Belum Tentu Baik, 5 Dampak Dongeng Berikut Bisa Menjadi Pertimbangan Bunda Sebelum Bercerita untuk Si Kecil

22 March 2018

Dongeng sudah menjadi bacaan wajib bagi anak-anak, terutama menjelang tidur. Bunda pasti akan selalu mengisahkan para tokoh dalam dunia dongeng, baik nusantara atau karangan Disney. Semula dengan tujuan agar si kecil bisa lekas tidur. Sebab, efek dari nada lembut dan tenang ketika bercerita, dapat membuat si kecil menguap dan mengantuk. Sayangnya, ada beberapa dampak dongeng yang tidak baik untuk si kecil. Lima di antaranya adalah:

Terbawa Mimpi Buruk

dampak dongeng

magazine-cdn.orami.co.id

Tidak semua dongeng itu baik. Bunda harus memahami karakter si kecil dulu sebelum mulai menceritakan kisah dari negeri khayalan tersebut. Pasalnya, ada beberapa cerita yang dapat membuat anak bermimpi buruk sepanjang malam. Terlebih, jika anak memiliki daya ingat yang kuat, ditambah sifat penakut dalam diri.

Hampir semua dongeng, memiliki tokoh monster mengerikan atau penyihir jahat. Ketika anak mendengarkan cerita yang dibacakan, dia akan melayangkan imajinasinya akan sosok monster dan penyihir jahat tersebut. Bayangan inilah yang nantinya dapat membuat mereka takut dan membawanya ke dalam mimpi. Efeknya, anak bisa terlalu menutup diri karena takut ada penyihir jahat yang datang untuk menculik atau meracuninya, selayaknya kisah dalam negeri dongeng.

Hidup dalam Imajinasi

dampak dongeng

infoanak.wordpress.com

Terlalu larut dalam cerita dongeng, membuat anak tidak lagi bisa membedakan antara realita dan imajinasi. Mereka akan menganggap diri seperti tokoh dalam cerita karangan tersebut. Selayaknya putri yang tengah menunggu pangeran datang menjemput.

Anak-anak pun dapat berpikir demikian. Beranggapan jika sekarang tengah bersembunyi di dalam rumah, untuk menunggu kedatangan pangeran charming berkuda putih yang akan menjemput. Efek ini bisa berlangsung hingga dewasa, sampai mereka dapat menerima kenyataan.

Diri yang Merasa Buruk

dampak dongeng

az616578.vo.msecnd.net

Hampir semua tokoh dalam dunia dongeng itu sempurna. Tidak ada satu pun yang cacat. Sekalipun cacat di awal, pasti akan berakhir indah di akhir. Terutama para putri yang akan selalu tampil cantik dan langsing.

Nah, inilah dampak dongeng yang paling menakutkan bagi anak-anak, terutama anak perempuan. Tokoh putri yang selalu tampil cantik, bisa membuat anak-anak merasa rendah diri. Mereka beranggapan tidak cantik dan tidak layak untuk tampil di muka umum. Akhirnya, anak jadi minder dan enggan bersosialisasi. Karena takut tidak akan ada yang mau berteman dengannya.

Takut Menghadapi Hidup yang Berbeda dengan Dunia Dongeng

dampak dongeng

hellosehat.com

Kecemasan dan ketakutan menghadapi hidup, menjadi dampak dongeng yang buruk selanjutnya. Anak-anak terbiasa dengan kisah para putri dan pangeran yang selalu happy ever after. Belum pernah ada kisah dalam negeri dongeng berakhir menyedihkan, seperti putri meninggal atau pangeran hilang tidak diketahui keberadaannya. Semua pasti berakhir bahagia.

Stereotip inilah yang terbawa dalam diri anak. Mereka akan beranggapan jika hidup itu harus sesuai dengan dongeng yang indah dan mulus. Ketika ada suatu masalah datang, mereka cemas dan takut menghadapinya karena tidak sesuai gambaran yang mereka inginkan.

Berpikir Buruk

dampak dongeng

cdn.idntimes.com

Dalam kisah dongeng apa pun, yang melibatkan putri dan ibu tiri, pasti sosok ibu tiri adalah orang yang jahat dan suka menindas. Seperti kisah Cinderella, Bawang Merah dan Bawang Putih, atau Putih Salju.

Sayangnya, konsep ibu tiri jahat sudah tertanam dalam pikiran anak. Jadi, ketika menemukannya dalam dunia nyata, mereka langsung berprasangka buruk dan takut. Sebab, gambaran penyiksaan yang dialami kisah dalam cerita karangan tersebut muncul dalam benak anak. Mereka membayangkan jika mereka akan mengalami hal yang serupa.

Dampak dongeng inilah yang merusak pikiran anak-anak secara perlahan-lahan dan paling susah untuk dihilangkan. Bunda harus bekerja keras untuk dapat menghilangkan pola pikir mengenai ibu tiri yang jahat ini. Bisa melalui contoh nyata kisah orang-orang di sekitar. Tunjukkan pada si kecil jika ibu tiri tidaklah sejahat gambaran mereka.

Uraian lima dampak dongeng tersebut bisa menjadi pertimbangan Bunda sebelum memberikan si kecil cerita khayalan sebelum tidur.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Jangan Dikekang, Ini Manfaat Anak Punya Waktu Bermain dengan TemannyaHati-Hati dalam Memberikan Pengasuhan Anak pada Babysitter, 5 Contoh Kisah Ini Bisa jadi Pertimbangan!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!