Hindari Corona Dengan Gizi Ini!

30 January 2020

Melalui gerakan masyarakat hidup sehat, Kemenkes RI memngeluarkan pedoman Gizi Seimbang yang telah disesuaikan dengan perkembangan zaman yang dinilai lebih relevan dengan kehidupan saat ini. Hindari virus corona dengan gizi dibawah ini!

Dengan menerapkan pedoman ini dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan untuk semua masyarakat akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat agar tidak gampang terkena penyakit, salah satunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona NCOV.

Virus corona sendiri adalah keluarga besar virus yang disebabkan oleh penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS atau juga SARS.

Virus corona sendiri termasuk kategori zoonosis yang dapat ditularkan antara hewan dengan manusia, tetapi virus ini diduga bisa menular antara manusia.

Rekomendasi dari WHO untuk mencegah penyebaran infeksi penyakit ini adalah dengan mencuci tangan secara teratur, mnenutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur dengan tepat.

Selain menjaga kebersihan, daya tahan tubuh yang kuat bisa menjadi tameng untuk menjaga diri kita untuk melawan virus corona.

Dan berikut adalah beberapa cara agar kita memiliki gizi yang cukup:

  • Ragam makanan

Biasakan anak untuk mengonsumsi ragam makanan, ini bertujuan agar anak mendapatkan nutrisi lengkap dari beragam makanan.

Bila anak hanya ingin makan ayam goreng, tidak apa untuk mengolah menu yang lebih bervariasi agar anak tetap napsu maka, dan Anda juga bisa mencoba berikan ikan goreng tepung, sayur goreng tepung, atau tempe goreng tepung yang tentu saja mirip dengan ayam goreng.

 

  • Buah dan sayur

Sumber vitamin dan mineral yang terbaik tentu dikenal dari buah dan sayur, walau kini sudah banyak suplemen vitamin dengan rasa manis, tetapi nutrisi dari buah dan sayur ternyata lebih mudah diserap oleh tubuh dan menjadi imun kekebalan tubuh anak.

Itulah mengapa buah dan sayur tidak bisa sepenuhnya digantikan oleh suplemen vitamin, termasuk oleh jus buah kemasan.

 

  • Syukuri dan nikmati

Dorong anak Anda untuk belajar mensyukuri makanan dan minuman yang telah disediakan di rumah atau di sekolah.

Agar bisa mengasah rasa syukur, Anda bisa membacakan dongeng yang berkaitan untuk hal tersebut, atau ajak anak untuk berbagi dengan anak lain yang membutuhkan melalui kegiatan social agar mereka mengerti pentingnya rasa syukur.

 

  • Batasi rasa manis

Orang tua juga perlu membatasi konsumsi anak yang suka makan manis-manisan, asin, dan jug berlemak, karena hal tersebut tentu saja tidak bagus jika Anda berikan secara berlebih.

 

  • Baca label kemasan

Ada banyak informasi yang Anda bisa dapatkan melalui label kemasan, seperti jumlah garam, lemak, maupun tanggal kadaluwarsa makanan tersebut.

Untuk anak usia sekolah, asupan gula yang sehat ialah enam sendok the sehari, sedangkan asupan garam yang direkomendasikan untuk anak-anak adalah 1.900 hingga 2.300 mg sehari.

 

  • Cukup banyak gerak

Ada banyak alas an mengapa anak usia sekolah butuh ruang gerak lebih luas, selain dapat membantu daya kreativitas mereka, mereka juga bisa memiliki imajinasi bahkan ke

mampuan berpikir dan cukup gerak untuk menghindari anak kelebihan berat badan.

Obesitas pada anak dapat memicu sejumlah komplikasi seperti tidak percaya diri, mudah stress, mudah terserang virus, diabetes, bahkan penyakit jantung, dan hal ini tentu saja akan membuat anak lebih rentang terkena penyakit.

 

  • Minum air putih

Pastikan anak Anda dapat mengonsumsi air putih yang cukup dan terjaga kebersihannya, asupan air yang cukup dapat membantu tubuh membuang zat yang berbahaya maupun virus melalui urin. Untuk usia anak 1-3 tahun, mereka membutuhkan cairan sebanyak 1200 ml atau lima gelas air per hari, sedangkan untuk anak berusia 4-6 tahun, mereka butuh 1500ml atau 6 gelas per hari, untuk anak 7-9 tahun, mereka butuh cairan sebanyak 1900 ml atau 7 gelas perhari, sedangkan untuk anak berusia 10 hingga 18 tahun mereka butuh 2000ml atau 8 gelas per hari.

Berikut beberapa cara yang Anda bisa lakukan agar anak Anda memiliki gizi yang cukup agar anak Anda dapat terhindar dari penyakit seperti corona. Hindari yuk virus corona dari kesayangan Anda!

 

Leave a reply
Makanan yang Baik Untuk Usus Anak Begini Cara Atasi Kulit Kering Bayi!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!