Ajak Anak Lakukan Ini Di Hari Guru!

24 November 2023

 

 

Tahukah Anda kalau 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional? Sebagian besar sekolah di Indonesia selalu melakukan upacara bendera untuk memperingati perayaan ini. Hari Guru Nasional dicetuskan sebagai bentuk ucapan terima kasih dan menghargai jasa para guru di dunia pendidikan. Karena pada dasarnya, guru berperan penting untuk mencerdaskan bangsa Indonesia dari generasi termudanya.

Selain upacara bendera, sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak. Apa saja? Yuk, intip idenya berikut ini yang cocok dilakukan oleh anak usia pra-sekolah!

 

Mengucapkan terima kasih

 

Via Freepik

 

Mengucapkan terima kasih sebenarnya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Tapi biasanya ucapan terima kasih tersebut ditujukan untuk hal lain. Nah, pada kesempatan di Hari Guru Nasional nanti, ajaklah anak untuk berterima kasih kepada sang guru secara spesial.

Misalnya saja memberi ucapan terima kasih atas kesabarannya saat mengajar, terima kasih karena sudah berbagi ilmu, dan sebagainya. Mengucapkan terima kasih kepada guru ini dapat dilakukan secara lisan, maupun tertulis di atas secarik kertas. Meski sederhana, hal ini malah bisa membekas di hati guru, apalagi jika ucapan terima kasih tersebut ditujukan secara personal.

 

Menyiapkan kejutan

 

Sebuah kejutan dapat dilakukan dengan cara apapun dan di mana pun. Bisa dengan memberi kue, hadiah ataupun penampilan lainnya di hadapan para guru. Anda juga dapat bekerja sama dengan orangtua murid lainnya untuk ikut serta dalam kejutan tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan arahan terlebih dahulu pada si kecil agar rencana tersebut tidak bocor sebelum waktunya.

 

Membuat video

 

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan bersama si kecil untuk merayakan Hari Guru Nasional yaitu membuat video. Dalam video tersebut, Anda bisa membimbing si kecil untuk dapat menceritakan dengan bebas suka dan duka yang telah dilalui bersama dengan guru favoritnya. Tidak lupa juga untuk mendoakan harapan untuk sang guru ke depannya.

Video tersebut juga akan terlihat lebih ramai dan menyenangkan bila dilakukan bersama teman sekelas si kecil. Kekompakkan akan terasa dan bisa menjadi kenang-kenangan yang bisa diputar kembali di masa depan. Agar rencana ini sukses, Anda bisa melakukan koordinasi dengan orangtua murid lainnya.

 

Beri hadiah

 

Via Freepik

 

Pada Hari Guru Nasional ini, anak-anak juga bisa memberikan hadiah kepada guru. Namun, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya apakah pihak sekolah mengizinkan pemberian hadiah pada guru.

Jika diperkenankan, maka Anda dan anak bisa cari tahu barang apa yang sedang dibutuhkan oleh sang guru. Tidak perlu mahal, yang penting bermakna. Anda juga bisa ajak anak untuk berkreasi membuat hadiah DIY yang akan lebih berkesan. Mau yang lebih klasik? Beri buket bunga dengan ucapan tulus dari hati.

 

Membuat pertunjukan

 

Anda bisa membimbing si kecil untuk membuat sebuah pertunjukan kecil dengan para guru sebagai penontonnya. Sebuah pertunjukan yang menyenangkan dan menarik minat si kecil untuk mengekspresikan kebahagiaannya. Misalnya dengan menampilkan lagu ataupun tarian kesukaan mereka. Anda bersama para guru bisa menjadi penyemangat si kecil saat mereka sedang beraksi di atas panggung.

Nah itu dia beberapa kegiatan yang bisa Anda ajak si kecil untuk melakukannya bersama-sama, baik secara personal maupun dengan teman-teman sekelasnya untuk memperingati Hari Guru Nasional. Kegiatan tersebut akan terlihat sangat menyenangkan apabila dilakukan dengan gotong royong bersama dengan teman-teman si kecil. Selamat Hari Guru Nasional!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 847

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Bacakan Dongeng Ini untuk Si Kecil!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions
+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!