Anak Susah Makan? Coba 5 Tips Ampuh Meningkatkan Nafsu Makan si Kecil

14 September 2018

Apakah Anda kesulitan mengatasi anak susah makan? Hal ini sangat wajar, mengingat sebagian besar orang tua pernah mengalaminya. Memang, ada kalanya Anda akan dibuat pusing dengan sikap si kecil yang tiba-tiba malas makan padahal asupan makanan sangat penting bagi tumbuh kembangnya.

Anda tak perlu panik karena ada sejumlah cara mudah untuk mengatasi anak susah makan. Namun, yang paling penting adalah kesabaran dan ketekunan Anda untuk membuat si kecil tertarik dengan masakan yang dihidangkan.  Nah, bagi Anda yang tengah mengalami masalah ini, cobalah sejumlah tips di bawah ini! Dijamin nafsu makan anak akan kembali normal.

Buat Jadwal Makan

Tips Ampuh Meningkatkan Nafsu Makan si Kecil

Sumber : Hellosehat.com

 

Buatlah jadwal makan untuk si kecil agar nafsu makannya stabil dan tidak menurun. Misalnya, sarapan di pagi hari, satu jam sebelum beraktivitas, atau di siang hari setelah anak belajar.

Dengan adanya peraturan tersebut, anak akan memiliki pola makan yang teratur dan mudah menjaga nafsu makannya. Anak pun akan terbiasa untuk makan ketika waktunya tiba. Jika dibiasakan sedari kecil, kebiasaan ini akan bertahan hingga anak beranjak dewasa. Tak hanya itu saja, membiasakan anak makan di jam tertentu pun dapat melatih dan mengembangkan sikap disiplin.

Jangan Paksa Anak

Tips Ampuh Meningkatkan Nafsu Makan si Keci

Sumber : Zuriat.my

 

Ketika anak sedang tidak ingin makan atau belum lapar, sebaiknya biarkan mereka, tak perlu memaksa. Ingat, semakin dipaksa maka anak akan semakin malas untuk makan. Cukup, siapkan makanan di tempat yang mudah dijangkau si kecil, seperti meja makan atau konter dapur. Hal ini dilakukan agar saat anak merasa lapar mereka dapat dengan mudah menemukan makanan.

Jangan Biasakan Anak Minum Banyak Selama Makan

Tips Ampuh Meningkatkan Nafsu Makan si Kecil

Sumber : Hellosehat.com

 

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah membiasakan si kecil untuk tidak minum selama makan. Kebiasaan minum saat makan dapat memang memudahkan anak untuk menelan makanannya. Namun, anak pun akan mudah merasa kenyang karena perut terisi banyak cairan.

Anda bisa memberi penjelasan pada anak dengan kalimat yang mudah dimengerti. Cara terbaik adalah dengan memberikan contoh pada anak secara langsung. Selain membatasi asupan minuman, Anda pun wajib menghindari pemberian minuman manis bagi anak selama waktu makan berlangsung,

Berikan Camilan Sehat

Tips Ampuh Meningkatkan Nafsu Makan si Kecil

Sumber : Site.tupperware.co.id

 

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sangat menyukai camilan. Namun, pastikan untuk memberikan camilan sehat yang terbuat dari bahan alami penuh nutrisi dan gizi. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah, seperti jus buah, salad buah dan sayur, puding, dan aneka cake. Untuk menarik minat si kecil, buatlah camilan yang berbeda setiap harinya dengan bentuk unik dan bervariasi.

Ajak Anak untuk Ikut Menyiapkan Makanan

Tips Ampuh Meningkatkan Nafsu Makan si Kecil

Sumber : erabaru.net

Untuk menghindari anak dari berbagai bahan pangan berbahaya akan lebih baik untuk memasak makanan sendiri. Alih-alih membeli makanan yang sudah jadi baik di kafe maupun restoran, makanan yang Anda buat sendiri jauh lebih aman, bergizi, dan sehat.

Anda pun dapat mengajak si kecil turut serta untuk menyiapkan makanan. Keterlibatan anak bukan hanya menumbuhkan rasa penasaran pada berbagai bahan makanan yang tersedia di dapur, melainkan juga efektif untuk meningkatkan nafsu makan.

Anak pun akan lebih semangat menyantap hidangan yang Anda sajikan karena merasa dirinya pun ikut terlibat dalam proses pembuatan. Dengan begini tak ada lagi masalah anak susah makan.

Nah, itulah sejumlah tips ampuh yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi anak susah makan. Semoga bermanf

Leave a reply
Pahami Dulu Gaya Belajar Anak Sebelum Menuduhnya MalasBegini 5 Cara Tepat Mendidik Anak Hiperaktif

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!