Ini Dia 5 Cara Mengarahkan Anak ke Jurusan Kuliah Idaman Sejak Dini

21 February 2019

anda ingin anak masuk ke jurusan kuliah yang sesuai dengannya? Sebetulnya hal itu bisa dipupuk sejak kecil lho. Ya, banyak anak yang mengalami kebingungan hingga stress menjelang lulus SMA karena tidak tahu apa yang harus mereka lakukan dan jurusan kuliah mana yang dapat mereka masuki. Ini sangat berbahaya karena bisa-bisa, anak akan salah jurusan kuliah dan akibatnya, anak pun tidak akan betah di kampus.

anda tak mau bukan hal seperti ini terjadi pada anak anda? Untuk itu, sejak dini, yuk lakukan hal-hal ini supaya anda dapat mengetahui minat anak sejak dini dan mengarahkannya pada jurusan kuliah yang sesuai dengannya kelak. Apa sajakah itu? Ini dia

Mengamati kesukaannya

Anak-anak punya kesukaan khusus sejak kecil. Apakah dia suka berhitung? Suka dengan bahasa? Atau suka dengan planet-planet? Amati dan bila positif, maka arahkan dia untuk mendalami kesukaan itu. Nah, kesukaan itu nantinya dapat berkembang dan berguna bagi masa depannya.

Bila anak tahu yang dia sukai, maka dia pun tidak akan bingung dengan apa yang harus diambil di masa depan kelak. Dia tidak akan galau menjelang lulus SMA dan justru bersemangat dengan apa yang akan dia hadapi.

 

Ajarkan semua pelajaran dengan menyenangkan

Bukan hanya mempelajari apa yang menjadi minatnya, anak juga harus diajarkan untuk menyukai semua mata pelajaran. Pasalnya, semua pelajaran sebetulnya menunjang berbagai kesukaan dan akan berguna untuk kehidupannya kelak saat dia dewasa.

Nah, jangan lupa untuk mengajarkan berbagai pelajaran dengan cara yang menyenangkan. Gunakan bantuan aplikasi online dan buatlah soal-soal yang asyik dan berhubungan erat dengan kehidupan kita. Jangan marahi juga ya, kalau nilai dia kurang memuaskan.

 

Diskusikan dengannya

Banyak orangtua yang mengarahkan anak ke jurusan kuliah tertentu bukan karena anak mereka menyukainya, tetapi karena obsesi orangtua sendiri. Tidak salah kok, mengarahkan anak ke jalan yang tepat, tetapi dengarkan pula pendapat anak. Jangan sampai anda memaksanya masuk ke jurusan tertentu yang dia benci.

Tanyakan kepada anak mengapa dia menyukai hal tersebut. Apabila menurut anda jurusan tersebut kurang potensial, maka anda bisa mengarahkannya ke jurusan lain yang mungkin dapat dia ikuti dan juga potensial.

 

Beri les tambahan

anda juga bisa memberikan anak les tambahan terkait bidang tertentu yang disukainya. Ya, dengan les tambahan, anak akan dapat mengembangkan minatnya dengan lebih optimal. Selain itu, les juga tidak mengekang dan tidak membebani seperti halnya sekolah.

Namun, apabila jadwal anak sedang padat, sebaiknya anda tak memaksanya untuk ikut les. Karena, anak bisa saja merasa kelelahan dan pada akhirnya kehilangan selera atas minatnya tersebut. Tak mau bukan hal itu terjadi pada anak anda?

 

Cari informasi lomba

Berbagai kompetisi juga dapat membuat anak anda menjadi lebih bersemangat dalam mengembangkan minatnya dan mendapatkan pandangan baru atas hal itu. Cobalah cari informasi mengenai lomba-lomba di kota anda melalui situs event di Internet atau di media sosial.

Namun anda juga harus tetap mengingatkan anak anda untuk tidak terlalu berambisi menang. Biarkan anak menikmati kompetisi sebagai salah satu cara untuk mengembangkan bakatnya dan bukan sebagai tujuan utama.

 

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk bisa mengarahkan anak pada jurusan kuliah yang dia sukai sejak dini. Anak pun akan dapat memanfaatkan waktu bersekolahnya dengan baik dan tidak akan menyia-nyiakan masa SMA. Selamat mencoba, ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Cara Memanfaatkan Gadget Untuk Mendidik AnakAnak Ketagihan Gadget? Simak 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!