Alasan Anak Mengemut Makanan

25 February 2020

Ketika anda memiliki anak kecil, anda memang harus bersama ketika anda sedang memberikan si kecil makanan, terutama ketika anda melihat si anak sedang mengemut makanan dengan lama, hal ini membutuhkan kesabaran ekstra, apalagi jika mereka melakukan tersebut dalam waktu yang lama dan tidak di telan.

Hal ini akan membuat aktivitas makan si kecil membutuhkan waktu selama berjam-jam dan membuat kesabaran orang tua akan habis, dan tidak jarang kebiasaan menimbun makanan juga akan meningkatkan risiko tersedak atau hal lain seperti gizi lain yang mungkin buruk bagi tubuh maupun gigi si kecil.

Dan untuk itu, sebagai orang tua anda harus mencari tahu lima alasan mengapa si kecil suka mengemut makanan di dalam mulut mereka.

  • Belum Tahu Cara Proses Makan Yang Benar

Apakah sejak awal si kecil sudah anda kenalkan dengan rasa atau jenis makanan yang bervariasi? Karena jika orang tua tidak mengajarkan tahapan dalam memberikan makanan dan hanya diberi makanan cair atau susu, maka anak anda tentu saja tidak pernah belajar mengunyah dengan baik.

Tidak mengetahui proses makan yang benar yang akan membuat ia akan mengemut makanan di dalam mulut mereka.

Semantara agar anak mau makan, anda bisa berikan makanan bertekstur secara bertahap serta contoh cara makan yang benar.

 

  •  Gigi Sedang Tumbuh

Hal yang normal jika anak balita merasakan gangguan akibat tumbuh gigi, namun pertumbuhan gigi geraham bisa membuat ketidaknyamanan yang dua kali lipat anak akan rasakan dibandingkan pertumbuhan gigi depan mereka.

Jadi alasan mengapa anak suka mengemut makanan yaitu karena ia mengalami tumbuh gigi, ketika gigi anak tumbuh mungkin ia akan sulit untuk mengunyah, tetapi orang tua dapat membantu anak untuk merasa lebih baik dengan membawa anak ke dokter gigi.

 

  • Bosan Dengan Makanan

Salah satu alasan mengapa anak sering mengemut makanan adalah karena makanan yang diberikan tidak dia sukai.

Makanan kurang bertekstur atau terasa hambar bisa menjadi makanan itu dirasa membosankan oleh si balita.

Anak-anak sebenarnya ingin mencoba makanan baru, sementara anak perlu mencicipi makanan yang tidak disukai hingga sepuluh kali sebelum mereka belajar menerimanya.

Dalam hal ini maka anda bisa memvariasikan rasa dan bentuk makanan setiap harinya, dan anda juga bisa menghias dan dibuat dalam bentuk menarik agar selera makan anak terpenuhi.

 

  • Mengalami Sariawan

Ketika anak sedang sariawan atau mengalami masalah kesehatan seperti ini adalah alasan mengapa ia suka mengemut makanan, hal itu bisa dikarenakan ia sedang mengalami sariawan yang terasa sangat menyakitkan, masalah ini tentu saja berpengaruh terhadap indra perasanya yang akan membuat ia akan sulit makan dan minum.

Beberapa anak sendiri mengembangkan kebiasaan mengemut makanan ketika mereka tumbuh dan berkembang secara normal, tetapi anda juga perlu memeriksakan si kecil ke dokter jika ada masalah lain.

  • Jadwal Makan Yang Berdekatan

Mengemut makanan mengakibatkan waktu yang dibutuhkan untuk makan jadi sangat lama hingga jadwal maka si kecil akan mundur, mengemut makanan dapat menjadi dampak apabila waktu makan si kecil terlalu dekat sehingga ia masih merasakan rasa kenyang.

Memaksanya makan juga bukan solusi terbaik untuk anak mau makan.

Lebih baik anda cek kembali jadwal dan menentukan durasi makan anak, cara itu bisa membantu mengajarkan anak bahwa ada batas yang ditentukan berapa dia harus duduk untuk menghabiskan makanan mereka.

Itulah beberapa alasan mengapa anak suka mengemut makanan, dan cara menstimulasi anak menelan salah satunya dengan makan bersama dan menunjukkan anda menikmati makanan tersebut dengan cara yang benar.

Leave a reply
Memberi Tahu Anak Profesi PekerjaanManfaat Infused Water Untuk Si Kecil 

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!