Makanan yang Baik Untuk Usus Anak 

29 January 2020

Sebagai orang tua kita harus mengetahui apa saja yang terbaik untuk anak, termasuk makanan yang baik untuk usus anak.

Sekitar 70 hingga 80 persen dari sistim kekebalan tubuh anak terletak di dalam sistim pencernaan, dimana kesehatan usus dan sistim kekebalan tubuh akan saling berkait, sehingga sangat penting untuk menjaga usus seimbang yang sehat.

Usus sendiri terdiri dari sejumlah besar mikroba yang mempengaruhi fisiologi dan menjaga tubuh maupun otak agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Menjaga kesehatan usus anak balita sebenarnya tidak terlalu sulit, setidaknya Anda bisa memberikan kepada anak Anda lima makanan yang baik untuk menjaga kesehatan usus si kecil, dan berikut adalah informasi selengkapnya yang bisa diberikan kepada Anda mengenai makanan yang baik untuk usus anak.

  • Apel

Jumlah bakteri baik maupun bakteri jahat ditentukan oleh berbagai faktor, terutama dari gaya hidup seseorang, dan bagaimana agar bakteri baik jumlahnya bisa meningkat dan bakteri buruk menurun? Berikanlah apel kepada anak untuk meningkatkan bakteri usus yang baik.

Apel adalah sumber pektin dan kaya serat larut yang baik untuk pencernaan usus si kecil, kemudian jika dipecah oleh bakteri ramah di usus besar, ini artinya bisa meningkatkan volume tinja dan emngatasi sembelit maupun diare.

Jika sering memakan apel sebagai cemilan, maka itu akan menjadi makanan baik untuk menjaga kesehatan usus si kecil.

  • Asparagus

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat memperbanyak jenis bakteri baik di dalam usus, makanan prebiotik memelihara bakteri usus dan membantu menjaga usus tetap sehat dimana asparagus adalah salah satu dari banyak sayuran yang dikenal mememiliki prebiotik yang tinggi.

Asparagus mengandung serat prebiotik bisa dijadikan sebagai bahan bakar bakteri baik di saluran pencernaan anak.

  • Blueberry

Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan anak-anak, hal itu karena pencernaan bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan menghilangkan limbah.

Buah blueberry yang diketahu mengandung anthocyanin yang merupakan sejenis antioksidan yang baik untuk tubuh anab lita akan membantu anak-anak memiliki pencernaan yang bagus.

Selain rasanya yang manis, blueberry ternyata kaya nutrisi dimana makanan tersebut selalu direkomendasikan untuk anak-anak oleh ahli gizi di seluruh dunia, faktanya blueberry bisa membantu mencegah sembelit dan menjaga keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat karena kandungan seratnya.

  • Rumput laut

Kesehatan pencernaan juga dipengaruhi oleh makanan, asupan rumput laut yang tinggi dapat meningkatkan bakteri usus yang baik, rumput laut sendiri memiliki 56 vitamin maupun mineral penting dan mengandung jumlah serat yang tinggi.

Menambah rumput laut ke menu harian anak merupakan cara sederhana untuk memberi tubuh banyak serat probiotik yang sehat bagi usus mereka, rumput laut sendiri memiliki vitamin A, B, C, zat besi, kalsium, dan juga magnesium.

Selain itu mengandung sifat anti inflamasi, protein, serat, dan EPA ke dalam gigitan di rumput laut, jadi rumput laut sendiri terbilang sehat dan aman untuk anak-anak, tetapi untuk itu Anda harus mengonsumsi hal tersebut dalam jumlah sedang.

  • Yoghurt

Makanan probiotik seperti yoghurt nyatanya dapat memelihara bakteri usus dan membantu usus anak agar tetap sehat, yoghurt sangat sehat dalam konstitusi dan sangat di anjurkan untuk anak-anak, mereka juga bisa menikmati berbagai rasa yang ada.

Anak-anak yang minum yoghurt secara teratur cenderung memiliki usus yang di-isi dengan bakteri baik sehingga bisa menjaga kesehatan usus yang menjadi lebih kuat.

Yoghurt sendiri terbuat dari susu difermentasi yang mengandung probiotik untuk dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menghilangkan penyakit usus yang mudah tersinggung.

Itu adalah lima makanan baik yang bisa menjaga kesehatan usus anak, selain dari makanan, Anda juga bisa mencoba mengajak anak Anda untuk berolahraga secara rutin agar memiliki pencernaan yang baik, karena tentu saja setiap olahraga yang dibarengi dengan makan makanan sehat akan membuat anak Anda dan diri Anda juga selalu sehat.

 

Leave a reply
Cara Mendidik Anak Agar Optimal Hindari Corona Dengan Gizi Ini!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!