Ingin Anak gemar Membaca? Ini 7 Buku Bacaan Anak yang Cocok untuk Usia 2-6 Tahun

18 May 2018

Anak belum mahir membaca diberi buku bacaan anak? Mana bisa? Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir. Sebab, buku-buku ini telah didesain khusus untuk anak-anak usia dini. Jika Ayah dan  Bunda mengenalkan buku sejak dini, bisa jadi ke depannnya si kecil menjadi anak yang gemar membaca. Tentunya dengan teladan dari orang tua juga.

Membaca buku akan lebih asyik jika dilakukan bersama-sama. Buku bacaan anak yang sebagian besar berupa gambar dengan penuh warna dapat membantu meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Salah satu cara menikmati buku bersama anak yaitu membacakan atau mendongeng.

Setidaknya ketujuh buku berikut ini bisa Bunda dan Ayah miliki untuk menghabiskan waktu bersama buah hati.

 

Seri Kisah 25 Nabi dan Rasul

Buku Bacaan

gemainsani

Buku seri besutan Watiek Ideo ini berjumlah 5 buku dengan masing-masing berisi 5 kisah Nabi dan Rasul. Jika kebanyakan di pasar untuk buku ini dibuat dengan teks yang penuh, tidak untuk buku seri ini. Buku-buku ini dibuat ramah untuk anak-anak usia dini, yang mana lebih menonjolkan ilustrasi dengan tetap diberi teks namun tidak banyak.

 

Paket Pra Sekolah Rabbit Hole

Buku Bacaan

rabbitholeid

Beberapa tahun terakhir, buku-buku Rabbit Hole banyak diperbincangkan. Pasalnya, buku-buku ini mirip dengan buku impor namun diproduksi oleh perusahaan lokal Indonesia. Asyiknya, buku-buku paket pra sekolah ini dibuat dengan kertas tebal, ada flip flop, gambar timbul, sentuh dan rasa, geser tarik, serta pop up.

Ada lima judul untuk paket ini, yaitu Asal Mula Namaku, Kado yang Menakjubkan, Liburan Terbaik, Buku Emosi dengan karakter perempuan atau laki-laki, dan Buku Hop. Selain pengenalan huruf, buku-buku ini juga memuat pengenalan emosi, pengenalan tempat wisata, kuliner, dan tumbuh kembang makhluk hidup. Ayah dan Bunda bisa memilih versi bahasa, yaitu Inggris atau Indonesia.

 

Seri Franklin

Buku Bacaan

Prelo

Buku bacaan anak ketiga ini menjadikan seekor kura-kura kecil menjadi tokoh utama. Seperti judulnya, si kura-kura bernama Franklin. Ayah dan Bunda dapat bercerita sekaligus menyampaikan pendidikan karakter seperti menyelesaikan konflik dengan teman, sikap ketika memiliki adik, menyikapi rasa takut, meminta maaf, dan sebagainya. Buku seri ini memiliki banyak judul, yaitu lebih dari 80 judul.

 

The Tale Of Peter Rabbit

Buku Bacaan

Amazon

Buku-buku karya Beatrix Potter ini berbentuk bilingual. Ia menulis dan membuat ilustasinya sendiri. Buku ini dibagi ke dalam 12 judul, di antaranya yaitu Kisah Benyamin Kelinci, Kisah Tom Kucing, Kisah Nutkin tupai, Kisah Jeremy Pengail, Kisah Peter Kelinci, Kisah Johnny Si Tikus Kota, Kisah Penjahit Gloucester, dan lain sebagainya.

 

Seri 7 Kebiasaan Anak Bahagia Karya Sean Covey

Buku Bacaan

nadiakhaerunnisa

Sama seperti The Tale Of Peter Rabbit, buku ini juga dibuat bilingual. Ditulis oleh Sean Covey dengan judul asli The 7 Habbits of Happy Kids. Buku ini dibagi ke dalam 7 cerita dengan 7 karakter anak yang dikisahkan dengan tokoh utama hewan. Ketujuh judul buku ini yaitu, Diriku Seperti Apa Adanya, Bila Aku Tumbuh Dewasa, Tempat untuk Segala Sesuatu, Sammy dan Kue Pai Kenari, Lily & Kue yang Tidak Enak, Sophie dan Puisi Sempurna, serta Goob dan kakeknya.

 

Seri Anak Hebat

Buku Bacaan

rumahdafa

Buku bacaan anak terbitan noura book ini berbenfuk boardbook. Bertokoh utama Nabil atau Naura. Selain penuh warna, buku ini juga bertujuan untuk mengenalkan kosa kata baru, membentuk kepribadian anak, dan meningkatkan kreativitas. Ada banyak judul, beberapa di antaranya yaitu Aku Bilang Tolong, Aku Bilang Maaf, Aku Bilang Terima Kasih, Aku Bilang Permisi, dan lain sebagainya.

 

My Adventures Stories

Buku Bacaan

Pinterest

Buku berukuran 14 x 14 cm yang terdiri atas 4 judul ini merupakan karya DK. Wardhani. Menawarkan petualangan yang sederhana, tidak imajinatif, dan tidak rumit. Ada 4 judul, yaitu Busy Boat,  Comfy Car, Trackie Train, dan Dazzling Plane.

Ayo, Ayah dan Bunda, berikan nutrisi si kecil dengan buku bacaan anak yang sesuai usia. Mudah kok untuk mendapatkannya, bisa ke toko buku atau belanja secara online.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ketahui 8 Tantangan yang Sering Dihadapi Anak KidalBermain Sambil Belajar, Permainan Ini Dapat Membuat Anak Menjadi Pintar dan Kreatif, Lho!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!