8 Asupan Makanan untuk Jaga Kesehatan Anak di Musim Hujan

3 January 2018

Memasuki musim hujan, biasanya anak mudah terserang penyakit. Demam, pusing, pilek, dan batuk adalah penyakit yang akan sering anak hadapi jika tidak mampu menjaga kesehatan diri. Sebagai orang tua, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah memberikan makanan untuk jaga kesehatan anak.

Di bawah ini adalah beberapa contoh asupan makanan yang baik dikonsumsi oleh anak agar tidak mudah sakit. Mari kita simak bersama!

Ikan

makanan untuk jaga kesehatan anak

img.taste.com.au

Ikan adalah sumber protein yang sangat baik, khususnya memasuki musim hujan. Makanan untuk jaga kesehatan anak ini memiliki kandungan selenium dan omega 3 yang sangat penting untuk menghadapi cuaca dan suhu di musim ini. Selenium berfungsi membantu produksi sitokin oleh sel darah putih. Sitokin inilah yang membantu melindungi tubuh dari serangan virus flu yang sering mengancam pada musim hujan. Di samping itu, omega 3 membantu melindungi paru-paru dari ancaman flu dan infeksi pernapasan.

Ayam

makanan untuk jaga kesehatan anak

highermentality.com

Ayam, khususnya yang disajikan dalam bentuk sup, juga menjadi makanan untuk jaga kesehatan anak yang bisa diandalkan. Makanan ini mengandung zat anti-inflamasi yang membantu mengatasi rasa nyeri pada tubuh. Selain itu, makanan ini juga sangat bermanfaat untuk menghalau hidung yang tersumbat dan mengurangi lendir dalam sistem pernapasan.

Ubi jalar

makanan untuk jaga kesehatan anak

d3cizcpymoenau.cloudfront.net

Ubi jalar mengandung vitamin A. Selain baik untuk mata, ternyata kandungan ini memiliki efek baik terhadap jaringan kulit. Konsumsi ubi jalar pada musim hujan menjaga tubuh anak untuk lebih kebal terhadap infeksi bakteri sehingga tidak mudah sakit.

Wortel

makanan untuk jaga kesehatan anak

cdn2.tstatic.net

Wortel adalah jenis sayuran yang banyak dikenal karena manfaatnya. Pada musim hujan ini, mengonsumsi wortel sangat dianjurkan karena memiliki kandungan anti-inflamasi dan flavanoid yang melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Makanan untuk jaga kesehatan anak ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan dan juga jus.

Jamur

makanan untuk jaga kesehatan anak

i0.wp.com

Ternyata jamur juga termasuk makanan sehat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan ini memiliki kandungan zink yang membantu sel darah putih menangkal bakteri dan racun yang menyerang. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan vitamin B2 yang baik untuk metabolisme tubuh.

Jeruk

makanan untuk jaga kesehatan anak

oasis-botanical.ca

Jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung banyak vitamin C. Kandungan ini dikenal sebagai zat yang diperlukan untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. Makanan untuk jaga kesehatan anak ini mampu membantu produksi sel darah putih yang melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat menjaga kelembaban kulit.

Yoghurt

makanan untuk jaga kesehatan anak

cdn-img.health.com

Yoghurt adalah olahan susu yang difermentasi dan menyehatkan tubuh. Ada banyak cara menikmati yoghurt, seperti diminum langsung, dicampur dengan jus, atau untuk menjadi penambah rasa pada smoothie. Selain melancarkan pencernaan, kandungan antioksidan pada makanan ini baik untuk menjaga kesehatan seluruh organ tubuh.

Bawang putih

makanan untuk jaga kesehatan anak

cdn1.medicalnewstoday.com

Bawang putih adalah bahan yang banyak dipakai untuk menyedapkan masakan rumah sehari-hari. Ternyata bumbu dapur ini memiliki zat yang sangat diperlukan tubuh selama musim hujan. Bawang putih memiliki zat allicin dan antivirus yang bermanfaat menanggulangi infeksi pada tubuh.

Delapan asupan makanan di atas sangat baik untuk menjaga kesehatan anak selama menghadapi musim hujan. Anda bisa memadukannya dengan bahan makanan lain sesuai selera, selama tidak menghilangkan khasiatnya. Jika disertai dengan olahraga, anak akan memiliki kondisi tubuh yang lebih fit dan tahan terhadap penyakit.

Leave a reply
Dampak Kurang Tidur yang Sering Terjadi pada AnakAjak Anak Menjaga Kesehatan Gigi dengan Melakukan Kebiasaan Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!