Cara Mendidik Anak Agar Optimal 

27 January 2020

Ketika anak berusia empat hingga lima tahun, si kecil masih akan menunjukkan karakteristik anak usia seumuran mereka dimana mereka akan bersikap aktif, senang mengeksplorasi sekitarnya dan mulai belajar mengembangkan kesadaran dirinya menjadi anak yang optimal.

Dan pada tahap tersebut, anak sering sekali sulit di atur dan akan membuat kita sebagai orang tua merasa frustasi, dan oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus tahu bagaimana cara mendidik mereka dengan baik sesuai dengan usia mereka.

Dan agar tumbuh kembang anak bisa optimal, Anda bisa mengikuti beberapa cara untuk mendidik anak pada usia dini di artikel ini, selamat mencoba:

  • Berikan kasih sayang yang cukup

Hal yang harus Anda perhatikan tentu saja mengutamakan kasih sayang kepada anak dalam mendidik anak, cara mendidik anak yang tepat adalah dengan kasih sayang, bukan dengan ajaran yang otoriter.

Mendidik anak dengan sistim yang salah dan tanpa kasih sayang yang sesuai bisa menjadi anak akan melawan orang tua suatu saat nanti.

Bukan hanya dengan perlakuan saja, untuk mengekspresikan kasih sayang kita kepada anak bisa dilakukan secara langsung dengan mengucapkan aku sayang kamu sebelum anak Anda tidur.

 

  • Ajak bermain

Anak akan lebih mudah menyerap sesuatu dan segala hal jika Anda bisa melakukan hal tersebut sambil bermain, untuk itu jika orang tua ingin mengajarkan sesuatu kepada anak, usahakan mengajarkannya melalui permainan kreatif yang akan membuat anak semangat untuk belajar.

 

  • Berikan pujian

Ketika anak Anda melakukan sesuatu yang benar dan baik, maka Anda bisa memberikan pujian kepada anak Anda, gunanya memuji anak Anda tentu saja agar si anak mendapatkan rasa percaya diri bahwa ia memiliki kemampuan untuk melakukan hal yang baik, dan hal itu akan menjadi motivasi yang besar bagi anak untuk mencoba hal yang baru.

 

  • Ajarkan tentang agama

Pendidikan agama dalam keluarga adalah hal yang penting dan menjadi bagian dari pendidikan karakter anak, dengan pendidikan yang baik di rumah maka karakter anak bisa berkembang ke arah yang positif.

Dengan memberikan pendidikan agama yang sesuai dengan agama yang di anut oleh keluarga, maka pemahaman agama bisa menjadi benteng moral bagi anak seumur hidupnya, selain itu orang tua harus

bisa menunjukkan betapa pentingnya berbuat baik terhadap sesama dan berikanlah contoh kepada anak Anda.

 

  • Gunakan kalimat positif

Jika ingin menegaskan kewajiban dan tanggung jawab di rumah dan menjadi anak optimal, Anda bisa hindari pemakaian kata yang negatif, Anda bisa menggunakan kalimat positif bukan kalimat suruhan, Anda bisa mengatakan bahwa Anda menyukai jika anak Anda rajin, bukan memerintah agar anak Anda melakukan ini itu seperti yang Anda inginkan.

Selain kalimat positif, Anda juga bisa berbicara dengan intonasi lembut pada anak Anda, meski anak masih berusia empat hingga lima tahun dan sering membuat kesabaran Anda habis, tetapi Anda harus bisa lakukan dengan bicara lembut kepada anak Anda.

 

  • Berikan dukungan

Berikanlah dukungan dimana anak usia empat hingga lima tahun merupakan saat dimana anak sedang melakukan eksplorasi kepada lingkungan mereka, dan hal itu juga merupakan hal yang tepat untuk mengajarkan hal baru yang belum diketahui oleh anak Anda.

Cara mendidik anak perempuan dan cara mendidik anak laki laki yang benar yaitu dengan memberikan dukungan orang tua selama anak Anda melakukan hal yang benar dan mendukung kemajuan anak Anda.

 

  • Jangan tanamkan hal negatif

Hal negatif Anda tidak boleh tanamkan pada anak Anda, terlebih jika Anda ingin menakutinya, bila anak sulit diberi tahu, Anda jangan mencoba memaksanya menurut kepada Anda dengan menakut-nakutinya, karena anak akan merasa trauma dan tidak ingin mencoba sesuatu hal yang baru karena ketakutan.

Kita juga tidak boleh berbohong, karena anak kecil masih polos, jadi ketika orang tua mengatakan sesuatu, maka itu akan menjadi hal yang ia akan pegang teguh.

 

Leave a reply
Menjadi Orang Tua Tanpa Stress Makanan yang Baik Untuk Usus Anak 

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!