Ragam Manfaat Membaca bagi Perkembangan Anak

12 February 2018

Membaca adalah kegiatan bermanfaat yang dapat menambah ilmu. Tidak hanya orang dewasa saja, membaca juga memberikan manfaat positif pada anak-anak. Namun, permasalahan yang kerap dialami bagi sebagian orang tua adalah sangat sulit untuk mengajak serta mengajarkan si kecil agar gemar membaca. Hal ini dikarenakan banyaknya anak yang menilai bahwa membaca adalah kegiatan membosankan. Namun, para orang tua harus menanamkan kebiasaan ini sejak dini kepada anak. Berikut ini ragam manfaat membaca bagi perkembangan anak yang perlu Anda ketahui.

Menambah Kosakata

Menambah Kosakata - cdn.skim.gs

Menambah Kosakata – cdn.skim.gs

Melalui kegiatan membaca, anak akan terbiasa mendengar kosakata baru sehingga dapat memperkaya mereka dalam memahami kata-kata yang ada di sekitar. Hal ini juga menjadi salah satu cara efektif untuk membuat otak lebih berkembang.

Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi

Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi - 2.bp.blogspot.com

Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi – 2.bp.blogspot.com

Semakin banyaknya perbendaharaan kata yang dimiliki akan membantu anak lebih mudah untuk berkomunikasi. Mereka akan lebih percaya diri saat mengatakan sesuatu. Susunan baik saat berbicara juga secara perlahan akan memengaruhi anak dalam berbicara.

Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas

Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas - cdn2.tstatic.net

Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas – cdn2.tstatic.net

Manfaat membaca bagi perkembangan anak lainnya adalah mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Informasi yang didapatkan saat membaca dapat mengembangkan sisi kreatif otak sehingga anak cenderung terpancing untuk mengetahui sesuatu secara lebih.

Melatih Kemampuan Berpikir

Melatih Kemampuan Berpikir - www.educenter.id

Melatih Kemampuan Berpikir – www.educenter.id

Melatih anak berpikir secara logis, itu juga menjadi salah satu manfaat membaca bagi perkembangan anak. Saat Ayah Bunda membacakan buku untuk si kecil, mereka akan belajar memahami sebab dan akibat yang cenderung mengarahkan pada cara berpikir logis.

Membangun Hubungan Erat Antara Anak dan Orang Tua

Membangun Hubungan Erat Antara Anak dan Orang Tua  - www.arrahmah.com

Membangun Hubungan Erat Antara Anak dan Orang Tua – www.arrahmah.com

Kegiatan membacakan buku adalah proses komunikasi interaktif yang terjadi antara anak dan orang tua. Keceriaan serta kehangatan dipercaya dapat membangun ikatan emosional sehingga meningkatkan kualitas hubungan antara kedua pihak.

Membentuk Pola Perilaku pada Anak

Membentuk Pola Perilaku pada Anak - hellosehat.com

Membentuk Pola Perilaku pada Anak – hellosehat.com

Membentuk pola perilaku pada anak juga menjadi manfaat membaca bagi perkembangan anak yang positif. Menanamkan pendidikan karakter pada anak bisa dilakukan melalui bacaan. Anda bisa memilih buku yang mengandung nilai-nilai sosial sehingga anak dapat mempelajari bagaimana cara berperilaku baik.

Menambah Ilmu Pengetahuan

Menambah Ilmu Pengetahuan - munduk.co

Menambah Ilmu Pengetahuan – munduk.co

Membaca adalah jendela dunia. Ada banyak informasi yang bisa didapatkan dengan kegiatan tersebut. Membiasakan anak membaca sejak dini tentunya akan membantu mereka untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Meningkatkan Prestasi Akademik

Meningkatkan Prestasi Akademik - abiummi.com

Meningkatkan Prestasi Akademik – abiummi.com

Membaca dapat membantu meningkatkan prestasi akademik si kecil. Mereka sudah terbiasa dibacakan buku sejak dini sehingga akan berdampak baik pada rutinitas yang mereka lakukan, baik di sekolah atau rumah. Membaca bukanlah hal yang menakutkan, justru menjadi kegiatan menyenangkan.

Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak - abiummi.com

Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak – abiummi.com

Anak Anda tergolong sulit saat disuruh membaca? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak, yaitu:

Membiasakan Kegiatan Membaca dengan Anak Secara Rutin

Membiasakan Kegiatan Membaca dengan Anak Secara Rutin  - lilchitchat.com

Membiasakan Kegiatan Membaca dengan Anak Secara Rutin – lilchitchat.com

Sebagai orang tua, Anda memiliki peran penting dalam meningkatkan minat membaca pada anak. Berikan pemahaman kepada anak bahwa membaca adalah kegiatan menyenangkan. Hindari memaksanya untuk melakukan kegiatan ini saat mereka sedang lelah. Sebaliknya, carilah waktu tepat agar anak merasa mood untuk membaca bersama Anda.

Menyesuaikan Pemilihan Buku dengan Umur Anak

Menyesuaikan Pemilihan Buku dengan Umur Anak - www.jenningswire.com

Menyesuaikan Pemilihan Buku dengan Umur Anak – www.jenningswire.com

Sediakan buku yang sesuai dengan umur anak di rumah Anda. Selain itu, tempatkan buku atau majalah di rak yang rapi serta mudah dijangkau oleh anak-anak.

Mengajak Anak ke Toko Buku

Mengajak Anak ke Toko Buku - paskalina.

Mengajak Anak ke Toko Buku – paskalina.

Sesekali ajak anak Anda ke toko buku dan biarkan melihat-lihat koleksi yang ditawarkan di rak.

Nah, itu dia ragam manfaat membaca bagi perkembangan anak serta tips menumbuhkan minatnya terhadap buku. Semoga bermanfaat ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Mom, Ini Dia Pola Asuh yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghindari Anak Menjadi LGBT Ketika DewasaYuk, Cegah Penyakit Difteri pada Anak dengan 7 Cara Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!