Memberi Tahu Anak Profesi Pekerjaan

24 February 2020

Anak anak biasanya akan selalu belajar membaca dan berhitung, selain itu mengenalkan profesi pekerjaan kepada anak juga sangatlah penting.

Bukan hanya saja untuk materi pembelajaran yang didapatkan dari sekolah, peran orang tua juga dibutuhkan untuk mengenalkan profesi serta pekerjaan yang dilakukannya.

Semakin banyak mengenal aneka profesi mereka maka akan semakin banyak tahu tentang cita-cita si kecil nantinya.

Jika ia bisa mengetahui macam-macam profesi, maka hal tersebut akan membuat mereka termotivasi untuk mengejar cita-cita mereka. Hal itu bisa membuat si kecil rajin belajar.

Di sisi lain ketika dirinya mengenal banyak berbagai profesi, si kecil bisa menghargai setiap profesi yang ada, dan diharapkan mereka bisa menghargai orang lain tanpa memAndang perbedaan, dan berikut adalah cara orang tua mengenalkan profesi pada anaknya:

  • Ajarkan Secara Bertahap

Mengenalkan beragam profesi kepada anak tidaklah bisa langsung dapat diberitahu dalam waktu singkat, tetapi orang tua mengenalkan dengan cara bertahap, salah satunya melalui apa yang dia lihat secara langsung.

Misalnya Anda sedang berpergian bersama anak Anda naik kereta api, di sana Andab isa jelaskan mengenai profesi masinis yang Anda temui.

Dengan memberikan informasi mengenai profesi yang ia temukan secara langsung, ia akan bertahap memahamitentang jenis profesi serta peran orang tersebut.

 

  • Membacakan Buku Cerita

Ada banyak buku bacaan anak yang menceritakan berbagai hal, dan salah satunya tentu saja menceritakan atau menampilkan berbagai cerita tentang profesi.

Anda sendiri bisa meluangkan waktu untuk membacakan buku cerita atau dongeng agar ia bisa ingat.

 

  • Melalui Gadget Kenalkan Profesi Anak

Di zaman sekarang tentu saja Anda sudah terbantu edengan adanya gadget, televisi, youtube, dan media lainnya, Anda sendiri bisa memanfaatkan hal tersebut jika dilakukan dengan benar, melalui gadget dan aplikasi si kecil bisa belajar melalui handphone atau komputer yang Anda miliki.

Banyak beragam aplikasi seperti permainan edukasi yang bisa mengembangkan imajinasi mereka yang salah satunya merupakan beberapa profesi, tugas, hingga alat yang dia pakai, tetapi penggunaan tersebut tentu saja masih dalam pengawasan orang tua.

 

  • Mengajak Langsung

Mengajak anak langsung bisa dilakukan oleh Anda, contoh ketika Anda mengajarkan anaka Anda dan mengenalkan anak Anda mengenai koki, Anda bisa langsung membawa anak Anda memasak di dapur.

Ia sendiri akan memakai apron dan juga topi koki, memberinya kesempatan melihat si ibu memasak atau membuat kue serta mengenal aneka peralatan memasak merupakan pelajaran berharga, dan dari situ ia akan mengetahui profesi dan pekerjaan seberat apa yang dilakukan oleh chef.

 

  • Kenalkan Secara Langsung

Jika anak Anda sudah memiliki usia yang cukup untuk menerima pelajaran, maka Anda bisa mengenalkan profesi secara langsung kepada anak Anda, karena mereka akan belajar saat melihat sesuatu yang nyata yang ada di hadapannya.

Mengajak salah satu profesi yang mudah ia temui adalah mengenalkan anak Anda kepada dokter imunisasi ke rumah sakit, disana ia akan bertemu banyak profesi seperti dokter, perawat, security, dan juga lainnya.

  • Mengajarkan Praktek

Saat bermain di rumah, tidak ada salahnya Anda meminta anak Anda mempraktikkan sesuatu mengenai profesi yang ia tahu, misalnya Anda mengajarkan anak Anda untuk menjadi dokter, Anda bisa mengajak anak Anda bermain dokter-dokteran kepada anak Anda.

Untuk itu Anda harus rajin mengenalkan anak Anda mengenai profesi, dengan pengenalan beragam profesi yang baik, maka pengetahuan si kecil tentu saja akan bertambah.

 

Leave a reply
Merusak Barang Tanda Anak Cerdas? Alasan Anak Mengemut Makanan

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!