Merusak Barang Tanda Anak Cerdas? 

19 February 2020

Anda sebagai orang tua tentu saja sering melihat anak Anda merobek buku, memencet remote, atau ingin menekan semua tombol yang ada di mobil Anda dimana si kecil seperti ingin merusak barang Anda, dan Anda akan langsung merespond hal tersebut dengan larangan karena Anda merasa itu merusak barang barang Anda.

Ternyata hal tersebut bukan maksud si kecil merusak mainan atau barang Anda, tetapi anak anak selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, baginya segala hal yang baru selalu ingin dia ketahui, maka dari itu mereka bisa mematahkan pensil warna, memencet semua tombol yang ada di remot TV, mencari tahu apa yang ada di buku, dan masih banyak lagi.

Jangan langsung Anda marahi, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang salah, karena pada dasarnya mereka tidak salah tetapi hanya kurang tepat menggunakan barang tersebut.

Saat anak suka mengutak atik sesuatu yang berujung dengan rusaknya barang, bisa jadi anak itu menunjukkan tanda kecerdasan, dan banyak hal positif yang bisa didapatkan dari kegiatan tersebut, dan berikut adalah efek positifnya.

  • Memenuhi rasa ingin tahu

Seorang pengajar Ekonomi dan Psikologi, George Loewestein mengatakan rasa ingin tahu muncul ketika perhatian seseorang fokus pada informasi yang dia rasa kurang.

Rasa ingin tahu juga bisa menjadi motivator kuat yang mendorong anak mau belajar dan maju untuk berkembang dimana saat mereka terlihat penasaran dengan sesuatu, Anda bisa membantunya.

Biarkan ia mengamati bentuk dan teksturnya, jika terlihat ia akan merusak barang tersebut, Anda bisa menjelaskan fungsi dari benda tersebut.

Kita juga bisa ajarkan si kecil memencet remot TV dan memperlihatkan perubahan yang terjadi di TV dengan begitu si kecil akan terpenuhi rasa keingintahuannya dan ia tidak lagi merusak barang tersebut karena ia sudah tahu fungsi akan benda tersebut.

Begitu juga benda lainnya jika si kecil masih berada dibawah satu tahun, memang ada baiknya tidak berikan buku dengan lembaran kertas karena motorik mereka masih halus, tetapi Anda bisa berikan si kecil boardbook agar dapat menjadi pilihan mereka agar bisa memuaskan rasa penasaran mereka pada buku. Selalu dampingi mereka untuk memenuhi rasa ingin tahu agar mereka bisa bereksplorasi lebih jauh.

  • Mengasah motorik anak

Saat diberikan krayon, si kecil akan langsung memperhatikan krayon, merobek kertas pelindung krayon, dan tentu saja terkadang kita merasa bahwa tindakan si kecil merupakan tindakan merusak.

Tindakannya yang merobek kertas pelindung krayon merupakan rasa penasaran atas benda tersebut seperti apa yang ada di balik kertas tersebut.

Lebih daripada itu, anak juga akan belajar motorik halus, Anda bisa memperhatikan cara si kecil merobek kertas tersebut dimana jari mereka menarik kertas dengan perlahan.

Banyak sekali indera yang teransang seperti penglihatan, pendengaran, dan juga sentuhan, koordinasi antara mata dan tangan juga tentu saja akan diasah dalam kegiatan tersebut.

Begitu juga saat mereka penasaran dengan benda lainnya, begitu banyak efek positif yang bisa didapatkan saat mereka mengoprek seperti itu, tetapi Anda harus membatasi apa saja yang bisa dijelajahnya, tak semua barang harus dirusak karena bisa membuat bingung dimana barang mana yang boleh mereka rusak dan mana yang tidak boleh si kecil rusak.

  • Mengetahui fungsi barang

Anak yang dianggap suka merusak barang akan belajar lebih dalam mengenai funsgi barang dibanding anak lainnya, jika anak lain hanya diberi tahu mengenai fungsi sebuah benda, maka anak tersebut akan berbeda.

Mereka akan belajar secara praktek mengenai barang tersebut, percobaan langsung juga akan membuat mereka lebih paham mengenai barang tersebut, semakin banyak barang yang membuat penasaran, semakin banyak juga kita memberi tahu aneka fungsi dari barang tersebut dan pengetahuan si kecil jadi lebih berkembang dan luas dari sebelumnya.

 

Leave a reply
Obat Alami Dari Bumbu DapurMemberi Tahu Anak Profesi Pekerjaan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!