Cara Anak Lebih Senang Makan

17 December 2019

Namanya anak-anak pasti akan rewel dan pilih makanan yang ada di rumah atau ketika saat mereka makan, dan Anda sebagai orang tua tentu saja terkadang kesal dan marah karena anak Anda memilih milih makanan, tetapi Anda juga bisa membuat waktu bermakan anak Anda menyenangkan agar anak Anda mau makan makanan tersebut dengan senang.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar anak Anda dapat menikmati waktu makan malam sekaligus memiliki pola makan yang baik, dan berikut adalah beberapa caranya.

  • Berikan Alat Makan Yang Lucu Dan Unik

Cara pertama yang bisa menjadikan waktu makan anak menyenangkan adalah dengan memberikan anak peralatan atau tempat makan yang lucu dan menarik, bahkan kalau bisa yang mudah ia genggam.

Peralatan makan yang mudah digenggam tentu saja akan membuat anak Anda menikmati waktu makan mereka, selain menarik perhatian, peralatan makan yang unik bisa mengingatkan anak pada saat ketika mereka mau kembali makan.

  • Ajak Anak Membantu Menyiapkan Makanannya

Ketika Anda sedang memasak makanan untuk anak Anda maupun untuk seluruh keluarga, Anda bisa meminta bantuan anak Anda agar si kecil merasa semangat untuk makan. Coba ajak anak Anda membantu Anda mempersiapkan seperti mencuci sayuran, mengambil makanan, dan tentu saja hal tersebut bisa membangkitkan selerea dan membuat aktivitas makan si kecil akan menjadi salah satu aktivitas yang di tunggu-tunggunya.

  • Berikan Makan Sambil Bercerita

Anak anak biasanya senang melakukan sesuatu sambil bercerita, maka tidak ada salahnya bagi Anda para orang tua untuk membuat waktu makan anak Anda menyenangkan sambil bercerita, ketika makan, Anda bisa bercerita tentang hewan atau tentang kegiatan yang disukai oleh anak Anda, dengan begitu anak Anda akan menunggu waktu makan kembali agar dirinya bisa mendengar cerita dari diri Anda.

Kita juga bisa memilih peran atau tokoh cerita yang menjadi lauk makanan anak Anda, dengan mengumpamakan si kecil sebagai pemeran dalam cerita tersebut, dan hal tersebut tentu saja akan membuat anak semakin semangat untuk makan.

  • Kreasikan Makanan

Saat kecil, waktu bagi setiap anak untuk mencari tahu mengenai sesuatu yang ada di sekitar mereka, dan termasuk makanan yang akan Anda siapkan, Anda bisa melatih motorik anak sambil membuat waktu makan menjadi menyenangkan.

Anda bisa membiarkan anak Anda makan dan membuat suatu kreasi pada makanan miliki anak Anda, biarkan sang anak menaruh saus, kecap, atau mayones di makanan mereka tetapi tetap harus dalam pengawasan Anda, selain itu Anda juga bisa membuatkan makanan atau bekal dengan model model binatang atau seunik mungkin dengan sayur dan lauk pauk, hal tersebut akan membuat anak senang melihat makanannya dan akan menghabiskan makanan tersebut dengan cepat.

 

  • Makan Beramai-ramai

Ketika Anda memberikan makanan kepada anak Anda, Anda juga bisa membiarkan si kecil bersosialisasi, anak-anak sendiri biasanya senang ketika dirinya makan bersama banyak orang atau sambil beraktivitas dengan temannya, dan untuk itu Anda bisa mengajak anak Anda untuk bermakan bersama keluarga atau sesekali mengundang teman anak Anda untuk makan bersama di rumah-nya.

 

  • Berikan Hadiah

Yang terakhir Anda bisa memberikan hadiah atau penghargaan kepada anak Anda ketika mereka berhasil makan dengan baik dan benar, Anda bisa memberikan hadiah atau berikan tepuk tangan, memeluk-nya, memuji-nya atau juga Anda bisa membiarkan anak Anda mencuci tangan mereka sendiri sehabis makan, dan tentu saja hal tersebut akan membuat anak Anda ingin mengulang hal yang sama ketika mereka sedang makan.

 

Leave a reply
Sabun Atau Hand Sanitizer? Bahaya Makeup Untuk Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!