Kenali 5 Masalah Umum Masalah yang Kerap Dihadapi

9 November 2018

Balita adalah masa-masa usia pertumbuhan yang masih rawan. Berbagai masalah kerap dialami dan kebanyakan orang tua mungkin masih bingung bagaimana mengantisipasinya. Mengatasi masalah umum balita memang tidak bisa dilakukan sembarangan, karena pertumbuhan yang masih rawan harus dihadapi dengan hati-hati.

Untuk dapat mengatasinya, berikut ini 5 masalah umum balita yang perlu Anda tahu.

  1. Susah Makan

Masalah Umum Balita

bayisusahmakan.com

Masalah umum balita yang pertama adalah susah makan. Sepertinya hampir semua balita mengalami ini. Seringkali anak menolak ketika disodorkan makanan, meskipun makanan itu enak. Susah makan jika dibiarkan akan berbahaya karena berhubungan langsung dengan perkembangan si kecil.

Jangan panik lalu memaksa anak makan, ini tidak dibenarkan. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti membuat variasi makanan yang beragam, membuat cemilan sehat dan bergizi, ciptakan suasana makan yang menyenangkan atau mungkin mengenalkan pentingnya makanan.

Selain cara tersebut, Anda dapat mencoba berbagai cara kreatif lainnya sesuai yang Anda bisa agar anak menjadi tertarik makan, terutama makanan bergizi tinggi.

  1. Susah Minum Susu

Masalah Umum Balita

mommyasia.id

Dalam proses tumbum kembang balita, susu merupakan salah satu penunjang gizi yang penting. Tidak sedikit orang tua yang kelimpungan karena anaknya susah kalau disuruh minum susu. Padahal tidaknya balita memerlukan sedikitnya 350 ml susu setiap hari.

Untuk itu, Anda dituntut kreatif agar dapat membuat anak tertarik minum susu. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara mencampur susu dengan sereal karena biasanya anak sangat suka sereal. Atau bisa juga Anda menyajikan susu semenarik dan sekreatif mungkin sehingga anak tertarik.

  1. Susah Tidur

Masalah Umum Balita

meetdoctor.com

Susah tidur juga merupakan masalah umum balita. Untuk menjadi anak yang sehat, setidaknya setiap hari balita harus tidur 11 jam saat malam dan 1,5 jam saat siang, lebih sedikit tidak apa-apa. Jangan jadi masalah apabila tidur anak Anda kurang dari itu.

Banyak cara yang bisa diterapkan, seperti dongeng sebelum tidur, membuat rutinitas teratur, belaian manja saat akan tidur atau cara kreatif Anda sendiri

  1. Agresif

Masalah Umum Balita

parentingclub.co.id

Anak Anda aktif? Itu baik. Aktif bukan berarti nakal, itu justru tanda anak cerdas. Tapi yang harus diperhatikan adalah apabila anak Anda sudah aktif berlebihan hingga menjadi agresif. Terkadang ini berakibat fatal hingga menjadi masalah.

Anda sebagai orang tua harus cermat dalam mengatasi masalah umum pada balita yang satu ini. Tetap tenang, jangan emosi apalagi sampai memaki atau memukulnya karena itu sangat berbahaya. Apabila ia bertindak agresif hingga melukai anak-anak disekitarnya coba jauhkan, bawa ia ke tempat tenang dan diamkan. Setelah ia mampu tenang baru ajak bicara dengan lembut.

  1. Diare

Masalah Umum Balita

obatnanoteknologi.com

Selain 4 masalah umum balita di atas, masalah umum lain yang kerap muncul adalah masalah kesehatan, seperti misalnya diareyang disebabkan oleh kuman. Sebenarnya diare tidak terlalu bahaya karena hanya dehidrasi ringan atau haus berlebih. Tapi tentu saja ini tidak bisa dibiarkan.

Untuk mengantisipasi ini Anda bisa memberikan lebih banyak air minum agar dehidrasi teratasi. Atau apabila masalah ini terus berlanjut sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.

Masalah umum balita ada bermacam-macam, cara pertama jika anak Anda mengalaminya adalah jangan panik. Semakin Anda panik akan semakin sulit untuk menghadapi masalah ini. Tenang dan lakukan beberapa tips di atas. Dengan begitu masalah akan teratasi dengan baik.

Leave a reply
Anak Terlambat Bicara? Pahami 7 Penyebabnya dan Cara MengatasinyaBuah Hati Anda Sering Rewel? Pahami 5 Tips Mendidik Anak Usia 2 Tahun yang Benar

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!