Obat Alami Dari Bumbu Dapur

18 February 2020

Ketika anak mengalami sakit, tentu saja sebagai orang tua kita akan merasa khawatir dan resah hingga kita tidak fokus pada apa yang harus kita lakukan untuk merawat sang buah hati. Dan Anda bisa memberinya obat alami dengan racikan dari bumbu dapur.

Merawat anak yang sedang sakit memang perlu kesabaran dan ketenangan, karena anak belum bisa mnejelaskan apa yang dia rasakan, itu akan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua yang sedang mengurus anak mereka yang sedang sakit.

Dan kita sendiri terkadang suka lupa dengan obat dari bumbu dapur yang ada di rumah hingga kita memakai obat dari dokter yang mengandung kimia yang kita beli di apotek.

Selain obat-obatan, ternyata kita bisa membantu menyembuhkan anak yang sedang sakit dengan obat herbal, dan salah satu dari obat itu bisa saja bumbu dapur yang ada di rumah.

Dan berikut adalah beberapa bumbu dapur yang bisa menjadi obat alami ketika anak sedang sakit.

  • Bawang merah

Bawang merah bisa digunakan sebagai obat alami saat anak mengalami demam, dimana kandungan flavonoid yang ada di bawang merah berfungsi untuk anti radang, anti bakteri dan juga bisa menurunkan panas anak.

Bawang merah sendiri juga efektif mengatasi perut kembung, dan cara memakainya adalah bawang merah yang sudah ditumbuk Anda campur dengan minyak telon lalu oleskan ke perut atau seluruh bagian tubuh anak.

Maka ramuan bawang merah tersebut akan menghangatkan perut sehingga menimbulkan efek rileks, dan perut kembung maupun demam akan teratasi.

 

  • Bawang putih

Masih banyak yang belum tahu manfaat dari bawang putih untuk anak-anak, bawang putih ternyata bisa mengobati setidaknya sembilan penyakit yang sering diderita oleh anak balita.

Bawang putih sendiri bisa dijadikan sebagai denkongestan alami yang bisa mengatasi batuk, menyembuhkan gangguan pernapasan hingga mengurangi radang di tenggorokan dan mengurangi produksi lendir.

Fungsi lain bawang putih bisa jadi pembasmi cacing yang hidup di perut anak.

 

  • Jahe

Bumbu dapur yang ini memang sudah dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh anak maupun orang dewasa.

Jahe memiliki vitamin C, B6, riboflavin, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Jahe sendiri memiliki kandungan biokimia yang dapat mengendalikan penyebaran rhinovirus penyebab demam.

Jahe sering sekali dijadikan obat alami saat anak sesak napas yang terjadi akibat radang membran mukus, dan caranya hanya memberikan seperempat sendok teh jahe parut ditambah madu sebanyak tiga kali sehari.

 

  • Kencur

Kencur juga bisa menjadi pilihan Anda saat anak sedang sakit, bumbu dapur tersebut bisa bantu meredakan batuk dan membuat saluran pernapasan jadi lebih lega.

Cara membuat kencur untuk obat batuk juga tergolong mudah, parutlah kencur, peras, dan ambillah airnya, tambahkan sedikit air, garam, dan juga madu, setelah itu Anda bisa aduk hingga rata.

Minumlah dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur agar batuk anak cepat reda.

 

  • Temulawak

Kandungan kurkumin yang ada dalam temulawak memiliki fungsi anti peradangan yang akan membantu meningkatkan sistim kekebalan tubuh anak.

Temulawak sendiri memiliki efek farmakologi yang bersifat laksatif atau pencahar.

Sifat anti hepototoksik yang ada pada temulawak bisa diartikan sebagai penangkal keracunan pada empedu, jadi jika anak sedang mengalami masalah pada pencernaan mereka, maka Anda bisa berikan temulawak kepada anak.

Itu dia beberapa bumbu dapur yang mungkin selalu ada di rumah Anda yang Anda bisa jadikan obat herbal bagi anak Anda ketika anak Anda baru mengalami sakit.

 

Leave a reply
Melatih Anak Agar Berani Dan Mandiri Merusak Barang Tanda Anak Cerdas? 

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!