mudah, pertama rebus santan, daun pandan, jahe dan kayu manis dengan api kecil. Setelah harum, masukkan bubuk kopi dan gula merah yang telah disisir halus. Setelah gula larut dan santan mendidih, matikan api. Sebelum disajikan, saringlah bajigur terlebih dahulu.

Citron Tea

Citron Tea  i.ytimg.com

Citron Tea i.ytimg.com

Citron tea atau teh sitrun merupakan resep minuman hangat dari Korea yang berkhasiat bagi tubuh. Salah satu fungsinya adalah meningkatkan sistem imun sehingga membantu tubuh segera pulih dari penyakit. Teh sitrun paling sering dikonsumsi saat cuaca dingin untuk mengobati influenza.

Pembuatan teh sitrun membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus didiamkan beberapa hari. Pertama, siapkan jeruk lemon, gula pasir, madu dan sebuah wadah kaca. Selanjutnya, kupas dan iris kulit jeruk lemon dengan ketebalan 1×1/2 cm. Bersihkan bagian putih pada daging jeruk lemon kemudian potong-potong daging buahnya.

Masak kulit dan daging buah bersama gula dengan api kecil hingga gula mencair dan daging jeruk lemon tercampur. Diamkan larutan gula tersebut hingga dingin dan masukkanlah ke dalam wadah kaca bersamaan dengan madu. Tutup wadah dan masukkan teh sitrun ke dalam lemari pendingin selama 4 hari. Untuk menyajikan, ambil 5 sdm teh sitrun dan larutkan ke dalam 250 ml air panas. Minumlah setiap pagi sebelum beraktivitas untuk hasil yang optimal.

Demikianlah beberapa resep minuman hangat yang bisa Anda jadikan alternatif sajian untuk si kecil saat musim hujan. Agar lebih menyenangkan, ajak buah hati menentukan resep dan berbelanja bahan baku bersama. Selamat berkreasi!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Tips Memilih Pakaian Anak untuk Menghadapi Musim HujanBegini Tips dan Trik Menangani Anak Manja dan Rewel
All comments (1)
  • Toko Online
    22 December 2021 at 12:02

    Kami membantu para pengusaha kecil dan menengah (UMKM) untuk bersaing dengan perusahaan multinational/international. Kami memastikan produk Anda akan dikenal konsumen melalui media internet

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!