Persiapan yang Perlu Dilakukan saat Anak Mau Masuk TK

16 November 2016

Melihat anak tumbuh semakin besar dan hendak memasuki usia sekolah TK tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi orang tua. Sekolah TK merupakan pengalaman yang dianjurkan oleh para ahli sebelum anak memasuki sekolah yang sebenarnya di tingkat pendidikan sekolah dasar. Tetapi, terkadang momen bahagia ini juga menjadi momen yang cukup mencemaskan bagi orang tua, terutama pada saat melepaskan anak pertama kalinya ke sekolah TK. Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan orang tua saat anak mau memasuki taman kanak-kanak:

Jelaskan Gambaran Positif tentang Sekolah

Jelaskan Gambaran Positif tentang Sekolah

Jelaskan Gambaran Positif tentang Sekolah

Sebelum anak memasuki dunia sekolah, berikan gambaran yang menyenangkan tentang apa itu sekolah dan apa saja yang bisa dilakukan di sekolah. Jelaskan kepada si kecil bahwa di sekolah TK dia akan bertemu dengan teman-teman baru, guru-guru baru yang baik hati, serta dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti bernyanyi dan bermain.

Mengenalkan Lingkungan Sekolah

Mengenalkan Lingkungan Sekolah

Mengenalkan Lingkungan Sekolah

Sebelum periode masuk sekolah, ajak anak untuk berkunjung ke sekolah TK yang akan Anda pilih. Ajak si kecil jalan-jalan untuk mengetahui lingkungan sekolah dan ruang kelasnya serta kenalkan kepada guru-guru yang mengajar di sana. Hal ini akan membantu anak mengenal lingkungan barunya dan tidak terlalu merasa asing saat pertama kali masuk sekolah. Hal ini juga memudahkan anak TK untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Melatih Anak untuk Mandiri Melakukan Beberapa Hal

Melatih Anak untuk Mandiri Melakukan Beberapa Hal

Melatih Anak untuk Mandiri Melakukan Beberapa Hal

Sebelum anak masuk sekolah TK, sebaiknya Anda mengajarkan beberapa keterampilan dasar seperti buang air kecil, cuci tangan, dan makan secara mandiri. Pastikan anak mampu melakukan cebok, mengenakan rok atau celananya kembali, dan cuci tangan agar dia tidak malu atau panik jika ingin buang air di sekolah.

Melatih Anak untuk Duduk dan Mendengarkan

Sitting Kid

Sitting Kid

Anak perlu dilatih untuk bisa duduk dan mendengarkan karena sebagian kegiatan kelas mencakup kedua hal tersebut. Anda bisa melatih anak untuk duduk dan mendengarkan dengan baik dengan cara sering membacakan buku cerita pada mereka.

Ajari Anak Mengikuti Petunjuk

Ajari Anak Mengikuti Petunjuk

Ajari Anak Mengikuti Petunjuk

Ajari anak untuk memerhatikan dan mengikuti petunjuk seperti “Tolong ambilkan”, “Tolong dibuang”, dan lain sebagainya. Hal ini penting karena anak TK akan mendapat beberapa petunjuk atau instruksi dari guru atau ketua kelas misalnya diminta berbaris, mengambil buku gambar, melipat kertas, dan berbagai instruksi lainnya.

Ajari Anak Bersosialisasi

Ajari Anak Bersosialisasi

Lingkungan baru dan teman-teman baru terkadang menjadi stresor tersendiri bagi anak. Melatih anak bersosialisasi dan mengenal orang baru merupakan hal penting untuk mengurangi kecemasan anak TK saat pertama kali masuk sekolah. Ajak anak bermain dengan teman-teman baru di lingkungan rumah terlebih dahulu atau ajak anak mengikuti kelas menggambar atau menari bersama anak-anak lainnya. Saat anak terbiasa bertemu teman baru dan dapat bermain bersama mereka, maka anak juga lebih mudah untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman-teman barunya di sekolah.

Melatih Kemampuan Motorik Anak

Melatih Kemampuan Motorik Anak

Anak perlu dilatih mengasah kemampuan motoriknya. Kegiatan seperti memegang pensil, menulis nama sendiri, menggambar, dan menggunting merupakan beberapa kemampuan motorik yang diperlukan saat anak sekolah TK. Oleh karena itu, orang tua perlu mengajarkan beberapa kegiatan tersebut di rumah sebelum anak memasuki periode sekolah.

Siapkan Dana Pendidikan

Siapkan Dana Pendidikan

Siapkan Dana Pendidikan

Selain persiapan anak dalam menghadapi lingkungan baru di sekolah, orang tua juga perlu mempersiapkan dana pendidikan saat anak TK. Hal ini dikarenakan banyak sekolah TK favorit yang biayanya cukup menguras kantong. Selain itu, orang tua juga perlu mempertimbangkan dana pendidikan anak untuk tingkat sekolah di atasnya setelah anak menyelesaikan pendidikan taman kanak-kanaknya.

Demikian beberapa persiapan yang perlu dilakukan saat anak mau masuk sekolah TK. Semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Tips Membangun Karakter Positif Anak Sejak Usia Dini4 Aktivitas Pintar Untuk Anak Prasekolah

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!