Bingung Mengatasi Anak Demam di Malam Hari? Jangan panik, Lakukan 7 Tips Berikut Ini

26 July 2019

Demam adalah salah satu kondisi yang akan dialami si kecil bila terserang penyakit. Bahkan kondisi tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba, termasuk di malam hari. Jangan panik, berikut ini beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak demam di malam hari.

Ukur Suhu Tubuhnya

Mengatasi Anak Demam

Anda perlu mengukur suhu tubuh si kecil untuk menentukan langkah selanjutnya. Alih-alih sekadar menempelkan punggung tangan di dahi, lebih baik gunakan termometer sehingga Anda dapat mengetahui suhu tubuhnya secara akurat.

Suhu tubuh anak normal berada di antara 36 – 38 °C. Sesuai dengan yang disampaikan Ikatan Dokter Anak Indonesia, suhu yang berada di atas rentang tersebut mengindikasikan kondisi demam

Kompres dengan Air Hangat

Mengatasi Anak Demam

pixabay.com

Untuk langkah awal, Anda perlu mengompres anak dengan air hangat. Tindakan ini tentu bukan hal baru; para orang tua sejak dulu sudah menerapkannya bila anak terkena demam. Meski tidak sepenuhnya membantu, setidaknya dapat menurunkan panas anak untuk sementara.

Atur Suhu Ruangan

Mengatasi Anak Demam

pixabay.com

Pastikan suhu udara terasa sejuk sehingga anak merasa nyaman walaupun tengah mengalami demam. Anda bisa mengatur suhu dengan fasilitas AC, atau setidaknya nyalakan kipas angin dengan mode putar. Perlu diingat, jangan menyetel AC hingga derajat suhu yang paling rendah atau mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh si kecil, karena justru akan memperburuk keadaannya.

Perbanyak Minum Air Putih

Mengatasi Anak Demam

pixabay.com

Dalam mengatasi anak demam, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memberikannya air minum. Air putih berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang sehingga anak terhindar dari dehidrasi. Pun membantu mengeluarkan panas dari dalam tubuhnya dengan lebih cepat.

Anak mungkin akan rewel dan menolak minum air dalam jumlah banyak. Untuk itu, Anda perlu kesabaran dan memberikan minum padanya secara perlahan.

Selalu Sedia Obat Penurun Demam Anak

Mengatasi Anak Demam

pixabay.com

Langkah lainnya adalah memberinya obat penurun demam. Sebaiknya, Anda selalu berjaga-jaga dengan menyimpan berbagai jenis obat yang pasti dibutuhkan dalam keadaan darurat. Untuk penurun demam anak, obat yang tepat adalah parasetamol atau ibuprofen.

Namun, untuk menggunakan obat ini, selalu perhatikan takaran dosisnya. Di setiap kemasan obat tercantum takaran dosis yang dianjurkan, ikut petunjuk tersebut.

Gunakan Bawang Merah

Mengatasi Anak Demam

pixabay.com

Penggunaan bawang merah untuk membantu mengatasi anak demam di malam hari sudah dilakukan sejak turun-temurun di Indonesia. Berdasarkan medis, penggunaan bawang merah memang dianjurkan karena mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai penurun demam anak.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan irisan bawang merah dengan minyak kelapa dan minyak kayu putih. Setelah itu, balurkan ke seluruh tubuh dan letakkan ampasnya di kening untuk mengompres demam. Namun berhati-hatilah dalam mempraktikkan hal ini, terutama pada anak yang memiliki kulit sensitif.

Kenakan Pakaian Tipis

Mengatasi Anak Demam

pixabay.com

Tips terakhir untuk mengatasi anak demam adalah dengan mengenakannya pakaian tipis. Hal ini akan membantu panas dalam tubuh lebih cepat keluar. Jangan memakaikannya pakaian tebal seperti selimut atau jaket, karena akan membuat panas  terperangkap dalam tubuh dan sulit keluar.

Tujuh hal tersebut adalah langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi anak demam di malam hari. Bila pada keesokan harinya demam tak kunjung turun, Anda harus langsung membawanya ke dokter atau layanan kesehatan terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Tips Jitu agar Anak Menyukai Olahraga Sejak DiniAnak Susah Tidur? Mari Kenali 6 Penyebabnya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!